FLEX COKLAT DAN MENSTRUASI

Selamat pagi dokter.

Bulan kemaren saya halangan tgl 23 januari , sekarang tanggal 22 Februari, entah menstruasi saya berwarna flex coklat dokter, dan hanya berlangsung satu hari. Kira-kira apa itu dokter?

Pertanyaan saya,
1. Apakah tanggal 23 jan- 22 Feb itu sesuai dengan siklus Haid Anda?
2. Apakah anda sudah menikah, atau (maaf) pernah melakukan hub seksual antara tanggal-tanggal tersebut?
3. Apakah anda pernah mengkonsumsi obat-obatan diantara tanggal-tanggal tersebut?
4. Apakah keluarnya flex kali ini disertai nyeri perut atau tidak?
5. Adakah riwayat jatuh terduduk atau trauma di daerah itu?

Mengapa saya beri pertanyaan seperti itu, karena banyak sekali penyebab dari “flek coklat”.
Sebenarnya flex yang berwarna coklat dan cenderung hitam itu adalah bekuan darah, dalam kata lain darah yang sudah lama keluar tetapi terlambat pengeluarannya.
Nah, ada banyak penyebabnya, bisa jadi karena adanya sisa gumpalan darah menstruasi yang tersumbat, atau bisa juga pertanda hamil, atau juga bisa juga karena bekas trauma. Jadi.. bagaimana saran saya? Tunggu satu-dua hari ini, jika “flex coklat” bertambah banyak, ada baiknya anda Konsultasikan kepada dokterΒ  ahli kandungan . terima kasih

Loading...

367 Komentar

  1. Dok, saya mau tanya, umur saya 17 thn, 6 bulan yg lalu mens saya sangat teratur dan lancar, sampai akhirnya saya memakai alat penggetar perut untuk menghilangkan lemak. Setelah itu, saya hanya mengeluarkan darah 2 bulan sekali. Bulan pertama darah biasa, bulan selanjutnya mens saya berwarna coklat disertai gumpalan hitam, dan begitu seterusnya hingga sekarang sudah 7 bulan. Siklusnya pun berubah kadang terlalu cepat seminggu, atau terlambat seminggu.
    Mengapa hal ini bisa terjadi? Apa rahim saya rusak karena alat penggetar perut tsb? Gumpalan hitam itu apa? Apakah daging atau darah? Terima kasih..

  2. Usia sy 17 thn,l0m prnh gtuan2.
    Dok,mWu tnya nich.
    Bulan lalu mens sya n0rmal.
    Trz paz bln niE,mensx cmn flex agk c0klat khtman sya tkt d0k.
    Pa da yG aneh dg tu
    Trz g’ da gjla xri dlsbgx.
    Tense sya rendah,pa tu brpgruh d0k.
    Tl0g d’jlsn d0k.
    Trims.
    By.Ryca rachma

    • tenang aja dulu ryca, itu masih normal kok, mengingat umur kamu yang masih 17 tahun, itu siklus variatif normal, Ryca boleh cemas jika mensnya begitu terus sampai beberapa bulan ke depan karena bisa jadi ada gangguan hormonal

  3. sAYA mw nyak nii .,,,
    umur saya skrg 20thn ..

    wktu akhir july sYa menstruasi slm 6 hari ..
    setelah 2 hri tu sY menstruasi lagi hingga hari ni kira2 udah 6hari belum berhenti ..

    apakah saya ada gangguan atau penyakit ??

  4. dok mau nanya, umur saya 22 tahun,, 3 bulan terakhir ini darah menstruasi saya berwarna coklat trus menggumpal,, padahal slama ini trus darah skali2 coklat sih,, tapi slama 3 bulan terakhir coklat aja smuanya,, sebelum itu 1 bulan halangan saya ngk datang,,
    itu kenapa ya dok?? saya takutnya ada gangguan dengan rahim atau ada penyakit lainnya,,, saya belum pernah berhubungan lagi dok,, mohon jawabannya ya dok,,

    • ibu rika, ada baiknya ibu berobat ke SpOG dan minta di USG, pastikan bahwa tidak ada gangguan pada rahim dan peranakan ibu, jika tidak ditemukan kelainan setelah di USG, bisa saja gangguan tersbut disebabkan gangguan pada sistem hormonal ibu

  5. dok, saya gadis berusia 23 tahun, mengalami menstruasi berselang seling, banyak lalu sedikit. Sebulan banyak seperti biasa (kurang lebih 3-4 ganti pembalut perhari), lalu bulan berikutnya sedikit hanya berupa flek2 pink dan merah tua saja berlangsung kurang lebih 5-6 hari, lalu bulan berikutnya banyak seperti biasa. Hal ini sudah berlangsung kurang lebih 6 bulan

    Siklus menstruasi biasanya memang tidak terlalu teratur (biasanya 23 hari dapat maju atau mundur beberapa hari) namun setiap bulan pasti ada menstruasi. apakah ada kecurigaaan suatu penyakit tertentu dok? terimakasih

    • terima kasih ibu yan, jika kita berobat ke dokter SpOG, yang dilakukan pertama oleh beliau adalah melakukan anamnesis, menanyakan tentang apa yang ibu permasalahkan ini, selanjutnya beliau akan melakukan pemeriksaaan USG untuk memastikan apakah ada gangguan di dalam peranakan ibu, rahim dan indung telur (ovarium). Dari hasil pemeriksaan ini bisa normal atau ada sesuatu seperti tumor ataupun kista.
      Jika tidak ditemukan adanya sesuatu, maka bisa jadi dokter akan menjawab bahwa siklus ibu itu adalah siklus normal atau bisa juga menjawab ada gangguan siklus hormonal. Dan jika dokter mengatakan adanya gangguan siklus hormonal, maka dokter akan memberikan obat-obatan tertentu yang tujuannya menormalkan kembali siklus menstruasi ibu, terima kasih

  6. Dok, saya baru berumur 17 tahun kurang.
    2hari yg lalu saya haid, haid saya berwarna coklat tapi keluarnya sedikit saya kira nanti akan keluar darah tapi sampai skarang darah haid saya warna coklat yg keluarnya sedikit terus. Itu kenapa ya dok ?

  7. dok pada bulan 5 mei kemarin saya haid,
    Tgl 17 saya berhubungan suami istri tp pada bulan juni saya telat haid,
    Saya udah periksa ke bidan dan negatif,
    13 juli saya kembali berhubungan,dan tgl 15 juli saya dapat haid dok selama 5 hari,
    Tapi pada bulan agustus ini saia dapat haid cuman 2 hari ajj dan warnanya coklat dok,
    Sebelum datang haid itu saya sakit dok,
    Kira” itu pertanda apa iya dok makasih.

  8. dok saya mau tanya ni saya bulan sudah datang bulan sekitar satu minggu sebelum lebaran. 3 hari teahir saya mengeuarkan flek coklat, itu menstruasi atau bukan, trus itu bahaya gak dok?

  9. Dokter yg baik, umur saya 38 Tahun sudah menikah, Bulan lalu saya Haid 14 hari,bulan ini haid saya sudah seminggu masih keluar gumpalan darah, 5 hari menjelang haid saya ML sampai mentok kata suami saya,namun ketika saya cebok di tisu keluar darah ?, bulan mei saya Umroh & minum penunda haid,

    • kemungkinan besar penyebab timbulnya bercak darah tersebut adalah adanya gangguan dari siklus menstruasi normal anda, Penyababnya dalah anda telah meminum obat penunda haid yang pada dasarnya adalah obat hormon, anda telah mengganggu siklus hormonal normal anda sendiri yang akhirnya mengganggu siklusmenstruasi normal anda sendiri. Untuk bisa menormalkan menstruasi ibu, saya sarankan ibu untuk berkonsultasi ke dokter SpOG untuk mendapatkan terapi hormonal dengan tujuan menormalkan kembali siklus mens ibu

  10. Dok saya mau tanya umur saya 20th waktu bulan juli saya mens awal bulan trs pada saat baru selesei mens saya berhubungan saat itu keluar lg darah tapi hanya 1hari. Pada bulan agustus mensnya keluar cokelat kehitaman sebelumnya saya sering sekali pusing dan minum obat2an pusing trs apa itu mens bukan dok?

  11. Dok, saya mau tanya. Saya sudah berkeluarga, usia 33 tahun, belum punya anak. Biasanya haid saya teratur. Haid terakhir 16 – 20 Agustus lalu. Pada tanggal 22 Agustus saya berhubungan dengan suami. Kemudian kemarin-kemarin rasa badan ‘seperti menjelang haid’. Tadi pagi saya bangun dengan pinggang yang terasa kaku dan vlek seperti haid, tapi kecoklatan dan tekstur tidak berlendir. Apakah saya harus khawatir dan ke dokter untuk memeriksanya? Atau gejala tersebut biasa saja? Terima kasih sebelumnya.

    • kita belum bisa memastikan penyakit apapun dari gejala flex ibu. Ada baiknya ibu beristirahat dan mengurangi aktifitas fisik dulu beberapa hari ini, jika flex berlanjut ibu bisa segera berkonsultasi dengan dokter

  12. Dok, saya berusia 22 tahun.. Saya haid terakhir 23-26 agustus kmrn.. Biasanya darah haid saya bersih setelah 6-7 hari, tapi berhubung tgl 26 kmrn sudah berhenti, saya berhubungan dengan suami kembali. Yang mau saya tanyakan, setelah berhubungan, kenapa ada darah yang keluar kembali? Warnanya tidak terlalu terang, malah agak merah kecoklatan.. Padahal sebelum saya menstruasi juga berhubungan dan tidak keluar darah.. Apakah itu sisa darah haid? Apakah berbahaya? Mohon bantuannya dok karena saya baru menikah πŸ™

    • tenang saja ibu marry, biasanya itu adalah darah sisa haid dan bisa juga adalah variasi waktu haid dan hal ini sama sekali tidak berbahaya. Jadi, untuk sementara ini, tenang-tenang saja dulu ya bu πŸ™‚

      • Asti on
        Dok sy mau tanya.. Umur sy 27 thn terakhir sy haid bln juni tepatx tgl 18 tp bln juli sy tdk haid, lalu bln agusts sy cm keluar flek coklat dan bln septmber ini sy cm keliar flek coklat lg 2 hr, st bingung apakah ada gangguan dlm diri sy dok? Sy slma melhrkan sy pake kb suntik per3bln slma 1thn sy tdk haid kemudian sy putuskan berhenti kb. Awalx haid sy lncar tp sdh 4 bln ini tdk lancar mohon solusix dok trimakasih dok sblmx.

