KENCING PERIH, PANAS BERNANAH

Selamat Malam Dokter, saya Yudi. Sudah tiga hari ini kencing saya terasa perih, panas dan bernanah. Satu minggu sebelumnya saya pernah jajan ke tempat wanita penghibur. Apa sakit saya ini dok dan bagaimana mengobatinya?

penyakit gonoreBerdasarkan keluhan bapak, kemungkinan bapak terkena penyakit kencing nanah atau gonore (bahasa Inggris: gonorrhea atau gonorrhoea). Penyakit ini termasuk penyakit menular seksual yang disebabkan oleh kuman Neisseria gonorrhoeae yang menginfeksi lapisan dalam uretra, leher rahim, rektum, tenggorokan, dan bagian putih mata (konjungtiva). Gonore bisa menyebar melalui aliran darah ke bagian tubuh lainnya, terutama kulit dan persendian. Pada wanita, gonore bisa menjalar ke saluran kelamin dan menginfeksi selaput di dalam pinggul sehingga timbul nyeri pinggul dan gangguan reproduksi.

Gejala

Pada pria, gejala awal gonore biasanya timbul dalam waktu 2-7 hari setelah terinfeksi. Gejalanya berawal sebagai rasa tidak enak pada uretra dan beberapa jam kemudian diikuti oleh nyeri ketika berkemih serta keluarnya nanah dari penis. Sedangkan pada wanita, gejala awal biasanya timbul dalam waktu 7-21 hari setelah terinfeksi.

Terapi
a. Terapi Awal  : Pemberian antibiotic
b. Bila keadaan tidak membaik : ada beberapa golongan antibiotik yang sudah resisten terhadap Gonorrhea yaitu quinolones, Penisilin, Tetrasiklin, dan obat-obat golongan sulfa. Bila demikian, disarankan untuk kultur dari spesimen, serta mengganti golongan obat tersebut.

Pencegahan
1. Cara yang paling pasti untuk mencegah penyebaran penyakit menular seksual adalah dengan tidak melakukan hubungan seks.
2. Berhubungan seks secara monogami, pastikan pasangan tidak terinfeksi.
3. Penggunaan kondom dapat mengurangi risiko penularan penyakit.
4. Pastikan toilet yang digunakan higienis, hindari penggunaan toilet duduk ditempat umum.
5. Segera obati bila ada keluhan seperti diatas.

 

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*