dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

HINDARI DUDUK LAMA SAAT BEKERJA

HINDARI DUDUK LAMA SAAT BEKERJA
Dr. Harry Wahyudhy Utama
Dokter keluarga BPJS Karang Raja Kota Prabumulih

Bagi mereka yang bekerja di kantor, duduk adalah suatu hal yang pasti dilakukan, bahkan duduk di meja kantor ini bisa lebih dari tiga jam setiap harinya. Pada dasarnya,
duduk yang terlalu lama dapat mengakibatkan timbulnya beberapa efek buruk bagi kesehatan kita. Apa saja gangguan yang bisa ditimbulkan bisa terlalu lama duduk saat bekerja?

1. Nyeri punggung. Sakit punggung jenis ini bisa timbul jika kita duduk pada kursi yang keras dan tidak menggunakan sandaran, akibatnya tulang punggung menjadi penumpu utama dari berat tubuh. Kondisi seperti ini yang berlangsung terus menerus akan berakibat timbulnya kekakuan otot bahkan pengapuran tulang.

2. Nyeri leher. Nyeri di daerah leher paling banyak menimpa mereka yang duduk dan menghadap komputer. Pada saat seseorang berkonsentrasi di depan layar monitor, saat itu posisi otot leher berada dalam satu titik dalam jangka waktu yang lama. Jika seseorang terus menerus melakukan aktifitas ini, maka orang tersebut akan bisa mengalami sakit kaku leher.

hindari duduk lama saat bekerja

3. Obesitas hingga kencing manis dan hipertensi. Berlama-lama duduk, tidak banyak bergerak, santai dan tidak terlalu banyak bergerak akan menjadi penyebab utama menurunnya pembakaran energi didalam tubuh yang berasal dari makanan yang dimakan setiap harinya. Energi yang tidak terpakai akan diubah menjadi lemak dan akan tertimbun dibawah kulit, sehingga orang-orang yang bekerja di kantoran beresiko lebih besar mengalami kegemukan atau kita sebut obesitas. Seseorang yang mengalami obesitas mempunyai resiko yang jauh lebih besar untuk terkena diabetes mellitus dan hipertensi dibandingkan mereka yang tidak obesitas.

Tips terhindar dari penyakit akibat terlalu lama duduk

  • Duduklah dengan porsi yang cukup, berdiri sebentar setiap 30 menit atau bergeraklah.
  • Lakukan aktifitas ringan untuk merilekskan tubuh kita dari kekakuan.
  • Jangan gunakan lift, pilihlah tangga dalam aktifitas keseharian di kantor anda sebagai bagian untuk merefresh tubuh kita dengan ‘olahraga ringan’. Selain itu, aktifitas seperti ini dapat membuat tubuh kita lebih bugar.
  • Gunakan meja yang fleksibel, jika memungkinkan, gunakan meja yang bisa diatur ketinggiannya, sehingga dapat diubah posisinya untuk digunakan saat duduk ataupun berdiri.
  • Hampiri rekan kerja, ajak berbicara dan bercanda sebentar untuk mereleksasi otot wajah dan leher.
  • Jika tidak ada teman kerja, lakukan peregangan leher dengan memutar kepala ke kiri dan ke kanan, atas bawah setiap 30 menit sekali

nyeri saat duduk

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016