dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

KENCING MANIS PENYEBAB GAGAL GINJAL

Gagal Ginjal adalah salah satu penyakit yang ditakuti oleh banyak orang. Mengapa demikian? Karena jika seseorang sudah divonis menderita penyakit gagal ginjal maka itu artinya ia harus siap menerima kemungkinan bahwa dirinya harus cuci darah di sisa kehidupannya.

Salah satu penyebab gagal ginjal yang paling banyak terjadi adalah penyakit kencing manis atau yang disebut juga dengan diabetes. Penyakit kencing manis yang tidak terkontrol dan berlangsung lama dapat menyebabkan gagal ginjal karena terjadinya mikroangiopati alias kerusakan pembuluh darah kecil pada ginjal, sedangkan fungsi ginjal sangat vital untuk menyaring zat zat racun di dalam darah.

Adanya proses mikroangiopati ditambah lagi dengan banyaknya konsumsi obat-obatan (biasanya kencing manis tidak berdiri sendiri, ada penyakit penyerta lain misalnya hipertensi dan kolesterol tinggi) menambah berat kerja ginjal. Ginjal yang terus terusan bekerja maksimal akhirnya mengalami kelelahan dan kerusakan masif yang pada akhirnya sering disebut dengan Gagal Ginjal Kronis.

Nah, jika sudah divonis Gagal Ginjal Kronis, terapinya hanya ada dua:

  1. Cuci darah/ hemodialisa
  2. Cangkok ginjal

Nah… untuk mencegah terjadinya gagal ginjal ini, marilah kita menjaga kesehatan, menjaga konsumsi makanan yang berkadar gula tinggi dan sesekali periksakan kadar gula darah kita sebelum terlambat, bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati??

salam sehat ^^

kencing manis

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016