      • Dok sy mo tanya umur sy 27thn sy sdh menikah dan punya 1 anak. Stlh mrlhrkan sy menggunakan kb suntik per3 bln slma 1 1/2 thn. Dan slma itu sy tdk pernah haid. Kemudian sy putuskan berhenti kb suntik dkrg sy tdk menggunakan kb. Dan haid sy normal, tp sdh beberapa bln ini haid sy tdk normal dan 4bln ini haid sy msh tdk normal bhkan 2 bln ini haid sy cm flek dan hanya 1 hr sj.. Mohon penjelasannya knp bs bgtu, sy pernah bbrpa kali coba testpek tp hsl negatif.. Sy jd takut ni dok apakah ada pentakit dlm diri saya atau bgmn ya??

        • untuk bisa memastikan ada penyakit atau tidak, sebaiknya ibu segera memeriksakan diri ke dokter kandungan, namun mengingat ibu telah punya 1 anak, mudah-mudahan gangguan tersebut hanyalah gangguan hormonal saja dan bersifat sementara

  13. Mlm dok, sy seorg ibu yg berumur 31th&sdh memiliki 1org putri. Sy kmrn telat mens slm 11hr&sdh test hasilnya negatif. Mlmnya keluar drh flek coklat sdkt tp keesokannya tyt tdk keluar sm sekali, tp jika sy lap vagina sy maka akan keluar tp sdkt sekali&jk tdk sy lap maka pembalut sy bersih. Jika pagi shbs bgn tdr sy lap keluarnya darah segar merah marun spt drh mens tp jika ditengah hari maupun sore atau mlm hny berupa flek coklat. Ini knp ya dok. Seumur2 sy tdk prnh mengalami spt ini&jk sy mau berobat ke dr kandungan atau dr apa? Trm ksh

      • Pagi dok, flek pertama kl pada hari kamis malam tgl 30 & td pagi bgn tdr sy liat pembalut sy ada fleknya. Kl di pagi hr fleknya sdkt lebih byk&ktk menetes sy lihat encer berwarna coklat tp spt darah mens yg bwrn marun,kental&kdg ada gumpalannya. Kira2 ini knp ya dok & fyi, perut sebelah kiri sy kdg suka terasa nyeri, sy prnh konsultasi ke dr ktanya normal krn efek operasi cesar spt itu. Mohon bantuan diagnosanya ya dok. Trm ksh

        • ibu tidak perlu takut, karena flex hitam itu bukanlah berasal dari bekas operasi cesar, flex coklat berasal dari luruhnya dinding rahim akibat pengaruh hormonal. sebaiknya ibu memeriksakan diri ke dokter kandungan dan melakukan usg untuk melihat asal nyeri perut sebelah kiri tersebut

  14. Pagi Dok,
    Saya Mona umur 20 Tahun belum menikah ..
    saYa Halangan suDah 1Bulan lebih, namun darah Yg keluar cuMn sdikit-sedikit ..
    Namun 3 Hari belakangan ini Darah yang keluar banyak sekali jadi terkadang 1 hari sya harus mengganyi pembalut 2 atao 3 buah …

    aPakah aDa sesuatu Yang aNeh pada badan saya dok πŸ™ , Orang Tua saya khawatir terhdp saya..
    saya Takut kalau da penyakit yang terjadi ..
    Mohon bantuannya dok ..

    TERIMAKASIH ..

  15. Siang Dok
    Saya Cyntia umur 26 thn, memiliki 1 org anak
    pada Bulan Agustus kemarin haid saya berjalan lancar,renggang waktu 6 hari, namun pada bulan ini haid saya berjalan hanya 1 hari saja, darah keluar berwarna merah seperti mens biasa namun tidak terlalu banyak, kira kira apa penyebabnya ya dok? selama ini saya men konsumsi Pil Kb, namun 2 hari kemarin saya lupa konsumsi pil tsb
    mohon bantuanya dok
    Terima Kasij

  16. Dok mau tanya,bulan lalu saya haid tgl 31 agustus skrng lebih cepat tgl 1 ,biasanya saya itu mundur seminggu atau 10 hari ,hari pertama sampai hari ke 6 yg keluar hanya flex hitam tp dikit nah pas hari ke 7 nya sampai skrng keluar gumpalan hitam lmyn banyak,pas di test pack hasilnya negatif ,itu knp ya???

  17. Salam kenal, dok mau tanya nih. Tiga bulan yg lalu tepatnya awal juni saya dikuret, sebulan kemudian sy mendapat haid begitu jg bulan selanjutnya. tapi kok bulan ketiga ada darah yg keluar tapi dikit truz warnanya coklat, cuma sehari aja itupun ngga’ banyak setelah itu cuma flek sampai 2 hari. itu gmana y dok?

  18. tapi dok saya sempat sakit di bawah bagian perut, sering mual, pusing, cepat lelah, gaenak badan, udah gitu saya emg kurang darah dok, nah itu apa gejala apa yang saya alami dok ?
    kalo obat puluruh haid yang bagus apa ya dok ? karena mens saya sering tidak teratur dok.

  19. Sore Dok
    saya ida usia 28 tahun. Saya baru menikah 3 bulan. Sebelumnya haid saya teratur selama 6-8 hari. pada bulan kedua menikah haid saya yg sebelumnya tgl 23 jadi maju 9 hari (biasanya hanya maju 3/5 hari) tapi saat itu yg keluar langsung darah merah dan sangat banyak (saya juga sering sempoyongan dan mudah lelah, bahkan saya sempat USG ke dokter alhamdulillah rahim saya baik2 saja). Bulan ketiga sebelum haid saya selalu sempoyongan, pinggang dan punggung saya sakit,nah kemudian keluar flek hitam,hari kedua esok paginya yg keluar darah menggumpal berwarna hitam kecoklatan lumayan banyak sementara siang dan malamnya hanya sedikit dan pada hari ketiga tinggal flek coklat. Sebelum mens ini saya sempat berfikir saya hamil, karena ciri2nya sama hampir mengarah kesana dan saya sempat tes pack namun negatif.
    Mohon infomnya,kira2 apakah yang terjadi, apakah ada masalah, ataukah memang petanda itu sedang pembuahan?soalnya dari info teman ciri2nya sebelum hamil juga spt itu.

    • sebenarnya tidak ada masalah dengan rahim atau kandungan ibu, itu hanyalah proses adaptasi pasca pernikahan, namun jika gangguan siklus seperti ini berlangsun terus >6 bulan, ada baiknya ibu berobat lagi ke SpOg agar siklus menstruasi ibu bisa normal kembali

    • kalo dari bulan kemarin artinya masih baru dong mbak, saya rasa penyebab flex tersebut bukan karena gangguan mens, namun faktor kelelahan fisik saja, justru kelelahan fisik yang mengakibatkan gangguan mens, bukan mens-nya yang menyebabkan kepala pusing dan badan lemah

  20. Saya cewek usia 19 tahun
    Saya biasa dapat haid tanggal puluhan.
    dan bulan ini saya sudah selesai haid slama kurang lebih 1 minggu.
    Sekarang sudah awal bulan tanggal 13 september.
    sudah 3 hari vagina saya mengeluarkan darah di celana.
    darah yang keluar tidak banyak, hanya kurang lebih seperti 3 tetes/ 4 tetes darah dalam shari.
    saya bingung, mengapa vagina saya mengeluarkan darah saat tidak haid?
    apakah itu berbahaya?

  21. saya dini usia 30 tahun, saya sudah lepas kb skurang lebih 2 thn bulan pertama setelah lepas kb mens banyak tp setelah itu mens cuma 2 hr dan berwarna coklat kehitam hitaman dan kental, anak saya yang petama sudah 5 tahun bagaimana dok agar mens saya bisa normal lagi, ktnya jika ingin punya anak harus di perbaiki dulu mens nya agar banyak…

  22. Dok sy mau tnya.umur sy 25 thn.tnggl 25 juli haid sy normal.d ms subur sy berhbngn sex.tnggl 17-20 agustus sy mengluarkn flek hitam.tanpa keluar drh.tnggl 21 g kluar.tnggl 22-26kluar lg flek hitam.1 bln sy tdk mengeluarkn darah.tnggl 16 oktober prut sy skt truz.minum pelancar haid hbis 5 botol g kluar darah.
    Apa kh sy hamil dok?

    • ibu minum obat pelancar haid obat apa bu? untuk bisa mengetahui ibu hamil atau tidak itu ada beberapa tanda-tanda kehamilan, salah satunya test pack kehamilan menunjukkan hasil +, bagaimana dengan hasil test pack ibu?

  23. Dok, saya berumur 20 th. saya bulan lalu mens slalu normal setiap bulannya. biasanya saya sebelum mens diawali dengan flek coklat. tapi bulan ini saya mengeluarkan kotoran coklat dan menggumpal.saya pikir cuman hari pertama saja kemudian baru keluar darah mens tapi ini sudah hari ke 3. masih terus keluar kotorannya berwarna coklat dan perut terasa nyeri seperti pada waktu mens biasanya. Apakah saya memiliki gangguan ya dok? Mohon sarannya. terimakasih.

  24. Dok,, saya brumur 20th, kmrin2 sya mens misal bulan jnuari berupa darah merah, tp fbruari wrna coklatt,, tp 3 buan trkhir ini knapa stiap mens wrnanya coklatt & hitam menggumpal…
    siklusnya juga pendek dok,, kmrin bulan juli mulai mens tgl 28 , agustus sya mens tgl 21 bulan skrng mens tgl 14… apa ada gangguan dalam diri sya dok,, ?? normalkah jika mens wrna coklat hitam menggumpal??

  25. Dok, bulan lalu sya mens tgl 24-tgl 6 doq tu bru smbuh, tp kbnykan sya menglwrkn flek hitam, tu gimn y dox, penyakit taw bkan

  26. dok sy dini, maaf menyambung pertayaan sy yg tgl 13 kmrn mens saya sp skrng blm normal msh coklat kehitaman dan kental dok, dan mengapa dok stlh lps kb suntik 1 bln itu sy sering keputihan, sdh bbrp x k dktr dan d beri obat yg d masukan ktny mngkin krn k capean /stres. dan hsl usg rahim sehat, dok sy minta saran dr dokter sy ingin cpt hamil..

