dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

BENGKAK PERIH PADA BIBIR KEMALUAN WANITA

Bengkak perih pada bibir kemaluan.

Selamat pagi dok, saya wulan umur saya 17thn, saya mempunya keluhan dibagian kewanitaan saya dok, sudah 1bulan ini saya terasa sakit dan nyeri dan ada bnjolan di samping Miss V saya dok, penyebab nya apa yah dok tolong solusi nya yah dok ?

Jawab: Ada banyak penyebab bengkak pada bagian tersebut. Namun penyebab terbanyak adalah karena sumbatan pada saluran kelenjar kewanitaan yang disebabkan oleh infeksi kuman, penyakitnya disebut Bartolinitis. Pengobatannya cukup dengan memakan obat antibiotik dan anti nyeri. Namun ada baiknya Wulan berobat ke dokter untuk memastikan penyakitnya. Jika malu, Wulan cari dokter perempuan saja.

APA ITU BARTOLINITIS

benjolan pada bibir

Bengkak pada bibir kemaluan kebanyakan disebabkan karena adanya infeksi pada kelenjar bartolini yang ada pada bibir kemaluan wanita yang biasa disebut Bartolinitis. Biasanya, pembengkakan disertai dengan rasa nyeri, kadang samapai disertai demam, seiring pembengkakan pada kelamin yang memerah.

Jika dibiaarkan, pembengkakan ini akan menjalar ke kelamin luar wanita. Infeksi ijni bisa disebabkan karena kurangnya kebersihan pada zona kewanitaan, misalnya: tidak memakai celana dalam, pemasangan alat pembalut yang asal-asalan dan bisa juga dari air saat membersihkan sisa berkemih yang mengakibatkan sumbatan pada mulut kelenjar tempat diproduksinya cairan pelumas kewanitaan.

Jenis kuman yang biasa menempel di sini adalah bakteri amobiasis, chlamydia trikomoniasis, dan neiseria gonore. Bisa juga dari golongan jamur.

Penanganannya adalah dengan memakan antibiotik dan antinyeri. Namun jika penyebabnya adalah jamur, maka obat yang perlu dimakan adalah golongan anti jamur.

Kode ICD: N75.1 Abses di Glandula Bartolini

Loading...

35 Comments

Add a Comment
  1. sore dok,
    saya ida usia saya 21thn, blm mnikah, saya terlambat haid hampir 4,5 bln, padawaktu itu saya minum jeruk nipis sama madu,. terus keluar haidnya, tapi keluarnya berwarna coklat kehitaman, itu knp ya dok,.terus baru 2 hari haidnya berhentii. knp dok mohon infonya,. mohon infonya terimaksih.,

  2. prknalkan aku fatma didaerh slawesi tngah kcamtan palu brat dok aku mngeluh dok skitnya kemluan sya dok smpe”aku gk bsa du2k dan brjlan dok skitx luar biasa smpe2 Lndir sya kluar dant sdh 2 hri skitx tdk ad smbuh dok ap pnybabx dok aku tkut smpe trjdhy knpa”

    1. Kepada Yth Fatma di Sulteng
      Keluhan yang dialami fatma itu disebabkan karena faktor infeksi. Ada baiknya fatma segera berobat ke dokter terdekat karena biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik untuk membunuh kuman penyebab infeksi tersebut

  3. Salam kenal dok..
    Saya mau tanya, saya ibu 1orang anak. setelah melahirkan siklus haid saya normal dok. Karena setelah melahirkan saya 5 bulan tidak melakukan KB. Seelah 5 bulan., suami saya menuyarankan untuk KB supaya aman saat berhubungan suami istri. Akhirnya pada bulan oktober kemarin saya KB suntik 3bulanan. namun setelah KB., haidh saya tidak normal. Selama 1bulan saya tidak haid. Kemudian bulan berikutnya saya haid dan tidak normal lagi. Siklusnya lama dan bulan ketiga saya tidak lagi haid. Kemudian saya memutuskan untuk stop KB. Dan sejak saya stop KB., kenapa sampai sekarang haid saya belun normal juga Dok? Siklis haid saya jadi lama., bahkan sempat sampai 1 bulan saya kluar darah terus., cuma warnanya berbeda Dok. Kadang coklat., kadang merah terang., dan kadang seperti darah haid normal. 3 hari lali saya bersih., tapi hari ini keluar darah lagi berwarna cerah. Bagaimana ya Dok.? Haid saya ini apa ada hubungannya dengan KB yg saya pilih dulu.? Tapi kenapa efeknya lama sekali. Saya berhenti KB sejak bulan Januari tahun ini.
    Saya mohon jawaban dan solusinya dok. Terinakasih banyak.

