SERING MIMISAN SEJAK KECIL, APAKAH BERBAHAYA?

Pagi dok..saya mau tanya. Ada benjolan kecil di deket daun telinga di bawah tulang pelipis saya dan kalau disentuh sakit. Itu kenapa ya dok?

Sama satu lagi dok…saya dari kecil sudah sering mimisan. Awalnya waktu periksa ke tht iti gak masalah di usia anak anak dan nanti akan berhenti sendiri ketika mulai remaja. Nah, dokter..sekarang saya sudah kuliah semester satu tapi masih sering mimisan. Itu kirakira kenapa ya dok? Makasih banyak dok…

Benjolan di belakang telinga mempunyai banyak kemungkinan, sayangnya mbak  tidak menyebutkan sejak berapa lama dan sebesar apa ukurannya.. Jika benjolan itu sudah ada sejak lama dengan ukuran yang sama, maka tidak perlu dicemaskan karena bisa jadi itu hanya tumor jinak saja, nyeri bisa timbul jika benjolan ini terlalu sering dimanipulasi atau dipegang-pegang.

Mimisan mempunyai banyak penyebab, jika memang sejak kecil sering mimisan, hal itu justru mempertegas jika mimisan yang terjadi tersebut kurang berbahaya, saya tidak menyebutnya tidak berbahaya, dan hal ini lebih disebabkan karena kelainan anatomi bawaan dari pembuluh darah hidung (tipis atau rapuh).  Mimisan yang lebih kita takutkan adalah mimisan yang timbul mendadak dimana darah lebih banyak mengalir dari mulut dibandingkan hidung itu sendiri atau mimisan yang timbul setelah kecelakaan/ trauma kepala.

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*