    • berarti ibu tidak perlu takut jika rahim normal dan tidak ditemukan kelainan pada indung peranakannya. menstruasi coklat kemungkinan besar hanya gangguan hormonal saja yang disebabkan oleh stress fisik.. Sedangkan keputihan ini menunjukkan ada infeksi jamur pada daerah kewanitaan ibu. saran saya, tetap rajin kontrol dan bersabar ya bu

  27. Dok, saya mash berumur kurang 17 th .
    1 minggu stelah mens saya keluar flek coklat saya kira akan kena mens lg tpi stelah 2 hari ini msh kaya gtu? Apa ini darah mens ato bukan?
    Makasih πŸ™‚

  28. Dok, saya lolla sudah menikah 10bulan. skrang saya sedang mengikuti anjuran dokter untuk program khamilan sesuai tgl kesuburan haid saya dok. tiap bulanya haid saya slalu telat 3hari – 1 minggu. dan bulan ini 9 hri dok, saya ingin skali hamil tapi aktivitas saya sangat padat, msh kuliah dan kerja.. tgl 29 agustus saya haid, dan 6 hari selesai. tp tgl 14 september saya melihat ada bercak2 coklat, sampai saat ini msh ada. sy sudah stop berhubungan stlah masa subur mengikuti saran dokter. yang saya tanyakan, apakah bercak coklat itu sisa haid, atau karna kecapean yg sangat berlebihan karna dlm bulan ini sy sedang kuliah kerja nyata k luar kota, jd menguras tenaga dan fikiran saya. karna sbelumnya sya blm pernah mmpunyai flek coklat… apa pertanda kehamilan dok? mhon jawabanya terimakasih

    • saya yakin jawaban saya sama dengan jawaban dokter kandungan ibu, penyebab utama timbulnya flex tersebut adalah terkurasnya fisik ibu, dan jika dikatakan flex itu adalah sisa mens, sebenarnya itu adalah mens yang disebabkan luruhnya dinding rahim ibu sebelum waktunya

  29. Halo dok,,,saya ovie 22thun,,,,bru mnikh 4 bln,,,siklus haid saya tdk tratur,,,,sdh 2bln ini tdk haid,,,jdi saya konsul kdokter,,,dan diterapi hormon pke pil kb planotab,,,,dri awal tdk ada efek,,,ttpi sdh hmpir 2mnggu konsumsi,,,kmren dan hri ini kluar flek coklat dok,,,trs td mlm saya lp mnum pil kb,,,,jdinya pgi td kluar darah segar,,,,apa it darah mens dok,,,apaa saya berhentikn aj pil kb nya,,,soalnya tjuan dr terapi ini mank pngen haidnya jd trtr,ktemu msa subur,,,dan bisa program anak dok,,trmaksih

  30. Saya Imel 32 thn, ibu 1 anak. Tgl 19 Agust 12 saya haid dab seperti biasadimulai dgn flek, jadwal haid seminggu. Tgl 2 Sept 12 keluar flek coklat sedikit selama 3-4 hari. Tgl 4 Sept 12 sempat periksa ke spog, namundikatakan hanya gangguan hormonal dan di usg tidak ada apa2, kemudian saya diberikan obat pelancar haid, tapi tidak saya minum.
    Seharusnya tgl 19 saya sudah haid lagi, namun masih belum mendapatkan haid sampai siang ini. Apakah saya hamil dok? Trus siklus haid saya jadinya tanggal brapa ni dok, krn biasanya haid saya teratur 28 hari.karena baru pertama ini saya flek setelah haid bersih. Mohon masukannya, thanks

    • iya ibu imel, flek coklat yang keluar itu adalah akibat luruhnya dinding rahim ibu sendiri, biasanya disebabkan karena rendahnya hormon progesteron. Pemberian obat hormonal oleh dokter SpOG itu adalah untuk menormalkan kembali siklus menstruasi ibu. Jika ibu bertanya mengapa belum mendapakan haid lagi, itu karena siklus menstruasi ibu belum teratur sama sekali. Untuk bias memperjelas apakah ibu hamil atau tidak, ada baiknya ibu kontrol ulang lagi ke dokter SpOG ibu

      • Terima kasih penjelasannya dok, tapi boleh nanya lagi ya sebelum saya langsung ke dokter spog πŸ™‚
        apakah flek awal bulan itu termasuk haid dok? apa tidak ada kemungkinan saya hamil? klu usg terus2an apa tidak ada bahayanya dok, mohon dibantu dok

        • Flex itu sbenarnya tetap berasal dari luruhnya darah dari dinding rahim ibu sebelum waktunya, akibatnya, penebalan dinding rahim tidak berlangsung sempurna dan akibatnya lagi, pembuahan jadi sulit terjadi.
          Usg tidak akan menyebabkan efek samping ibu, πŸ™‚

  31. BGINI DOK,SAYA PENGGUNA KB IUD,SYA SMPAT 1BLN TDK HAID HANYA FLEK COKLAT AJ DAN ITUPUN HANYA SDKIT STLH BEBERAPA HARI FLEK COKLAT ITU BERUBAH MNJD HAID TP DG WARNA YANG HITAM,KIRA2 AP YG HRUS SYA LAKUKN?

  32. Dok saya berumur 21 Tahun dan Sudah menikah, Terakhir saya mendapat haid tanggal 30 July. pada 10 september saya sempat melakukan test pack dan hasilnya negatif. Setelah itu dari tanggal 11 september sampai sekarang keluar Hanya Sedikit bercak cokelat setiap harinya. padahal sebelumnya setiap haid tidak pernah keluar bercak cokelat selama ini. Siklus haid saya memang kadang tidak teratur, Apa ini Normal Dok ?Thanks.

  33. dok saya berumur 23 th , tanggal 21 july saya menstruasi , lalu bulan agustus saya tidak menstruasi , tanggal 24 agustus saya melakukan hubungan bdan pada saat melakukan hubungan badan , suami saya mengeluarkan spermanya di luar dok , sampai sekarang saya belum menstruasi , tetapi hnya flek coklat . sebelumnya siklus haid saya memang tidak teratur . apakah itu pertanda hamil dok ?? mohon informasi nya πŸ™‚

    • flek coklat itu bisa menjadi penanda hamil, namun kebanyakan, menstruasi itu bukan penanda hamil, justru petunjuk adanya variasi atau gangguan menstruasi. Untuk memastikan apakah ibu hamil atau tidak, bisa dicoba dengan tes urin (tes pack)

  34. Dok, saya 20 tahun. Terakhir saya menstruasi bulan juli. Dan sejak 2 minggu yang lalu selalu keluar flek coklat. awalnya saya mengira itu tanda mau mentruasi lagi. tetapi ternyata tidak mens malah setiap hari selalu mengeluarkan flek coklat seperti itu. tidak banyak. tapi selalu ada setiap hari. saya orang yang menjaga kebersihan diri saya sendiri. dan saya tidak merasakan nyeri atau sakit apapun saat flek itu keluar. kira-kira hal ini disebabkan apa ya? dan bagaimana cara agar saya mens lagi?

  35. dok saya mau tanya apakah jika seorang wanita sperti ngidam ttpi tidak mengalami muntah muntah kayak hamil apakah sang wanita itu hamil??

    • belum bisa bapak, syarat seseorang disebut positif hamil hanya jika ditemukan ada detak jantung janin dan hasil usg terlihat bentuk janin.. namun jika hanya ngidam dan muntah-muntah, kita hanya bisa sebatas menduga saja.

  36. Dok, usia saya 23th. Baru menikah . Bulan agstus kmren saya haid tgl 17 dan berhenti hingga benar2 bersih tgl 22, ketika itu saya blum menikah , tgl25, saya menikah . Bulan ini saya haid kembali tgl 13 sep , tgl21 hanya flek coklat , saya kira flek biasa akhir haid , ternyata flek tsb brlanjut hingga hari ini tgl 25, dan kembali haid normal yg lumayan byk . Mengingat selama ini haid saya teratur dr pertama kali haid saya, dan tdk pernah selama ini (haid saya biasanya 6-8hr ) saya sdikit takut terjadi apa 2 dok , mhon pnjelasan .. trimakasih .

    • Terima kasih buat pertanyaannya ibu, asal ibu tahu, keluhan yng ibu ceritakan ini sangat banyak dialami oleh para penganten baru. Namun jangan takut ibu, mudaha-mudahan itu hanya vsriasi menstruasi yg disebabkan faktor stress sja, namun jika keluhan ini masih terus berlangsung ada baiknya ibu memeriksakan diri ke SpOG

  37. Dok.
    Saya mau tanya.
    Pacar saya pada tgl 16 sept kemarin mens, lalu 1 minggu kemudian timbul flek coklat dok dan itu ada selama 3 ato 4 hari dok.
    gumpalannya tetap sedikit dok dr 3 ato 4 hari tersebut.
    pertanyaan saya, knp itu terjadi dok ?
    orang bilang itu tanda kehamilan ya dok ?
    krn pada bulan sebelumnya kita bersetubuh pada saat 1 minggu sebelum pacar saya mens dok. dan saya bersetubuh lagi pada tgl 20 kemarin dok.
    apakah pacar saya hamil dok ?

  38. dok saya mira 22 thun belum menikah,bulan kemarin saya haid tggl 27 agustus…dari kemarin saya hanyah mengeluarkan flek hitam….
    apa normal dok????

      • dok saya mau tanya..saya sdh pny anak 1 stlh itu ikut kb iud.stlh pk iud hmpr setiap hr keputihan,bening,seperti gel,bau amis.normal g dok?atau tdk cocok dg iud?lalu rwyt mens saya tdk teratur kdng 2-3bln sekali nah stlh memakai iud tetap tdk teratur.saya mens tgl 16sep eh tgl 1 okt saya udh mens lg.darahnya merah kehitaman dr hr pertama,menggumpal2 kecil.normal tdk dok?

          • Sm dr.spog nnti diperiksa apanya dok?cairan keputihannya?atau organ dalamnya?soalnya saya takut kalo2 nntinya tanda2 keganasan lg..

          • Oh iya dok,keputihannnya menjelang haid sama setelah haid..normal ga?kn katanya klo keputihan normal itu bening,g bau&g gatel..klo bening,amis,g gatel kategori normal g?maaf bnyk tnya y dok

          • Dok, umur saya 18 tahun. Tanggal 20-25 saya mens. Tp ko mulai dr sekitar tanggal 2 sampai hr ini tanggal 6 kaya ada gumpalan darah warnanya coklat agak kehitaman ya dok? Keluarnya sih sedikit2 aja. apa itu normal? Trs pas saya lg mens itu saya abis minum obat antibiotik. saya takut bgt dok. Ga tenang rasanyamohon balasannya ya dok. Thanks

          • Dok, umur saya 17th saya sdh menikah bulan septmber kmarin saya dapetnya tgl 11, bulan oktober saya telat sampai beberapa hari dok, dan sekitar tgl 15an bangun tidur saya ada flek coklat dan hbis mandi flek itu keluar lagi dok bersamaan darah tapi sedikit dok, saya jga mengalami tanda-tanda kehamilan seperti pusing ringan dan perubahan pada PD, saya belum melakukan tes urin, apa saya hamil dok???

