SULIT HAMIL KARENA PCOS, SINDROM POLIKISTIK OVARIUM

SULIT HAMIL KARENA PCOS. Polycystic ovary syndrome (PCOS) adalah kelainan endokrin yang paling banyak terjadi pada wanita. Penyebab penyakit PCOS ini masih belum diketahui, namun dicurigai ada faktor genetik yang menjadi penyebabnya. PCOS ini mengenai wanita-wanita usia reproduksi berusia diantara 12-45 tahun yang mengenai 5 sampai 10 wanita 100 wanita usia subur.

Gejala yang sering timbul adalah menstruasi yang tidak teratur dan munculnya gejala-gejala seperti timbulnya jerawat dan hirsutism (timbulnya rambut-rambut pada bagian tertentu wanita yang normalnya tidak ada seperti kumis, dada maupun buah dada) karena meningkatnya level hormon maskulin/pria. Selain itu, wanita-wanita dengan PCOS mempunyai kecenderungan berbadan gemuk karena mereka mengalami resistensi insulin.

Dokter tidak sembarangan mendiagnosis gangguan ini, mereka menggunakan kriteria tertentu yang disebut kriteria rotterdam yang terdiri dari

(1) Adanya gangguan haid akibat sedikit hingga tidak adanya ovulasi (oligo- or anovulation)
(2) Adanya tanda secara klinis atau biokimia hiperandogen atau
(3) gambaran ovarium polikistik dari pemeriksaan USG.

Bagi kalian, wanita yang telah menikah dan belum dikaruniai anak, coba diagnosis diri anda sendiri apakah menderita PCOS dengan merasakan gejala-gejala dibawah ini:

  • Jerawat semakin banyak
  • Berat badan meningkat
  • Pertumbuhan rambut berlebihan pada wajah atau bagian tubuh lainnya. Rambut di daerah wajah menebal dan semakin hitam. Terjadi pula pertumbuhan rambut berlebihan dipunggung, tengkuk dan dada.
  • Penipisan rambut kepala.
  • Gangguan haid. Dalam setahun penderita PCOS mengalami haid kurang dari 9 kali. Sebagian wanita tidak mendapatkan haid. Sejumlah penderita lain justru mengalami perdarahan vagin yang berlebihan.

Baca Juga:

PCOS WANITA

Loading...

1 Trackback / Pingback

  1. PENGOBATAN PCOS POLYCYSTIC OVARY SYNDROME | klikharry.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*