BEKAS LUKA PADA PUNGGUNG KAKI MASIH TERASA NYERI

Dok, mau tanya… saya habis kecelakaan 2 bulan yg lalu dan dijahit dibagian punggung kaki. Bentuk lukanya seperti huruf v lebar. Tapi sampai sekarang bagian yang dijahit suka sakit meskipun sudah lama lepas jahitan. Lalu jari manis kaki saya mati rasa dari luka itu. Juga kulit daging bagian yg luka jadi bengkak sampai sekarang. Apa itu normal ya? Trims

 

Sebenarnya untuk melihat luka sudah sembuh atau belum dapat langsung kita lihat dengan mata kita sendiri, jika jaringan kulit yang terpotong/ terbelah telah menyatu dan merapat kembali itu berarti integritas jaringan sudah kembali menyatu.

Lalu mengapa masih terasa nyeri/ sakit walau sudah angkat jahitan? Hal ini wajar  terjadi karena jaringan yang terbentuk yaitu jaringan ikat, jaringan ini adalah yang menyatukan kembali jaringan yang robek dari sisi satu ke sisi satunya. Nah, jaringan ini akan menjadi jaringan parut yang cukup kuat untuk menyatukan jaringan yang robek namun tidak terlalu elastis sehingga jika dibawa berjalan atau aktifitas masih ada rasa nyeri, namun hal ini nanti akan hilang sendiri seiring dengan penguatan ikatan pada jaringan bekas luka tersebut, sama dengan rasa mati rasa yang dialami.

Bengkak itu normal saja terjadi dan biasa disebut dengan jaringan keloid.

jaringan ikat

 

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*