          • tanda yang ibu sebutkn diatas tidak dapat digunakan sebagai tanda bahwa ibu hamil, cobalah untuk test pack terlebih dahulu

          • dok. kalau mens saya selalu diawali darah warna coklat/hitam, 2 hari kemudian baru muncul darah merah, apakah itu normal?

          • dok umur saya 21 tahun.tiga hari setelah haid selesai ,saya keluar bercak kecoklatan.ini knpa tya dok?karena saya baru pertama mengalami hal seperti ini.

  39. Siang dok, Saya Livia umur 21 dan sudah Menikah. sebenarnya bulan ini saya sudah telat haid sekitar 2-3 Minggu, dan hampir 1 minggu lebih saya selalu keluar bercak cokelat. setelah bercak coklat tersebut saya mens sekitar 2 Hari saja. saya pernah test pack waktu telat 1 minggu pertama dan hasil negatif, dan sampai sekarang saya belum test pack lagi. apakah ada kemungkinan saya hamil dok ? atau hanya gangguan waktu mens saja. terima kasih.

  40. Salam kenal dok, usia saya 34 th dgn 3 anak..sdh beberapa tahun ini haid saya sedikit jumlahnya. Hanya 1-2 hari kadang 3 hari yang banyak,lalu sisanya flek2 coklat sampai 5 hari namun setiap bulan saya mendapat haid dgn siklus maju/mundur. Pernah beberapa kali kejadian, saat setelah selesai haid 2 hari kemudian saya dan suami ml..setelah selesai berhubungan keluar flek coklat dari vagina saya dan pernah juga sat berhubungan saya lap vagina dgn kain putih ternyata kain bekas basuhnya berwarna bias coklat bukan bersih. Seperti ada darah dalam vagina saya. ; Yang ingin saya tanyakan :
    1. Normalkah keadaan haid saya yg sedikit itu? mengingat sebelumnya bahkan sebelum
    menikah haid saya tergolong banyak dan lama (4-5 hari banyak lalu 3 hari sedikit).
    2. Flek coklat yg keluar saat berhubungan intim itu apa dok..? mengingat saya sudah selesai
    haid sekitar 2 harian..
    Mohon bantuannya dok..terima kasih banyak sebelumnya πŸ™‚

  41. siang dok,,,sy ibu 1org anak umur 28 thn,tgl 12 smpai 20 haid lncar lusanya tgl 22 smpai 25 drh kluar sdikit2 truz tgl 28 kluar flek coklat & kpla trasa pusing & gampang kelelahan.apa yg trjadi dgn sy dok?

  42. siang dok,,,sy ibu 1org anak umur 28 thn,tgl 12 smpai 20 haid lncar lusanya tgl 22 smpai 25 drh lendir kluar sdikit2 truz tgl 28 kluar flek coklat & kpla trasa pusing & gampang kelelahan.apa yg trjadi dgn sy dok?

  43. selamat malam dok,
    usia saya 21 tahun dan sudah menikah kemarin saya dapet tgl 17 Agustus tapi baru tgl 28 September dapet nya dan itu bewarna cokelat.saya sudah test kehamilan beberapa kali dan ternyata hasil nya negatif.kira-kira apa masalah nya ya dok?

  44. Selamat pagi d0k..
    Saya mau tanya , td subuh saya mengeluarkan darah berwarna coklat , tetapi keluarnya sedikit-sedikit, kalau misalkan saya menstruasi belum pada waktunya. Terakhir saya menstruasi awal september, gejala apa ini d0k ? Apakah saya hamil ? Tapi saya belum pernah melakukan yang begituan. Saya juga masih 16 tahun. M0h0n penjelasannya d0k. Terimakasih πŸ™‚

  45. Dokter sya april umur 18
    ,sya uda trlmbat dtang 2blan ,,tppi sya blom prnah ngelakuin hubungan
    Tuh knapa ya dok???
    Akk tkut ,mhon cment.a dok

  46. Dok saya punya tante umurnya 27 dia udah 2 thun tapi blum pnya anak , terus byak yg nyaranin suruh minum pil kb biar cpet pya anak tpi minumnya selang seling ,
    stelah minum pil kb hasilnya ngga hamil tapi malah kalo mens jadi sebulan tiga kali .
    Gmana mnrut dokter , solusinya apa?
    Makash

    • itulah dian, kesalahan yang sangat sering dilakukan oleh orang-orang. pil kb itu tidak boleh dimakan sembarangan, karena jika asal konsumsi malah akan mengganggu siklus menstruasi seseorang, seperti yang terjadi pada tante anda. Solusinya adalah: segera ke dokter SpOG dan minta obat pengganti hormon untuk menormalkan kembali siklus menstruasi tante anda

  47. Mlm d0k. . Umur saya 16 thn d0k,bln kemarin saya melakukan sex,tapi saya datang haid.
    Tapi bulan skrg saya bl0m haid malah keluar flex kec0klatan.
    M0hon penjelasannya ea d0k.

  48. malam dok. saya berumur 19 tahun. saya pernah melakukan hubungan suami istri dengan pacar saya. terakhir saya mendapat mens yg dimulai tagl 1 dari bersih tgl 6, lalu sampai sekarang saya belum mens lagi dok. sudah seminggu ini ada flek hitam yg keluar dari (maaf) vagina saya.

    yang mau saya tanya, apa saya hamil dok ??
    atau flek hitam tersebut hanya tanda awal sebelum saya mens ?
    tapi sebelumnya tidak pernah ada flek hitam sebelum saya akan mens, seingat saya flek hitam itu ada saat saya akan selesai mens.

    apa saya hamil ya dok ?
    tapi setelah di coba pakai test pack hasilnya “Negatif”.

    tolong dijawab dok. terima kasih sebelumnya.

    .

    • pernahnya kapan? satu hari yang lalu, satu minggu yang lalu atau satu bulan yang lalu? tanda curiga hamil salah satuny adalah test pack negatif, jika belum positif berarti belum hamil, bisa jadi flex coklat itu disebabkan kelainan pada organ rahim, coba berobat dan hindari sex sebelum menikah untuk menjaga kesehatan rahim

  49. malam dok. saya berumur 19 tahun. saya pernah melakukan hubungan suami istri dengan pacar saya. terakhir saya mendapat mens yg dimulai tagl 1 dari bersih tgl 6, lalu sampai sekarang saya belum mens lagi dok. sudah seminggu ini ada flek hitam yg keluar dari (maaf) vagina saya.

    yang mau saya tanya, apa saya hamil dok ??
    atau flek hitam tersebut hanya tanda awal sebelum saya mens ?
    tapi sebelumnya tidak pernah ada flek hitam sebelum saya akan mens, seingat saya flek hitam itu ada saat saya akan selesai mens.

    apa saya hamil ya dok ?
    tapi setelah di coba pakai test pack hasilnya “Negatif”.

    tolong dijawab dok. terima kasih sebelumnya.

  50. Dok aku mo tnya istri saya telat haid 3minggu dia perna kluar mirip haid tapi itu cuma sdkit 1hr. puting nya jga trasa sakit telat haid 2minggu d testpack hasil negatif sudah tes 2x. Pdhal saya blum siap punya anak &saya mlkukan nya slalu pakai kondom dok. Apakah istri sy hamil/tdk y dok? Tlong sy y dok trmksh…

  51. dok ,umur saya 18thn lbih.
    saya mw tny ,bln kmren saya telat haid 2mggu lbih .
    trus skrang saya dtang hai 10 hri lbh awal .
    tpi bwarna coklat kemerahan dok .
    ap artinya ea dok .?

  52. dok mau tanya. . .
    saya berumur 19 tahun. dok saya kok mengeluarkan flek coklat pada bagian miss V saya ya dok?pdhl menurutku kalender saya..seharusnya saya mens tgl 12. tpi ni kok malah kluar flek flek coklat aj ya dok.
    tolong dijawab ya dok

  53. ketinggalan dok.kadang darah mensnya tdk sampai ke pembalut pas bak trus cebok br drh gumpalan yg keluar.itu mens normal ga dok?oh iya keputihannya ga gatal..mohon jwbnnya yg jelas y dok.mksh

  54. Dok saya mau tanya bulan kmaren saya abis melakukan tes hsg untuk program hamil. Nah bulan ini sdh masuk waktu mens tp kok yg keluar cuma flek coklat tua selama seminggu. Itu knp y dok?apa pengaruh tes hsg?

  55. doc,sya berumur 19 tahun.pada haid yg lepas,sya mengalami haid berwarna coklat lendir selama 4 hari.adakah itu period?sebelum ni saya mengalami period seprti biasa.tolong explain doc.thanks

  56. Dok, umur saya 18 tahun. Tanggal 20-25 saya mens. Tp ko mulai dr sekitar tanggal 2 sampai hr ini tanggal 6 kaya ada gumpalan darah warnanya coklat agak kehitaman ya dok? Keluarnya sih sedikit2 aja. apa itu normal? Trs pas saya lg mens itu saya abis minum obat antibiotik. saya takut bgt dok. Ga tenang rasanya πŸ™ mohon balasannya ya dok. Thanks

  57. Dok, umur saya 18 tahun. Tanggal 20-25 saya mens. Tp ko mulai dr sekitar tanggal 2 sampai hr ini tanggal 6 kaya ada gumpalan darah warnanya coklat agak kehitaman ya dok? Keluarnya sih sedikit2 aja. apa itu normal? Trs pas saya lg mens itu saya abis minum obat antibiotik. saya takut bgt dok. Ga tenang rasanya πŸ™ mohon balasannya ya dok. Thanks dok

  58. Selamat malam dok, sy eka 27th,, sy menikah tgl 8 september 2012 tp mlm pertama sy dtg buLan, LaLu di tgl 17 september sy berhubungan dgn suami sy, dan skrg tgl 2 oktober sy keluar flek berwarna ping, kemudian tgl 3 nya bersih, dan tgl 4 nya keluar flek lagi, dan sampai skrg bersih,yg jadi pertanyaan nya, ini flek pertanda apa ya dok? Apakah ini pertanda dtg bulan, atau hamil, krn biasa nya sy tdk pernah keluar flek sebelum tanggal dtg bulan sy setiap tgl 8. Mhn info nya dok, trimakasih

  59. pagi dok, sy ibu berusia 36 th knp di hari prtama smp hr ke lima haid sy tdk lancar hanya kluar flek coklat.baru kmudian di hri brikutnya lancar, itu brlangsung di stiap bln stlah sy mlahirkan anak k 2.apakah itu tanda2 sy sudah tidak subur lg dok,mngingat sy yg tdk brnah KB tp jarak khamilan sy jauh.dr anak prtama k anak k 2 6 th, dn skrg anak sy sdah 5th.tp sy blmm juga hamil lg pdhal saya sangat mngharap kan punya anak lagi.terimakasih dok..

