dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

TELINGA MENGALAMI PENURUNAN PENDENGARAN

Saya mau nanya dok, telinga saya sdh 2 hari ini seperti tertutup yg berakibat penurunan pendengaran. Semua berawal saat sy membersihkan telinga menggunakan semacam sisip rambut dan dibagian telinga kiri saya terdapat benjolan seperti jerawat dan yg terjadi benjolan tersebut akhirnya luka dan bernanah.

Esoknya telinga tertutup dan agak sedikit nyeri serta berdenging serta terasa gatal seperti ada sesuatu yang bergerak.

Apa yg terjadi dengan telinga saya dok, apakah infeksi ato gendang telinga bermasalah.?
Dulu sy jg pernah ke dokter sebelumnya dan dilakukan tindakan penyedotan kotoran trus diberikan obat antibiotik serta obat tetes..
Nah obat tetesnya ini sy pakai tapi blm ada perubahan bahkan penurunan pendengarannya lbh dr sebelumnya serta serasa berada didalam tekanan layaknya ddalam pesawat gt dok..

Mohon solusinya..
Terima kasih

telinga terasa penurunan pendengaranSelamat siang pak Novan. Dugaan bapak benar, kemungkinan besar telinga bapak mengalami infeksi akibat dimasukkan alat pembersih telinga yang tidak steril, nyeri dan telinga yang tertutup disertai rasa nyeri adalah tanda jika ada infeksi di dalam liang telinga.

Apakah gendang telinga atau liang telinga yang bermasalah? Jika membaca dari keluhan bapak dan riwayat perjalanan penyakit, maka kemungkina besar yang terkena hanyalah liang telinga, namun tidak menutup kemungkinan gendang telinga juga turut terinfeksi.

Ya, cara yang paling baik dalam membersihkan telinga adalah dengan pergi ke dokter. Dokter mempunyai alat yang bersih dan steril untuk mengambil dan menyedot kotoran telinga. Penggunaan alat pembersih telinga yang tidak steril tidak dianjurkan.

Jika obat tetes yang dipakai bukan antibiotik kemungkinan tidak akan ada pengaruhnya sama sekali, atau bisa jadi obat tetes tersebut adalah antibiotik namun sudah mengalami penurunan efektifitas karena sudah terlalu lama terbuka.

Solusinya adalah berobat ke dokter THT, untuk dilihat kondisi liang telinga, jika dibutuhkan akan dilakukan pembersihan pada liang telinga, karena jika telinga tersumbat oleh cairan nanah dari telinga atau kotoran telinga, maka pemberian antibiotik tetes akan sia-sia.

Salam sehat

Loading...

4 Comments

Add a Comment
  1. Makasih dok informasinya..

  2. Dok, saya sudah priksa ke dr, tht mpe 2x, telinga saya congekan, dtambh gendang telinga saya bolong, saya sdah dksih obat tarivit tt, lameson4, merislon6, tp kok msih kluar cairan dtmbh pendegaranku berkurang, klo ngomong pelan gk dgar dok, saya harus gmna?

    1. wah…gangguan yang dialami oleh ibu tanti ini disebut dengan Otitis Media Supuratif Kronis (OMSK), memang sangat susah mengobatinya dan terkadang dapat kambuh dalam jangka waktu yang sangat singkat, kemungkinan besar bukan hanya gendang telinga saja yg bolong,mungkin sudah sampai tulang-tulang pendengaran. Biasanya dokter spesialis THT akan mencoba memberikan terapi tetes telinga antibiotik sperti tarivit diatas, namun jika tidak berespon thd obat tetes ibu bisa saja dirawat inap atau bahkan di operasi jika OMSKnya bertambah parah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016