Mengapa wanita malu menceritakan masalah kewanitaannya

Mengapa wanita malu menceritakan masalah kewanitaannya
Masalah pada organ kewanitaan adalah hal yang lazim yang dirasakan hampir oleh seluruh wanita, namun tidak semua dari mereka yang mau menceritakannya dengan lugas maupun lepas. Kebanyakan justru menyimpannya sendiri karena malu, padahal jika penyakit ini tidak diobati dengan serius dapat berisiko terjadinya penyakit yang lebih parah lagi.

Penyakit yang paling sering menyerang wanita salah satunya adalah keputihan. Penyakit keputihan apabila dibiarkan akan mengakibatkan kemandulan karena infeksi ini bisa menjalar sampai ke rahim atau kandungan wanita.
Tapi mengapa wanita masih saja menahan diri untuk tidak menceritakan hal tersebut dari temannya bahkan suaminya sendiri?
Psikolog Dr Becky Spelman menjelaskan empat alasan mengapa wanita itu malu membicarakan masalah kesehatannya seperti dikutip Female First:

wanita malu masalah kewanitaan

1. Wanita terpengaruh pada anggapan masyarakat bahwa bagian kewanitaan mereka adalah hal yang memalukan atau kotor. Pada adat ketimuran, menyebut hal tersebut adalah hal yang tabu.

2. Organ wanita tidak pernah ditampilkan atau digambarkan secara utuh dan benar, bahkan ketika membicarakan masalah kesehatan.

3. Saat wanita memiliki masalah kesehatan yang berhubungan dengan organ wanita seperti infeksi jamur, mereka merasa khawatir akan dinilai buruk dan dianggap tidak menjaga diri dengan baik. Sementara pria tidak mendapat penilaian yang sama.

4. Anggapan tabu membicarakan bagian intim membuat wanita jadi enggan untuk memeriksakan diri pada ahli kesehatan. Apalagi ketika mereka diminta untuk menjalani pemeriksaan bagian intimnya tersebut.

sakit perut wanita

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*