    • tanda kesuburan itu ditandai dengan adanya menstruasi , selama ibu masih menstruasi berarti masih subur, mengenai flex coklat tersebut, mungkin ada gangguan pada dinding rahim sehingga darah yang keluar bukan darah segar hanya gumpalan darah hitam, tentu saja gangguan dinding rahim akan mengganggu menempelnya sel embrio ke dinding rahim sehingga kehamilan tidak terjadi, ada baiknya ibu konsul ke dokter kandungan untuk masalah ini

  60. malem dok,saya keluar flek sudah 15 hari…terakhir haid 30 Agustus 2012 keluar flek tgl 24 september 12. apakah ini termasuk haid?tapi cm flek kalaupun ada darah cuma sedikit..dan ini baru terjadi sekarang.saya sudah mengalami partus 2x..saya takut da apa2 apakah perlu USG?terima kasih

  61. Malam Dok, Saya berumur 42 th. Beberapa tahun belakangan ini haid saya sepertinya tidak lancar. Setiap bulannya maju 2 hari atau 3 hari. Pada hari pertama hingga hari ke 4 hai saya hanya berupa flek coklat atau hitam, dan pada hari ke 5 baru ada darah., itupun hanya satu hari hanya pada hari ke 6 dan ke 7 flek lagi. Saya sudah pernah usg, tp tidakatidak ada apa-apa. yang ingin saya tanyakan mengapa haid saya begini. saya takut kalau ini suatu gejala penyakit. Mohon keterangannya ya Dok ! Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    • kemungkinan besar adalah gangguan hormon ibu, karena gangguan hormon sangat berpengaruh sekali. ibu menggunakan obat kb?

  62. Dok, umur saya 24 th belum menikah. Akhir-akhir ini setiap saya haid darah yg keluar cuma sedikit warna nya jg kecoklatan. Siklus menstruasi saya juga berubah-ubah. Kadang bisa maju 2 hari atw mlah mundur dua hari dr bulan sebelumnya. Beberapa bulan terakhir saya memang mengganti pembalut dgn yang herbal. Apa itu normal dok ?
    Sebenarnya normal nya menstruasi itu darah yg dikeluarkan berwarna apa & banyak nya darah yg keluar itu seberapa dok?
    Mohon jawabannya,,

  63. Dok, boleh tanya? aku berumur 19taun dan belum nikah, setiap saya mau menstruasi selalu keluar darah kecoklatan gitu selama 4-5hari.. apakah itu bahaya dok?

  64. dok saya mau bertanya.. umur saya 21 thn, saya sudah menikah,, sebelum saya menikah haid saya lancar dan tidak pernah merasakan sakit di perut, tetapi kenapa sesudah menikah saya merasakan sakit diperut,,?? dan kenapa setiap selesai haid , 4-5 hari berikut nya saya haid kembali tetapi darah nya bercampur lendir,,

  65. dok, mau tanya…mama saya usianya sudah 45 tahun, tapi sekarang ini beliau menstruasi selama 3 hari dengan darah segar yang masih sangat banyak, seperti usia dewasa awal. dan disertai pengeluaran daging bau busuk dan pusing yang sangat, itu bagaimana dok?apakah bahaya?apakah tanda mioma atau kista atau apa?, terimakasih…

  66. Salam kenal dok,
    Sya senang bisa iktn share d situs ini
    Usia sya 24 tahun dn bru menikah bulan juni kmrin, sebelum mnikah siklus haid sya lancar2 saja. Buln juli dan agustus jga lancar2 sja wlw tgl ny trkadang maju 2-4 hrian. Namun pda bulan september sya haid dari tgl 5-11 dn tgl 28 septmbr – 3 oktober sya haid lgi. Tpi tidk sprti darah haid biasax dok, darahx berupa lendir2 merah2 kecoklatan gtu dok, dan keluarnya sdikit2 tpi sya tetap sring gnti pembalut krna mrsa tidk nyaman. Tdk biasax sya haid 2x dlm sbulan.. memang pda saat ini pkiran sya lgi stres krna ad bbrpa masalh yg mngganggu pkiran sya, stelah brhenti haid tgl 3 oktober trsebut sya mlakukan hbungn intim pda msa2 subur sya, nah akhir2 in sy sering mrsa pusink,ludah terasa pahit,mual muntah2 dpgi hari, dn pinggang sya terasa pegal n sktr 3 mlm in klo mw tidur. Perut sya terasa kembung sprti msuk angin dn suhu bdan sya mningkt sudh 1 mgu in dok..
    Yng ingin sya tnyakan:
    1. Mengapa haid sya tba2 tidk tratur gt dok? Apakah brbahaya krna ad informsi mngganggu ksuburan dan susah hamil
    2. Brapa hri qt dpt mngetahui hamil atw tidk setelh brhubungn intim dok?
    3. Apakah saya hamil dok? Krna sya mrsakan sprti gejala hamil? Karna pda tgl 12 oktober kmrn sya cba tespeck hsilx negatif dok?
    Ada apa dengan sya dok? Mhon penjelasanx dok, trimakasih dok☺

    • ibu lina msih tinggal serumah dgn mertua ibu? seberapa sering ibu merasa dongkol, kesal beberapa bulan ini?

      • Makash dok sblumx,
        Alhamdulillah sya tidk tgl dngn ibu martua dok, sya tgl br2 dgn suami sya β™ˆΖ lgi dinas jauh dluar kota dok,
        Sya mw k dokter untk USG tpi dtempat sya agk terpencil dok jdi blm bs k dokter,,
        Hnya trkdang Βͺβˆ‚aΜ…Μ² mslah2 sdikit dngn suami sy dn sdkit2 mnyangkut martua sya jga.. Tpi sy udh brusha utk tdk trlalu mmikirkn dok..
        Jdi mnurut dokter bgmn keadaan sya?
        Oia sya jga sering bgt buang air kecil, smpe capek bolak-balik wc baik siang ataupun malam. Sebelumx tidk bgni dok…:)
        Mhon penjelasnx dok…
        Mkasih

        • iya ibu, menurut saya, penyakit ibu bukanlah dari gangguan rahim, namun lebih beratdisebabkan karena pengaruh psikologis yang banyak dialami oleh pengantin muda seperti ibu. Walau ibu berkata tidak memikirkan hal yang menyangkut mertua, namun fisik ibu tidak bisa membohonginya, menstruasi tidak teratur, nyeri ulu hati, mual-mual dan sering BAK adalah gejalanya. Saran saya: Cobalah untuk ajak suami ibu untuk pindah rumah. namun, bukan berarti ibu harus memaksa suami untuk itu, namun jika suami menolak, ibu sabar saja ya.. jangan sampai ibu bertambah kesal karena itu justru nantinya akan memperberat fisik ibu

      • Oia Βͺβˆ‚aΜ…Μ² β™ˆΖ trlupa dok,
        Klo msalah sberapa sring sya mrsa jengkel sering bgt dok,, trkdang dalm 1 mgu bsa smpe 4-5 kali sya merasa tertekan… Tpi skrg2 udh sya usahakn cuekin az klo Βͺβˆ‚aΜ…Μ² β™ˆΖ mngganggu pkiran sya…
        Makash dok..
        Smoga pertnyaan sya bs dokter jelaskn..

      • Bgtu ya dok, makasih atas masukanx dok..
        Jdi β™ˆΖ sya alami bkn gejala2 hamil ya, pdhal sy brhrap hamil dok…
        Dn jga Βͺβˆ‚aΜ…Μ² β™ˆΖ mngatakan kena kista krna haid tdk lancar, sy jdi takut dok..
        Jdi bgmna dngn gejala2 β™ˆΖ sya alami mirip org β™ˆΖ hamil dok..??
        Stu lgi prtnyaan sya dok: jdi haid sya β™ˆΖ k2. Dalm 1 bulan itu memang benaran siklus haid yaa dok? Wlaupn volume darahx tidak sperti sya haid biasax dan bentuk darahnya juga berbeda….
        Makasih dokter

        • sangat sulit menentukan siklus menstruasi ibu yang sedang kacau, namun siklus menstruasi yang normal adalah siklus menstruasi yang sesuai dengan tanggalan selama ini, selebihnya adalah gangguan siklus, mengenai kista, biasanya gangguan ini tidak disebabkan oleh kista, namun jika dibiarkan bisa menimbulkan kista

      • Halo dok,
        Mngenai keluhan sya sebelumx, sya coba tespek hasilx positif dokter,
        Muncul 2 garis, garis merah terang dan wrna pink, sya tespeck 2 kali hasilx ttap sama… Bukankh sya hamil dok????
        Kira2 brpa usia kehamilan sya yaa dok…???
        sya bingung menghtung usia kehamilan sya, kira2 siklus haid yg mna jadi patokan dok… Soalx 2 x dlm 1 bulan…
        Soalx sya blum k dokter…
        Mohon bntuanx, makasih dok:)

        • wahh… selamat yaa.. sudah jadi calon ibu niihhh… oke.. ibu, apa yang ibu rasakan itu sebenarnya adalah salah satu tanda bahwa ibu hamil!!
          mengenai usai kehamilan, patokannya ibu ambil tanggal siklus haid yang normal biasanya tanggal berapa, biasanya itulah mens sebenarnya, selanjutnya adalah ibu sbaiknya berobat ke dokter kandungan atau SpOG untuk USG, biasanya dokter mempunyai taksiran usia kehamilan tersendiri, namun terserah pada ibu. USG biasanya dilakukan pada bulan pertama, bulan ketiga dan ketujuh kehamilan

    • ;)Ζ—Ζ—eΜ…Μ²eΜ…Μ²eΜ…Μ²eΜ…Μ² alhamdulillah dok…
      Ktax bidan sktr 7 mingguan usia khamilanx..
      Bln depn sy bru USg.
      Oia dok kira2 brpa kali htungn untk USG nya…?? Dan untk usia 7 minggu calon bayi sya sudh sperti ˚°ãΒͺΒͺΒͺΞ‘PāΒͺΒͺΒͺ˚° dok?
      Sya jga mw tnya usia brpa yg aman untk brhbungn suami istri dok…?
      Makash sebelumx?

