dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

APA ITU HIPERKOLESTEROL PENYEBAB DAN PENGOBATAN HIPERKOLESTEROL

APA ITU HIPERKOLESTEROL

Hiperkolesterol adalah suatu kondisi dimana kadar kolesterol di dalam darah melebihi batas normal. Kenaikan kadar kolesterol biasanya disertai dengan kenaikan trigliseride, kenaikan LDL (lipoprotein densitas rendah) dan penurunan HDL (lipoprotein dengan densitas tinggi).
Kadar kolesterol kurang dari 200 mg/dL dianggap sehat. Jika kadar kolesterol melebihi angka 200 mg/dl, maka ada baiknya berhati-hati menderita penyakit hiperkolesterol.

FAKTOR RISIKO DAN PENYEBAB HIPERKOLESTEROL

  • Makan, kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak yang tinggi (daging sapi, daging ayam, daging babi, susu, es krim , mentega, coklat, goreng-gorengan, kentang goreng, minuman bersoda)
  • Berat badan yang di atas berat badan yang direkomendasikan
  • minum minuman yang mengandung alkohol secara berlebihan
  • kurang olahraga
  • Penyakit-penyakit sebelumnya: penyakit kencing manis, hipertensi, kelainan kelenjar tiroid dan obesitas.

GEJALA HIPERKOLESTEROL

Gejala hiperkolesterol sangat ringannya sampai-sampai orang tidak menyadari bahwa ia menderita hiperkolesterol.
Perlu hati-hati jika perut sudah terlalu maju atau membuncit, karena hal ini adalah faktor resiko hiperkolesterol. Kondisi lingkar perut yang berada di atas normal patut dicurigai sebagai pertanda gangguan kolesterol

Namun jangan salah! Badan yang kurus belum tentu bebas hiperkolesterol, karena kadar kolesterol bukan diukur dari berat badannya namun diukur dari kadar kolesterol dalam darah, sekali lagi bukan di bawah lapisan kulit.

Timbul benjolan di Kelopak mata. Benjolan di kelopak mata ini sebenarnya adalah timbunan lemak berwarna kekuningan atau putih pada kelopak mata. Kondisi ini disebut xanthelasma. Sekitar 50 persen orang yang memiliki xanthelasma biasanya bermasalah dengan kadar kolesterolnya. Kalau tidak memiliki riwayat keluarga yang memiliki xanthelasma, kita harus mencurigai kemungkinan kolesterol tinggi bila memiliki benjolan tersebut. beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki xanthelasma lebih berisiko terkena penyakit jantung.

PENGOBATAN HIPERKOLESTEROL

Inti utama adalah mengontrol kadar lemak dalam tubuh, dengan cara:

  • Diet. Diet yang mengandung kadar lemak rendah, protein (contoh: kedelai dan ikan), buah-buahan dan sayur-sayuran (batasi makan yang digoreng maupun dipanggang)
  • Olah raga. Olah raga secara teratur: misalnya dengan berjalan cepat setiap hari selama 30 menit. Jika tidak melakukan jalan cepat, melakukan aktivitas fisik lain juga bisa menurunkan kadar lemak secara signifikan.
  • Berhenti merokok. Pada perokok, berhenti merokok bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan HDL (Lipoprotein densitas tinggi) di dalam darah dan pada akhirnya dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung. Berdasarkan penelitian, pada perokok yang sudah berhenti merokok selama 1 tahun, fakto resiko penyakit jantung turun setengahnya dibandingkan dengan perokok.
  • Obat-obatan. Obat golongan statin seperti simvastatin, atorvastatin biasa diberikan oleh dokter untuk menghambat enzim hati yang selalu memproduksi kolesterol. Niacin didalam vitamin B yang diberikan dosis tinggi dapat menurunkan trigliserida dan menaikkan HDL.

KOMPLIKASI

Peningkatan kadar kolesterol berakibat pada risiko besar mengalami serangan jantung. Jika hal ini terjadi, terdapat gejala yang patut diwaspadai, mengapa:
Jika aliran darah ke salah satu bagian otot jantung terhalang sepenuhnya, hasilnya adalah serangan jantung. Hal tersebut mengakibatkan kematian dari otot jantung sehingga berujung berkurangnya asupan oksigen. Jika hal tersebut terjadi, maka aliran darah harus dipulihkan dengan cepat, karena jika tidak segera ditindak, akan muncul risiko kerusakan jantung permanen atau kematian.
Gejala berkurangnya pasokan darah ke jantung termasuk ketidaknyamanan dada, seperti ditekan dan nyeri (angina).Gejala lain ialah rasa sakit di rahang, leher, bahu, lengan, atau punggung.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016