LUKA JAHITAN ROBEK LAGI

luka jahitan robek lagi?

anak saya jatuh dari meja, dahinya robek. saya bawa ke ugd rs dan kemudian dijahit. setelah 1 minggu jahitan dibuka, tapi masih diperban dan tidak boleh kena air. setelah 1 minggu berikutnya, karena luka luar sudah kering saya buka perbannya. sehari berikutnya, anak saya terbentur dinding saat bermain dan luka jahitan itu mengeluarkan darah yang lumayan banyak. sementara ini baru saya kompres dan tutup dengan kasa steril yang sudah diberi revanol. bagaimana penanganan yang betul? berbahayakah yang saya lakukan?

luka jahitan

saya akan jawab pertanyaan bapak. Apa yang dilakukan oleh Rumah Sakit dengan menjahit luka, memakaikan verban dan mengangkat jahitan luka satu minggu setelahnya sudah sesuai dengan prosedur umum untuk luka robek. Nah, keesokan harinya, anak anda mengalami benturan tepat di lokasi bekas luka tersebut dan menimbulkan banyak perdarahan. Mengapa?

Inilah dasar pemikirannya;
Setiap luka, baik itu luka lecet, luka robek, luka tusuk maupun luka sayat mengakibatkan adanya diskontinuitas jaringan kulit maupun jaringan di bawahnya. Nah, diskontinuitas atau putusnya jaringan ini disertai oleh putusnya pembuluh-pembuluh darah pada area luka tersebut, akibatnya, darah akan keluar dari tempat luka tersebut. Banyak tidaknya luka yang keluar, sangat dipengaruhi oleh:
1. Lokasi luka
2. Luas luka
3. Kedalaman luka
Semakin luas dan semakin dalam dan berada di tempat yang banyak aliran darahnya maka semakin banyak pula darah yang keluar.

Bagaimana cara menghentikan perdarahannya?
Sangat tergantung dari banyak tidaknya dan besar kecilnya pembuluh darah yang terkena tersebut. Jika pembuluh darahnya tidak jelas, dan darah hanya berupa rembesan saja, biasanya dokter langsung menjahit luka untuk merapatkan jaringan luka yang terbuka tersebut , tetapi jika terlihat jelas pembuluh darah yang mengucurkan darah segar, biasanya dokter akan mengikat pembuluh darah tersebut,  dan kemudian baru menjahit jaringannya.

Mengapa luka bekas jahitan bisa berdarah lagi?
Seperti halnya manusia menempelkan kertas, untuk bisa menempelkan kertas dibutuhkan lem, nah agar lem tersebut bisa merekat dengan kuat, maka kertas yang sudah dilumuri lem tersebut harus ditekan dengan kuat ke kertas yang lain. Begitu pun halnya kulit manusia. Manusia punya lem alami yang bisa merekatkan kembali kulit dan jaringan yang robek, tetapi, untuk bisa menempel kembali, kulit maupun jaringan yang robek dan terpisah itu harus didempetkan terlebih dahulu, itulah gunanya penjahitan luka. Adalah untuk merapatkan jaringan sehingga jaringan bisa menempel lagi. Yang diperlukan selanjutnya adalah perawatan luka jahitan.

Waktu  yang diperlukan agar luka itu bisa merapat sangat bervariasi, tergantung dari:
1. jenis luka
2. lokasi luka
3. kedalaman luka
4. luas luka
5. kebersihan luka
6. teknik penjahitan luka

tetapi, untuk luka antara 1-5 cm, biasanya berkisar antara 7 hari sampai 10 hari jika lukanya bersih dan kering.

Mengapa bekas luka tersebut bisa robek kembali?
Hal ini disebabkan karena “lem perekat luka itu” tidak sekuat yang kita bayangkan. Akan terbentuk jaringan yang disebut ‘jaringan parut’, jaringan inilah yang menjadi perekat atau penghubung jaringan yang robek tadi. Jaringan parut ini mempunyai banyak kelemahan,
1. Kurang kuat
2. Kurang elastis
3. Menimbulkan bekas
4. terkadang terasa nyeri dan gatal

Karena itulah, luka yang baru sembuh, biasanya sangat rentan ruptur kembali, selain jaringan parut itu sendiri sifatnya kurang elastis dan kurang kuat, jaringan perekat ini juga masih sangat muda, karena itulah, trauma berulang di tempat yang sama dapat mengakibatkan terkoyaknya kembali jahitan tersebut.

Saran saya:
Bawa ke dokter, jahit ulang!. Jika hanya dikompres dan dikasih rivanol, ditakutkan luka tersbut akan terinfeksi dan justru akan sembuh lebih lama lagi.
terima kasih

Loading...

12 Komentar

  1. selamat mlm doc,
    doc sy mau tanya. untuk luka sobek di bibir krna trkna lemparan batu sebaiknya di jahit dengn jenis benang apa, luka panjang : 2cm kdalaman skitr 0,5mm
    terima kasih atas jawabannya doc.

  2. Dok, saya habis dijait ditelapak kaki. Dokter bilang jangan dibuka sampe 3 hari. Tp ibu saya menyuruh saya mengoleskan salep ke bekas jahitan tsb, lalu besoknya saat saya buka perbannya bagian atas yg sudah mulai mengering malah lepas, bagian itu jadi bolong mengaga tp hanya mengeluarkan setetes darah, lalu hari kedua saya periksa lagi lukanya menganga lebar tp tdk mengeluarkan darah kulitnya mengeras dan saya tidak merasakan apapun di bagian tsb, bisa ga kulitnya menyatu lagi? Atau akan selamanya jd menganga begitu?

    • Sy jg bgtu mba abis buka jahitan ada luka yg msi menganga ga kluar apa2 keras ga brsa gmn ya..apa bkl ntup lgi..

  3. Dok.ada pantrangan makanan tidak setelah di jahit?soal luka ny dalam 2 pembulu darah putus dan ter dapat jahitan semua ny 30 jahitan luar dalam.dan perswatan luka seperti nie harus bagaimana ? Terimakasih

  4. Dok waktu kecil hidung saya pernah terbentur ke aspal jalan tetapi saya tidak tahu apakah retak atau patah namun kata ibu saya hidung saya hanya retak.pada waktu sd hidung saya biasa biasa aja tetapi ketika di waktu saya smp lubang hidung saya malah membesar jadi saya sering dilecehkan.Jadi doc pertanyaan saya bagaimana cara mengecilkan lubang hidung saya yang besar??

  5. Dok saya udh hampir 1 minggu oprasi tpi jaitan kebuka sedikit dan mengeluarkan lendir apakah jaitan itu bisa tertutup kmbali
    Mksh

  6. Selamat sore dok, saya mengalami luka di kepala,kedalaman sekitar 5mm/ setengah centi,panjangnya sktr 10 centi di jahit 8jahitan,sudah 10 hari saya belum buka perban,tiap hari cuma saya tetesi obat merah,yang saya tanyakan, kira2 berapa hari ya saya bisa buka perban,terima kasih

1 Trackback / Pingback

  1. PERAWATAN LUKA JAHITAN « klikharry.com

Komentar ditutup.