      • biasanya ketika kontrol pertama untuk melihat apakah posisi kehamilan benar di dalam dinding rahim atau tidak, soalnya ditakutkan kehamilan bukan di dinding rahim namun di saluran ovarium atau tempat lain (kehamilan ektopik)
        USG kedua pada bulan ke-empat kehamilan untuk melihat apakah pertumbuhan tangan, kaki, jari2 tangan bibir, dinding perut semua baik-baik saja atau tidak ada cacat

        USG ketiga pada bulan ke-tujuh atau awal bulan ke-delapan kehamilan untuk menentukan taksiran kelahiran bayi dan untuk melihat ukuran bayi serta posisi bayi (benar atau sungsang), tujuannya untuk melihat apakah bayi bisa lahir secara normal atau harus operasi (sectio secaria)

        cara hubungan yang baik adalah tunggu hingga kehamilan masuk bulan ke-empat, selama itu baiknya hindari dulu, setelah itu boleh melakukan hubungan lagi tapi sebaiknya istri berada di atas, boleh posisi lain dengan syarat tidak menekan perut/janin

  67. dok
    saia mau tanya

    umur saia 19 tahun
    bulan september kemarin saia mens pada tanggal 12 sept’12
    pda bulan ini tepat’y tgal 10 okt, mlm hari keluar flek coklat, saia pakai deh panty liner
    bsok pagi’y malah bersih tanpa setitik noda pun

    bsok siang’y tgl 11 okt keluar lagi flek tsb.ak pakai softek deh
    malam’y gk ad flek

    tgal 12 okt pun bgtu juga

    pda tgal 13 okt, tidak ad flek lagi yg muncul smpe hr nii tgl 15 okt
    kenapa ya dok?
    apakah saia ada kelainan atau penyakit?

    trima kasih
    πŸ™‚

  68. Bulan september kemarin saya haid tgl 13.sehari setelah haid,saya berhubungan dengan suami saya.
    Tgl 11 oktober ini keluar darah tapi cuma 2 hari,itu pertanda apa dok?apa ada pengaruhnya karena sebelum tgl 11 itu saya sakit?

  69. Malem dok,
    tgl 5 kmarin saya mens hingga tgl 11,karna saya pikir sudah sembuh dan tidak ada flek,maka tgl 13 saya berhubungan suami istri,tapi paginya ada flek di celana,hingga hari ini tgl 15,warnanya kehitaman kadang merah marun,apakah itu normal darah haid yg blm bersih atau apa?terimakasih dok..

  70. Salam kenal dokter..
    2hari setelah menstruasi saya melakukan hubungan suami istri,tapi paginya saya mendapati flek dicelana saya,hingga 3hari,apa itu bahaya dok?

  71. asslmualaikm dok, saya wanita berumur 21thn, saya punya keluhan pada kebiasaan menstruasi yg aneh dan sering saya alami.menginjak umur 20th. mens saya mnjadi tidak seperti biasanya,kadang saya bisa mens 2 kali dlm sebulan. kemarin sharusnya secara normal mens saya sudah bersih atau selesai karna tidak ada lg flek atw sisa menstruasi. tapi hr ini keluar lagi darah segar berwarna agak pink tidak terlalu banyak..tpi sngat mengganggu. bln ini saya mulai mens tggl 6 okt dan smpai sekarang belum bersih atau selesai juga. yang ingin saya tanyakan sebenarnya apa yg terjadi dengan menstruasi yg saya alami? kenapa mnstruasi yg semula telah bersih kembali mengeluarkan cairan darah yg tidak terlalu bnyak ini dok. terima kasih.

    • ada baiknya lia coba berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan, ditakutkan ada gangguan di dalam peranakan lia, jika tidak ditemukan, maka penyebabnya bisa jadi adalah gangguan hormonal dan biasanya dokter akan memberikan obat hormonal

  72. Dokter, saya mau tanya umur saya 16th bulan ini saya sdh mens tgl 2-6 okt tapi tgl 15 sampe hari ini tiba2 saya mengeluarkan flek coklat sedikit sekitar 1-3 tetes itu kenapa ya dok?
    Soalnya setelah haid saya mengocok mr.P milik pacar saya dan spermanya menempel di tangan saya lalu beberapa menit kemudian saya cuci dgn air, sampai rumah saya cuci dgn air & sabun kemudian saya membersihkan miss V saya .
    apakah saya hamil dok? Tolong dijawab, saya sangat resah

  73. Assalammualaikum dok,umur saya 32 thn dan sudah punya 2org putri. sep 2021 haid tgl 4s/d 11.2hari kemudian saya berhub dgn suami tanpa pengaman.( cm 1x yg tanpa pengaman) oct 2012 saya haid tgl 1 s/d 7. sesudah nya saya ada melakukan hub dgn suami,pd tgl 16 oct saya haid lg, saat pertama agk kecoklatan dan malam nya merah.sebelum nya saya haid hanya 1x dlm sebulan.2hari sblum nya saya mengalami gejala seperti akn dtang haid sprt biasa nya. 2bulan terakhir ini saya byk beban pikiran bahkan saya merasa stres,maag saya kambuh dan sering mual. yg ingin saya tanyakan : apakah itu tanda saya hamil lg?suami saya pakai kondom .
    atau itu gejala suatu penyakit?
    terimakasih dok

    • untuk memastikan ibu hamil atau tidak, ibu sebaiknya melakukan pemeriksaan usg. Jika dari hasil usg tidak ditemukan adanya janin hidup berarti ibu tidak hamil. Jika ditemukan adanya benjolan, bisa jadi penyebabnya adalah kista, namun jika tdak ditemukan kelainan apapun berarti penyebabnya adalah faktor psikologis

  74. dok,umur aku 22 tahun aku mau tanya mens aku kan ga teratur ya kadang 2 bulan sekali kadang 1 bulan sekali tp sekalinya saya haid pasti cuma sebentar..nah saat ini saya cuma flek2 aja udah 3 hari tp mengapa blm haid juga ya dok…apa ada masalah atau tidak ya…

  75. dok…saya mau tanya,,,bulan september kemarin saya lupa mensya tgl berapa,,,,,,,,kira kira sekitar 3 mguu lah,,,dan kayaknya bulan oktober ini waktunya mens pada minggu awal bulan,,tapi kenyataan ya cuma keluar flek 3 hari aj berwarna coklat…..ketika ada flek…..kami melakukan hub suami istri,,dan sperma nya dibuang di dalam,,,,yg saya mau tanyakan ,apakh bisa hamil dok,,,kalau
    berhubungan suami istri ketika keluar flek,,,mhn jawbnya ya dok,,,trimaksih

    fiennna,,,

  76. Dok,,saya 22 tahun, sudah menikah dan sudah mempunyai seorang putri (15 bulan)…
    setelah melahirkan saya menggunakan KB Suntik 1 bulan pada September 2011,,rutin setiap bulannya saya suntik KB,,tp Suntikan ke 7(Bulan Maret 2012) Bidannya salah suntik,,yang harusnya KB 1 Bulan jd KB 3 Bulan & selama 3 bulan itu saya tidak haid,,lalu saya lanjutkan KB 1 bulan lagi di bulan Juni,,memang setiap bulan masih tetap haid,,tp keluarnya hanya flek coklat saja..dan biasanya saya haid 6-7 hari tp beberapa bulan ini kadang hanya 4hr,kadang 3hr,,bulan ini baru 1 hr flek besok pgnya sudah tidak keluar lg…& setiap haid perutnya nyeri

    cara mengatasinya gimana y dok??
    terimakasih..

    • penyebab gangguan ibu karena ibu menggonta-ganti jenis KB suntik, padahal yang disuntikan tersebut adalah hormon. Zat hormon berfungsi menekan siklus menstruasi normal. Gejala yang ibu alami disebabkan karena kekacauan hormon dalam tubuh ibu, ada baiknya ibu konsul ke dokter kandungan untuk menormalkan kembali siklus mens ibu

  77. Dok sya vitri usia sya 22 thn,sya mw tnya dok,sya hmil bru 2 bln,tp stlh 2 bln lwt beberapa hri kq tiba2 sya mengeluarkan noda coklat,awal’y emg sdkt,tp skrg mengalir trs,itu di sebab kan karena pa yh dok,mhn bntuan’y.trims

  78. siang dok….umur saya 21 tahun.tiga hari setelah selesai haid,saya keluar bercak kecoklatan.sebenarnya apa yang terjadi dok?karena saya baru mangalami hal ini sekarang.

  79. dokter, umur sy 21 udh nikah. bulan kmrn sy haid tnggl 13, bulan ini haid tnggl 20. tp yg sy heran mengapa cm sedikit sekali keluarnya, warnanya jg coklat kehitam-hitaman. saat keluar darah haid tersebut perut bagian bawah terasa nyeri. kira-kira ada apa ya dokter? mohon penjelasannya. terimakasih.

  80. dokter, umur saya 21 sdh menikah. bulan september sy haid tnggl 13. dulan ini menjelang tnggl 13 sy merasa ada tanda-tanda akan haid, tp smpai tnggl 13 sy blm haid, dan baru haid tnggl 20 kmrn. tp yg saya heran, mngapa darah haidnya cm sedikit dan berwarna coklat kehitam-hitaman, perut bagian bwah jg nyeri. apakah itu tanda-tanda kalau saya hamil? tapi kalau saya memang hamil mngapa pada saat pagi tnggl 20 (haidnya siang) saya tes urin cm muncul satu garis? kira-kira apa yang terjadi pada saya dokter? mohon penjelasannya, terima kasih.

  81. Dok….saya mahasiswa (20 tahun) bulan ini saya telat mens biasanya tanggal 17 atau 18 mens tapi sampai hari ini blm mens juga (baru kali ini saya telat mens)….nah pada tgl 22 keluar flek coklat tapi tidak disertai darah…apa itu normal dok?flek keluar disertai sedikit sakit perut…………..

