dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

APENDISITIS AKUT (USUS BUNTU)

apendisitis akutSebelum membahas tentang apendisitis, terlebih dahulu kita harus tahu mengenai apendiks itu sendiri.  Apendiks merupakan organ yang berbentuk tabung dengan panjang kira-kira 10 cm dan berpangkal pada sekum. Apendiks memiliki lumen sempit dibagian proximal dan melebar pada bagian distal. Saat lahir, apendiks pendek dan melebar dipersambungan dengan sekum. Selama anak-anak, pertumbuhannya biasanya berotasi ke dalam retrocaecal tapi masih dalam intraperitoneal.

Apendisitis akut atau penyakit usus buntu adalah suatu radang yang timbul secara mendadak pada apendik. Penyakit ini merupakan salah satu kasus akut abdomen yang paling sering ditemui. Apendisitis akut ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya infeksi bakteri, hiperplasia jaringan limfe, fekalith, tumor apendiks dan cacing ascaris dapat juga menimbulkan penyumbatan.

Gejala: Nyeri di epigastrium atau regio umbilicus disertai mual dan anorexia. Demam biasanya ringan, dengan suhu sekitar 37,5 – 38,5C. Bila suhu lebih tinggi, mungkin sudah terjadi perforasi. Adanya rasa nyeri di perut kanan bawah

Pengobatan apendisitis. Yang harus diketahui adalah penyakit ini termasuk kegawatdaruratan bedah, karena itu pasiennya harus dirawat dan dioperasi dengan segera untuk mencegah terjadinya penyebaran infeksi.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016