PENYEBAB TUBERKULOSIS

Definisi dan penyebab Tuberkulosis

Tuberkulosis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis, mycobacteria lain juga menyebabkan TUBERKULOSIS.

Bakteri ini biasanya menyerang paru dan disebut TUBERKULOSIS paru, tetapi juga dapat mengenai hampir semua sistem organ lainnya termasuk saraf pusat, limfatik, sirkulasi, genitourinari dan gastrointestinal, tulang, sendi dan kulit.

Perjalanan alamiah TUBERKULOSIS

Sebagian besar infeksi pada manusia menyebabkan infeksi laten yang asimptomatik, tetapi 1 dari 10 infeksi laten akhirnya akan berkembang menjadi penyakit TUBERKULOSIS.

pengobatan tuberkulosis di indonesia (2)

Tanpa pengobatan setelah lima tahun, 50% dari penderita TUBERKULOSIS akan meninggal, 25% akan sembuh sendiri dengan daya tahan tubuh tinggi dan 25% sebagai kasus kronis yang tetap menular (WHO, 1996)

Epidemiologi TUBERKULOSIS

Saat ini, spertiga populasi dunia terinfeksi oleh basil TUBERKULOSIS. Berdasarkan data tahun 2009, di perkirakan 9,4 juta orang menderita TUBERKULOSIS setiap tahunnya. TUBERKULOSIS membunuh sekitar 1,8 juta orang setiap tahunnya, rata-rata satu orang setiap 15 detik. Terdapat 22 negara yang dikategorikan sebagai negara yang mempunyai beban TUBERKULOSIS terbesar di dunia. TUBERKULOSIS memiliki dampak yang signifikan terhadap pembangunan ekonomi: lebih dari 75% penyakit TUBERKULOSIS dan kematian akibat TUBERKULOSIS terjadi pada kelompok umur 15-54 tahun, kelompok masyarakat paling aktif secara ekonomi.

Perkembangan penyakit TUBERKULOSIS

Beberapa faktor dibawah ini turut berkontribusi meningkatkan kasus TUBERKULOSIS:

  • Munculnya epidemi HIV
  • Peningkatan migrasi penduduk
  • Munculnya kasus TUBERKULOSIS-MDR (kebal OAT)
  • Infrastruktur kesehatan dan terbatasnya alokasi sumber daya
  • Masalah ekonomi sosial terutama terkait kemiskinan
Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*