  82. dok, saya haid seperti biasa tiap tanggal 14 n selesai tgl 20, tdnya udah seharian bersih, eh pasa besok pagi nya tgl 21 ada bercak coklat n kenyal seperti keputihan, siang n sore ga ada, malam nya ada lg, dr pagi tgl 22 ampe siang n sore ada terus tp sedikit sedikit. ini kenapa ya Dok ?
    Biasanya klo tgl 20 udah bersih ntar ga ada lagi, paling stlh seminggu selesai haid baru ada keputihan lagi….
    Bisa juga krn kecapean ga sich Dok, soalnya skr saya ga ada pembantu n mengurus 2 anak yg masih batita…

  83. dok, sy mau nanya, bulan kmrin sy haid lancar dok, tp bulan ini haid sy warna coklat smpai 4 hari, jadi sy mngalami apa ya dok. tlong jlskn dok. thanks.

  84. Dok, saya mau tanya.. Umur saya menjelang 20 tahun dan belum menikah juga belum pernah melakukan hubungan intim.. tanggal 27 september- 7 oktober 2012 saya mengalami haid.. 2 hari setelah bersih, saya mendapatkan bercak coklat makin lama makin pekat warnanya dan banyak, di sertai gumpalan-gumpalan berwarna coklat agak hitam sampai hari ini belum hilang juga.. Sebelumnya saya juga pernah mengalami ini sewaktu kelas 3 SMA,kejadiannya sampai 1 bulan lebih.. sempat periksa dan kata dokter hanya karna saya stress.. Bagaimana dok cara menanganinya agar ini tidak terjadi terus? ini sangat mengganggu aktivitas saya.. padahal saya merasa tidak terlalu stress saat ini..

  85. assalamu’alaikum….
    page dok, saya ika berumur 24 th, sudah menikah bulan november 2011. pd awalny qt berencana blm memiliki anak langsung, jd kami berhubngan suami istri baru maret. sdngkn sejak bulan november smpe februari. ika sakit gejala typus n cacar. siklus mens teratur tiap tgl 18. kami sll berhubngan suami istri d tgl 3-9 yg ud d tentukan sm bidan… phi smpe bulan september haid terlambat 3 hr, trnyta msh negatif . kmdian ika konsul dokter suruh minum obt penyubur yg d minum hr k 5 haid. kmdian ika berhubngan dr tgl 29-10. n trnyata ika keluar coklat banyak pd tgl 21 , n ckrg ud bersih, paz msh kluar coklat aq test trnyta msh negatif… ika sedih…. belum bs ksih cucu buat mertua. apa ada cara lain dok? mksih wassalamu’alaikum

    • waalaikum salam ibu ika.. sabar-sabar saja yaa.. karena semuanya biasanya atas kehendak tuhan juga, dan banyak cara untuk bisa hamil kok bu, apalagi usia ibu masih muda, jangan takut dulu. yang penting ibu tetap sabar, rajin berobat ke dokter penyakit kandungan karena banyak sekali yang harus diperiksa untuk mengetahui penyebabnya

  86. banyak yg hrz d periksakan kandunganny? mksdny dok? kmrin d usg dokterny cuma blg kosong. gtyu aj…. dperiksakan apany? mksih ….. blsanny

      • maaph dok, kami bukan dr kluarga mampu, jd kami blm prnh periksa lbh lanjut. ap mnrt dokter dr crita ika ad gangguan sm rahim ika? mksih

        • itulah masalahnya ika, apa yang ika jelaskan itu adalah kumpulan gejala, bukan penyebabnya, untuk mengetahui penyebabnya, perlu dilakukan pemeriksaan penunjang sperti usg, periksa darah dan cek sperma, tindakan selanjutnya sangat tergantung dari hasil pemeriksaan penunjang tersebut, terima kasih

        • itulah masalahnya ika, apa yang ika jelaskan itu adalah kumpulan gejala, bukan penyebabnya, untuk mengetahui penyebabnya, perlu dilakukan pemeriksaan penunjang sperti usg, periksa darah dan cek sperma, tindakan selanjutnya sangat tergantung dari hasil pemeriksaan penunjang tersebut, terima kasih

  87. Dok, Umur sy 25 thn, Bulan kemarin sy dpt mens tgl 24 sept & mensx sdh berhnti tgl 29 sept. lalu sy brhbngan bdan dgn suami sy stelahnya. lalu tgl 22 okt lalu keluar flek yg berwarna kecoklatan itupun keluarx hanya sedikit2. awalx sy mengira akan haid tp smpai hari ini yg keluar hanya flek coklat dan tidak ada tanda2 yg sama pd saat sy haid. Mohon penjelasannya. Thanks

  88. Pagi dok..
    umur saya 31, siklus haid saya 2 bln terakhir tdk teratur dok. tgl 5 okt kmrn saya haid dan berhenti tgl 10. dan pd tgl 11 saya berhub badan dgn suami. tgl 15 sampai dgn 24 saya ada flek coklat sedikit2 dan tidak berbau.
    tgl 26 saya berhub lg dgn suami tapi malamnya flek coklat itu muncul lagi hingga pagi ini.
    apakah yg saya alami ini normal ato mmg ada masalah pd rahim saya dok?
    Terimakasih..

  89. Dok… Saya mau nanya … Knp menstruasi saya tidak terartur ya ..kdg sampe 3 bln tdk mentruasi … Apakah itu termaksud normal ? Dan belakangan ini saya sering mengeluarkan flex2 coklat kdg ada darah nya sedikit … Ini karna faktor apa ya … Tlng dijwb ya tq

  90. dok, usia saya 20 tahun. siklus menstruasi saya biasanya teratur, selalu haid tiap bulannya. bulan ini pun sudah ada tanda2 akan menstruasi. kira-kira 3 hari yang lalu keluar darah, tapi hanya sedikit sekali dan hanya sehari. setelah itu tidak keluar lagi sampai sekarang. namun tanda2 akan menstruasi tetap ada (napsu makan,payudara mengencang, dsb) karena memang seharusnya saya tanggal segini haid dok. namun sekarang yang keluar hanya seperti keputihan dok. apakah ini ada hubungannya dengan kondisi psikologis saya yang sedang stress karena sedang menghadapi ujian, atau konsumsi obat2an (saya baru sembuh dari sakit sebelumnya diberi obat minum berupa antibiotik dan obat lainnya oleh dokter) apakah saya harus memeriksakan lebih lanjut dok? terimakasih

  91. tapi dok kemungkinan apa yang bisa terjadi karena mens saya cuma satu hari itu dok? apa hanya variasi menstruasi aja? soalnya saya takut ada penyakit dok.. makasih

  92. dok sy mw tax, umur sy 22 udh menikh hbis berhubungan intim setelah 3 hri vagina sy 4 hri mengeluarkn lendir kecoklatan,itu tndax knp dok

  93. dok,. saya berusia 30 th belum menikah,… siklus menstruasi saya biasanya teratur, selalu haid tiap bulannya. bulan ini mens saya aneh dok,.. hari pertama flek hari kedua keluar (tapi ngak sebanyak klo biasa saya mens) trus hari ketiga tinggal flek padahal biasanya saya mens 3 hari banyak dan 2 hari flek (awal dan akhir masa mens) dan knapa warnanya agak kecoklatan,..kenapa ya dok? terimakasih

  94. dok,anak saya berusia 12 tahun,baru haid saat bulan juni lalu.nah,biasanya kalau haid pertama-tama darah yang di keluarkan itu banyak,tapi kenapa darah yang di keluarkan sedikit?dan juga anak saya tidak mengalami dilep seperti orang2 biasanya.apa ada penyakit dok?

  95. Dok, kalau keluar flex coklat disertai nyeri di perut kiri bawah itu tanda apa dok? Apakah berbahaya? terimakasih dok

  96. sore dok, saya perempuan umur 22 thn saya sudah menikah 2 tahn .yang ingin saya tanya kan saya mengeluaRKAN PLEK KECOKLATAN 3 HARI INI,PADAHAL SAYA BARU HAID 18 HARI YANG LALU,APAKAH ADA KELAINAN ATAUKAH GEJALAH AWAL KEHAMILAN, TERIMAKASIH .

  97. Dok, usia saya 18 tahun, haid terakhir saya cuma 4 hari, dan sekarang belum juga haid dari tanggal biasa, tapi sudah berjerawat dan sakit perut lebih dari 1 minggu, beberapa hari yg lalu muncul seperti flek agak kental merah kecoklatan, itu kenapa ya dok? trims..

  98. sore dok, saya dinda usia saya 24thn saya sudh mnikah selama 1thn 6bln sebulan yang lalu bayi saya meninggal d dalam pada usia kndungan 5bln 2minggu, saya melahirkan secara normal juga mengalami kuret, baru-baru ini perut bagian bawh sebelh kanan terasa sakit dan sudh 2hari ini keuar flek coklat,apa itu normal, dan apakah rahim saya baik-baik saja?

  99. Saya berumur 46 th lebih 2 bulan, sudah menikah punya 2 anak dan tidak pernak KB dari awal sampai sekarang. Haid saya lancar +/- 6 hari tapi 1 tahun ini tiap mau mens kepala selalu pusing seperti migren dan akan hilang setelah darah mens keluar. Bulan September sy mens tapi sedikit sekali tiap hari hanya nampak bercak2 merah muda. October mens 2 kali periode pertama tkl 3 oct keluar hanya siang hari selama 6 hari kl malam bersih tapi warnanya merah biasa. eriode ke 2 tl 25 Oct kuantitas lebih banyak warna merah normal malam kadang keluar kadang tidak.
    Yang jadi masalah, antara 2 periode mens tiap hari masih keluar sedikit2 kadang 2 hari bersih keluar lagi. Perut tidak sakit vagina tidak gatal tidak bau dan yg keluar cairan terliat bening tapi kalau saya usap pakai tissue ada warna merah jambu.
    Mohon advise nya dok….apakah saya mau menopause
    Terima kasih

    • itu adalah salah satu gejala menopause bu, namun tidak menutup kemungiknan ada penyebab lain sehingga timbul gejala seperti itu, apalagi usia ibu sudah 46 tahun, gangguan lain sperti hipertensi, kolesterol ataupun kencing manis bisa menyebabkan gangguan nyeri pada kepala

      • Saya memang ada hipertensi 140/90 untuk kolesterol dan gula darah sewaktu normal.
        Untuk gejala menopause itu kira2 akan sampai berapa lama ya dok, dan apakah ada obat atau makanan untuk meniadakan flek2 merah muda atau untuk mencegah menopause dini.
        Terima kasih dokter..