    1. ibu mengalami gangguan siklus menstruasi. Gangguan siklus menstruasi ini disebabkan karena adanya gangguan atau defisiensi hormon menstruasi dikarenakan penggunaan Kb hormonal (suntik atau pil). Jika kondisi haid ibu masih belum teratur juga setelah tiga bulan menghentikan pemakaian KB hormonal, ada baiknya ibu berkonsultasi dengan dokter ahli kandungan untuk mendapatkan obat yang bertujuan untuk menormalkan kembali siklus menstruasi ibu. terima kasih

  4. Sore dok sya sinta umur sya 26 thn, sya mau tnya dok, knapa ya stiap sedang melakkan hubungan dengan swmi sya, baru sebentar bi2r kemaluan sya sudah terasanya sakit sekali.?trus sya jg sering mengalami keputihan yang sngat gatal dan agak berbau dok?

  5. slamat siang dok,,sya widia dari serang banten ,umur saya 19 thn,,saya punya keluhan dibagian bibi sbelah kanan mengalami pembengkakan ,,kalo duduk rasanya panas perihh sakit banget dok,,,klo dibawa diri gk trlalu skit ,tp kalo duduk rasanya sakit ,,itu knapa ya dok,,,saya harus bagai mana ni dok,,saya panik,,tiap mlm badan sya jga panas dingin,,muka jga pucat trus ,,tolong dok info nya ,,trimakasih

  6. dok mf saya mau minta solusi.
    kenapa vagina sya sakt memrah perh bengkak dan ada benjlan d bibir pagina.
    itu disbab kan kenapa.
    dan sya udh ngalamin dua kali dok dulu prnh ngalamn tapi sdh smbh lg dn skrng saya ngalamin lg dok .

  7. dok mf saya mau minta solusi.
    kenapa vagina sya sakt memrah perh bengkak dan ada benjlan d bibir pagina.
    itu disbab kan kenapa.
    dan sya udh ngalamin dua kali dok dulu prnh ngalamn tapi sdh smbh lg dn skrng saya ngalamin lg dok .
    ini email sya dok tlong ya kash solusinya
    lhina blaemblaeumz (cuby)

  8. Sore dok. Saya mau nanya. 10 hari stelah haid sya HB sma suami saya. Kmudian bsoknya sya kluar flek coklat. Dan smpai skrang msh kluar. Awlnya kluarnya jrang, tp skrang kd stiap hari dan sdkit. Kira2 apkah sya hamil?

  9. ass dok..
    umur saya 21th
    bgaimana cara mengempeskan kelenjar Bartholin?
    ada pembengkakan dibibir miss v disebelah kanan

  10. nama saya siti rahmatia

    Obat obatan apa saja yg bisa menyembuhkan bagia kewanitaa yg bengkak, salah satunya bibir vagina dan selain itu juga saya merasakan sakit,,,,
    Penyebab penyakit itu karena sex

  11. Dok sy sari umur 23th ,sy bln november dtng bln tgl 28 .tgl 13 desmbr sy brhubgan intim .tgl 26 kok saya flek coklat ya dok smpe saat ini msh flek ,blm kluar darah haid .itu kenapa ya dok ?tlng dibls dok .mkasih

  12. sore dok,sya supiyati dri serang,sya mw brtnya dok saat ini sya sdang hamil 9 bulan saya mngalami gatal,bintik2 d bibir vagina dlm dan kluar cairan puth kental,apkh brbhya buat janin sya dok,n law bhngan slalu merasa sakit saat penetrasi kira2 knp y dok n solusi y apa?

  13. Siang dok,sy indri 24 thn dri jambi,sya sedang skit bengkak pada bibir miss v bagian luar dok,trus dibagian luar Miss V ada cairan putih susu menempel didalan miss V sya dok,kira kira apa solusi ny dok,terimaksih dok

  14. Slmt Malam dok..
    sya veni umurku 23.. sya mau tanya dok, knpa ya haid sya untk buln ini tdk berwrna mrah segar tpi coklat pekat dan sedkit-sedkit dan wktu haidnya lebih awal dr sblmnya.. dan rsanya pinggang pegal trus dan perut skit.. tpi biasanya saya haid dngn siklus yng normal blan ini saja yang menurt sya terganggu..mhon jwaban dan srannya ya dok terimaksh.

  15. Pertanyaan ku belum dijawab dok

  16. Selamat siang dok
    Saya sudah menikah 5 bulan yg lalu
    Saya mau tanya
    Kemarin saya telat mens sudah 2 minggu terus kok kemarin saya keluar bercak coklat dan sekarng keluar darah bewarna merah kecoklatan
    Itu gmna ya dok apa saya keguguran apa gimna dok
    Soalnya saya tes dengan tast pack tu hasilnya positif tp sekarang gk tau dok

    Tolong beri penjelasnnya ya dok

  17. Selamat siang dok ,
    Saya mau bertanya ,sudah 2 hari ini daerah kewanitaan saya terasa bengkak dan perih jika tersentuh selagi membersihkan sehabis buang air kecil.
    Ini saya alami sudah ke 3 x nya,kejadian sebelumnya saya sudah periksa ke klinik dan membaik. Dan sekarang kambuh lagi ,apakah ini membahayakan dok ?

