dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

APA ITU PENYAKIT SARKOMA EWING

1. PENYAKIT SARKOMA EWING ADALAH:

Apa itu penyakit Sarkoma Ewing? Penyakit Sarkoma Ewing adalah suatu penyakit tumor ganas yang menyerang tulang dimana sel keganasan (kanker) tersebut menyerang tulang maupun jaringan lunak. Penyakit ini biasanya menyerang tulang panjang seperti tulang paha (femur), panggul (pelvis) dan lengan atas (humerus). Sama seperti tumor ganas lainnya, Sarkoma Ewing ini juga akan dengan cepat bermetastase ke organ lain manusia seperti sumsum tulang, paru-paru, ginjal dan hati.

 

2. PENDERITA SARKOMA EWING

Di antara penyakit tumor ganas tulang lainnya, Sarkoma Ewing termasuk yang paling ganas setelah osteosarkoma karena memiliki tingkat kesembuhan yang sangat rendah. Sarkoma Ewing ini sendiri sebenarnya termasuk penyakit yang jarang ditemui dan paling banyak diderita oleh anak-anak yang berusia belasan tahun sampai umur 20 tahun. Mengapa? Karena sarkoma ini banyak tumbuh bersama korpus tulang-tulang panjang pada masa pertumbuhan.

 

3. PENYEBAB SARKOMA EWING

Lalu apa penyebabnya? Dapatkah kita mencegah agar kita tidak menderita penyakit ini? Jika anda sudah berusia > 30 tahun saat membaca artikel ini, maka saya dapat mengatakan bahwa anda telah selamat dari penyakit ini, karena seperti yang saya tuliskan di paragraf sebelumnya, kanker ini ditemukan pada anak yang sedang dalam usia pertumbuhan. Penyebab utama dari kanker ini masih belum ditemukan, namun beberapa peneliti mengatakan bahwa kelainan ini memang bawaan  sejak lahir terutama jika ketika lahirnya sudah ditemukan kelainan-kelainan seperti hernia umbilikus atau retinoblastoma.

 

4. GEJALA YANG DIRASAKAN

Bagaimana caranya agar bisa tahu apakah seseorang atau anak menderita penyakit ini? Gejala yang paling dirasa yaitu adanya rasa nyeri yang sangat parah terutama di malam hari pada satu bagian tulang. Selain itu ditemukan adanya pembengkakan atau benjolan ditempat nyeri tersebut dan teraba keras. Bahkan jika bengkaknya di daerah persendian maka pergerakan akan terbatas dan terasa nyeri.

http://www.bestonlinemd.com/ewings-sarcoma-signs-symptoms-diagnosis-treatments/

 

4. PENGOBATAN

Lalu bagaimana dengan pengobatannya? Apa jenis terapi yang diberikan untuk pasien ini dalam ilmu kedokteran?

Terapi yang diberikan biasanya diawali dengan kemoterapi yang bertujuan untuk memperkecil ukuran tumor sebelum tumor tersebut diradiasi atau diangkat dengan cara operasi. Tujuan memberikan kemoterapi dapat dikatakan sebagai terapi awal sekaligus terapi pencegahan untuk membunuh sel kanker yang sudah mengalir dan menyebar ke organ tubuh lainnya. Jika kemoterapi telah dilaksanakan, tahap selanjutnya adalah membuang sel tumor tersebut baik dengan cara operasi, radiasi ataupun kombinasi keduanya, terkadang dapat juga dilakukan amputasi jika kanker tersebut berada di tulang-tulang ekstremitas seperti kaki dan tangan.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016