dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

TELINGA BERDARAH, TANDA GENDANG TELINGA ROBEK?

Dok hr mggu pagi saya mw bersihin telinga anak saya. Pas br d masukin alat bwt bersihin nya dy lngsg nangis kya yg kesakitan gt.. Trus pas bangun pagi besok nya d telinga nya ada darah kering. Trus pas siang saya cej lg tidak ada. Pas sore sya cek lagi ada darah yg kluar lg. Itu knp ya dok.. Sya tkt gendang telinga anak saya kena alat pmbersih telinga (Ibu Manggar)

Asalamualikum dok 2hari lalu ketika saya mau tidur saya mengorek kuping memakai telunjuk jari saya karna terasa gatal lalu gendang telinga seperti tertarik dan terasa sakit keesokan pagi saya bangun telinga saya berdarah pak.saya mau tanya apakah bisa berdampak buruk pada pendengaran saya nanti pak soalnya masih terasa sakit dan masih mengeluarkan darah walau sedikit pak mohon jawabanya terimakasih (sdr Demas)

 

Waalaikumsalam, terima kasih untuk pertanyaannya.

Harus diketahui bahwa gendang telinga tidak mempunyai pembuluh darah, sehingga jika telinga berdarah itu bukan tanda bahwa terjadi robekan pada gendang telinga. Selain itu, jika gendang telinga itu mengalami robek atau pecah, tidak akan terasa nyeri sedikitpun.

Sebaliknya, darah yang keluar dan rasa nyeri yang ditimbulkan justru datang jika trauma atau gangguan tersebut terjadi di daerah kulit di sepanjang liang telinga. Robekan di liang telinga akan menimbulkan rasa nyeri yang amat sangat karena di sekitar liang telinga terdapat saraf-saraf yang sangat sensitif.

Lalu bagaimana dampaknya? Dampak akan berbeda-beda tergantung besar kecil, luas dan dalamnya robekan yang terjadi di liang telinga tersebut. Jika tidak diobati, lokasi luka akan bisa menjadi tempat pertumbuhan kuman dan bisa menimbulkan infeksi yang bisa menganggu pendengaran.

 

Salam sehat

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016