  18. pgi dok sy rani knp yh dok Miss V sy bengkak klo 1 minggu sblm haid dn rsa ny nyeri luar biasa dn stlh haid kempes dok it knp y dok

  19. Met siang dok, dok saya merasa gejala2 d kemaluan saya dok Gatal,perih,panas, dan bengkak d bibir Miss V saya dok apa pnyebabnya d0k dan itu sejenis penyakit apa dok

    1. Sama saya juga ngalamin hal ituu.. bengkak . Panas trus gatal .. gmna cara ngatasinya

  20. ria jayani nasaruddin

    assalamualaikum dok.
    sy mau tanya, kk sy keterbelakangan mental trus Miss Vnya itu warna merah kepink2an trus bengkak juga dn klo dikasih salep dia suka ngerasa kesakitan ampe gemeteran. itu penyebabnya apa dan cara mengatasnya gimana, sy mohon direply dok. wassalam

    1. itu infeksi mbak, harus makan obat

      1. ria jayani nasaruddin

        obat udah dua kali ganti sering dikasih salep juga tapi belum ada reaksi apa2 malah gada reaksi apa2. bisa minta tolong obat apa yang harus diminum dok?

  21. Selmat sore dokter saya fajar dri jkarta barat…
    Dokter saya mau nanya saya abis berbuhngn tpi bkan berhbngn bersetubh ama suami cumn berhbngn tangan suami masuk kevagina n jari tngn suami cmn pegang elus n meremes bgian vagina aku
    Selesai itu miss v aku bersa perih sakit klo buang air kecil n dbwa jlan pun sakit n bgian bibr lwr vagina aku kya menempl sesma2 bibr vagina seblhnya n klwr flak kya drah haid
    Pdhal blum waktunya haid
    Kra2 itu knpa ya dokter…
    Makasih….

  22. Saya lisah, umur 17, bulan april saya haid tgl 22, seminggu kemudian keluar flek coklat selama 3 hari, seharusnya bulan mei ini saya haid, tapi ko belum haid ya? Apakah normal? Tolong penjelasannya dok

  23. selamat siang dok.. saya imhey daru kota palu, saya mau tanya dok, penyebab dan cara mengobati pembengkakan di pinggir vagina saya, krna stiap saya mau dtng bulan psti pinggir vagina saya bengkak dok..

    trima kasih

  24. Dok saya rani saya bulan kemaren mens tanggal 9 sampai tanggal 15 dan bulan ini kmren mens tanggal sgtu tp keluarnya gak lancar dan hanya sedikit dan warnanya kadang merah segar kadang kecoklatan tp sebentar sebentar hilang kadang ada lagi.. Itu knapa ya dok..

  25. Assalamu’alaikum dok .. salam knal saya NurAsiyah dari bandung umur saya 21 thn dan belum menikah .. dok bberpa hari yang lalau saya haid dan rsa sakit haid nya itu ngk seperti biasa .. awal haid saya pake pembalut dan haid nya lancar tpi stelah dua hari haid dan saya coba dengan pemblut kain … haid nya ngk lancar .. dan setelah haid bibir vagina saya awalnya agk sedikit perih dan bbrpa hari ini setiap saya kencing bbir vagina saya terasa sangat perih dah agak membengkak .. apa penyebabnya dan cara mengobatinya seperti apa .. tolong di bantu ya dok
    Terima kasih
    Wassalamu’alaikum

  26. saya tata umur 24 th saya nikah uda 3 thn
    maaf bibir v saya yg sebelah kiri bengkak setelah berhubungan,sakit dn sedikit gatal mohon solusi ny dok soal ny risih dn gk enak banget

  27. Selamat pagi Dokter,
    saya Amas, umur 39..mau tanya Dokter.dibibir vagina sebelah kiri saya bengkak..ditekan keras dan sakit, susah jalan dan duduk, pipis saya juga sedikit, knp yah Dok, saya sudah minum pereda nyeri dan antibiotik…tapi tak kunjung berkurang sakit dan bengkak nya.. terimakasih.

  28. Dok knp ya di saat saya haid vagina sya bengkak gatal perih dan panas. Tp itu terjadi saat haid aja dok. Kalau sdh berhenti haid nya mka keluhan sya pun juga berhenti. Tp itu udah sekitar stahun dok sya normal tiap bulan datang haid tp begitulah kalo haid pasti yg di rasakan bengkak gatal perih dan panas. Gimna dok apakah ini berbahaya?

  29. Selamat malam dok..sya ibu dr 3 orng anak yg baru melahirkan putra ke 3 semenjak hamil ada benjolan dibibir vagina sya dok,rasanya cm gatal n agak sedikit sakit..n pada saat nifas ini ada benjolan lg tp kecil..benjolan tersebut krn apa ya dok?n minum obat antibiotik apa biar sembuh?trimz

  30. slmt pgi dok sya atika mau mnanyakan
    ddkt lubng v sya mncul benjolan dan rsanya sngt skitt trs dsrtai demam ..
    itu knp ya dok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016