        • ada banyak wanita yang berusia > 50 thn namun masih merasakan menstruasi normal, ibu. Kadang flek tersebut akan hilang dengan sendirinya tanpa prlu memakan obat atau makanan tertentu, untuk mencegah menopause sendiri, sebenarnya tidak ada cara untuk mencegahnya bu, karena menopause itu adalah tanda habisnya sel telur dalam tubuh ibu, manusia hanya bisa memanipulasi dan memperlambat saja agar sel telur tersebut tidak keluar dari dalam tubuh

  100. dok saya sarah usia saya 20 thn belum menikah dan belum pernah berhubungan badan,tetapi saya caffein addict ,tgl 28 okt 2012 kemarin saya merasa seperti haid tapi yang keluar hanya seperti flek cokelat, kemudian hari seninnya keluar darah tapi suma 1 hari kemudian hari selasa sampai skrg tidak keluar darah lagi selain flek cokelat , mohon infonya dok,soalnya biasanya haid saya normal.. terimakasoh

    • @sarah
      sebenarnya caffein tidak menyebabkan efek langsung terhadap menstruasi
      namun efek caffein yang mengakibatkan seseorang itu bisa terjaga selama berjam-jam kemungkinan besar mengganggu siklus hormonal yang normal di dalam tubuh, akibatnya siklus hormon feminin ibu menjadi kacau dan mens pun jadinya kacau

  101. Hallo dok, saya selly umur 19 thun. sekitar 2 bulan lebih saya sering mengalami kelainan seperti keluar darah haid trus hari kedua berubah menjadi wrna cklat kehitaman. di sertai rsa ingin BAK trus mnerus. apakah itu ada kelainan atau tdk dok? mohon di jwb. mksih…

  102. Saya rani 20 tahun blm menikah blm pernah ‘bgituan’, mau tanya kan bulan kmarin saya haid tgl 3-9 okt (siklus haid saya tidak teratur terutama ketika pikiran sedang stres) nah pas tgl 2 november malam, miss V saya mengeluarkan kecoklatan sedikit skitar 4 tetes tp cuma sampai tgl 3 siang, itu kenapa dok bahaya tidak? baru kali ini seperti itu, apa itu pertanda menstruasi atau yg lain dan bahaya tidak dok?
    mohon dibals trims dok sebelumnya,

    • Dokter sya mau tanya…sebelum nikah dulu haid sya memng gk teratur tpi setelah nikah haid sya teratur..
      Pada tgl 14-6-12—-19-6-12 sya dtg blan..
      Tpi blan berikut nya gk dtg bln saya fikir sya mengandung..bidan kampung bilang sya mengandung tpi dokter bilang sya gk mengandung.pada tgl 30-9-12—-4-10-12 sya dtg bulan tpi sedikit.bln dpan ya tgl 30-10-12—–3-11-12 sye dtg blan tpi coklat dan sangat sedikit…apa punca ya dokter…sya sudah buat usg gk ada apa2..tlong jwab dokter..tq

      • iya ibu mastiah, tidak ada ketemu apa-apa di usg karena memang tidak ada masalah pada rahim ibu, yang menjadi penyebabnya adalah masalah siklus hormonal ibu yang sedikit berubah, jika keluhan flek ini masih terus berlangsung hingga tiga siklus ada baiknya kontrol kembali ke dokter spog agar diberikan obat hormonal untuk memperlancar siklus haid ibu

      • Dokter apakah betol klo haid kita gk teratur itu penyebab utama kita susah dpt anak ya dokter????setahun lebih usia perkawinan sya tpi smpai skrg sya blom ada anak

  103. Dok..saya mau nny..saya umur 30 taun..pny 3org anak..biasanya mens saya teratur..tp abis mens uda lewat bbrapa ari slalu kluar flek kcoklatan sampe sminggu..abis fleknya uda bersih saya melakukan ml..paginya kluar flek lg..tp berselang shari n dikit..apa berbahaya ngk ?? N kadang kcapean kluar flek warna maroon pdhal blm waktunya mens..apakah berbahaya n apa penyebabnya..terima kasih

    • Dok saya berumur 24thn saya memang haid tidak pernah teratur tgl’na stiap bulan’na kadang2 awal bulan,bulan depan’na bisa pertengahan dan bln berikut’na bsa akhir bulan.. Dan skrg saya haid dari tgl 27oktober dan sampai skrg tgl 4november saya masih haid dengan masih mengeluarkan banyak darah sehingga 1 hari saya harus mengganti pembalut sebanyak 3kali..
      Dan saat awal mens saya memang sedang sakit dan mengonsumsi obat dokter lalu di hari k3 mens saya sempat terjatuh dr tangga kantor saya dlm keadaan duduk..
      Yg saya pertanyakan apakah wajar haid saya yg sudah berlangsung lebih dr 1minggu dan pendarahan’na pun jg msh banyak.. Thankz dok πŸ™‚

  104. permisi dok, saya 18 tahun menikah, suatu hari sy berhubungan tp tdk dikeluarkan di dalam dok.. stlh itu sy haid tp lebih cpt dari tgl sktr 5 hari, dan sudah 1 bulan saya tdk haid dan sy tdk berhubungan lg stlh yg terakhir, tapi semua tanda haid sdh muncul, tp bbrp hari yg lalu ada seperti darah merah kecoklatan agk kental ketika sy usap dgn tisu, sy memang sdg sibuk dan lelah & sdg minum obat paru2, apa itu gangguan hormonal atau kenapa dok?,,

    • sebaiknya jangan berhubungan seksual saat sedang mens karena saat itu vagina dan organ lainnya tidak siap menerima penetrasi dari luar walau suami ibu mengeluarkan cairan di luar, saat itu pertahanan tubuh daerah kemaluan ibu sedang lemah-lemahnya sehingga melakukan hubungan saat mens sangat rentan menimbulkan infeksi

  105. salam kenal dokter…
    Sy rivi umur 27 thn, ibu dr 1 anak. Sy pake pil kb, cm bln ini sy minumnya tidak teratur alias bolong2.. Nah, bbrp hr lalu sy hrsnya sudh haid, namun cm kluar darah bewarna pink, itu jg cm stengah hari slanjutnya bersiiiih.
    Sblmnya perut sy perih melilit,,
    Ehm, sy jd bingung dokt, itu td haid ato bkn yaa?
    Trims yaa dokter atas jwbnnya
    Salam

  106. saya kikh dok,saya ingin bertanya
    saya mens tgl 11 oktober nah pas tgl 1-4 keluar darah tapi dikit dikit dok,kenapa ya?

  107. dok mau tanya
    saya umur 21 tahun,, blm nikah,, dan tdk mngkonsumsi obat apapun. bulan ini saya men cm skitar 2-3 hr tapi cuma kluar warna coklat dan sedikit, apakah it men atau bukan dan knp?? sya pnh baca kl hnya kluar darah coklat itu brrti gumplan drah yg mmbeku,, itu knp bsa trjadi? dan apakah wrna coklat pada men sya itu krn drah haid bln lalu yg mmbeku atau gimna dok? knp bsa trjadi? trmaksh dok…

  108. Mlm dok, usia saya 22th. Awal bln okt saya ml dg pacar saya di hr ke 5 saya haid. Darah haid msh keluar tp tdk terlalu byk. Spermanya dia keluarkan di dlm vagina. Awal nov ini keluar flek hitam kemerahan tdk terlalu byk selama 3hr tp bkn haid. Krn stlh itu keputihan lumayan byk. Seharusnya saya haid awal bulan. Skr saya telat 3hr haid. Apakah sperma yg dikeluarkan dlm vagina saat haid bs menyebabkan kehamilan?. Trims.

  109. dok,saya ana umur saya 16 thn saya ingin nanya aku kan bulan kemaren mens tgl 10 oktober pas tgl 2-ampe skrng v saya mengeluarkan darah 3 teteh,kirain saya mw mens tau2 nya engga keluar darah banyak sebanyak biasa nya,aku takut kenapa ama rahimku
    itu kenapa ya dok?
    penyebab nya apa dok?
    maaf telalu banyak tanya dok,
    makasih sblm nya

  110. dok,saya ana umur saya 16 thn saya ingin nanya aku kan bulan kemaren mens tgl 10 oktober pas tgl 2-ampe skrng v saya mengeluarkan darah 3 tetes,kirain saya mw mens tau2 nya engga keluar darah banyak sebanyak biasa nya,aku takut kenapa ama rahimku
    itu kenapa ya dok?
    penyebab nya apa dok?
    maaf telalu banyak tanya dok,
    makasih sblm nya

  111. Siang dok, umur saya 22thn… Kemarin saya telat datang bulan hampir 3 minggu nah sekarang sudah hari ke 4 saya datang bulan, tp warnanya hitam pekat disertakan nyeri, mual, pusing.. Sebelumnya saya punya riwayat jatuh duduk yg menyebabkan vagina saya membekak (kista bartholyn), tp sudah diangkat, apa itu ada pengaruh kesitu atau bagaimana dok? Trims

  112. sore dok,saya mau tanya,2 minggu lalu saya selesai sklus haidnya cuman kemarin sore tiba2 muncul gumpalan darah berwarna coklat waktu saya buang air kecil,setelah itu saya pakai pembalut tapi tidak keluar apa2 cuman pas pipis saya bersihkan pakai tissue ada sedikit bercak coklat pada tissue tersebut.
    kenapa bisa seperti itu dok?
    umur saya 26 thn

    terima kasih dok

  113. Dok, saya ingin bertanya,
    Pada tanggal 13-14 saya berhubungan dengan istri saya.. Tanggal 16’nya istri saya mens, nah setelah mens, 2 hari kemudian keluar bercak. Puting’nya sekarang mulai melebar, tp tanda2 hamil seperti mual dan tambah gemuk tidak nampak, apakah ada kelainan pada istri saya? Umur’nya 25 thn. Thx dok

  114. malm dok, saya tanty, umur sya 20 dan saya sudah menikah. 2 bulan yang lalu saya baru lepas KB suntik. saya sebelumnya tidak pernah bermasalah dengan menstruasi namun sedikit lebih lama dari sebelum saya ikut program KB dok . bulan ini saya sudah menstruasi lebih dari 14 hari, dan ini ke 17 hari nya dok, darah yang keluar banyak sekali dan sepertinya darah segar. bagaimana menurut dokter soal ini ? saya khawatir mengenai ini. Badan saya terasa lemas sekali dok. mohon bantuannya dok. Terimakasih

    • iya ibu, itu adalah petunjuk bahwa terjadi gangguan hormonal pada tubuh ibu, selama ini ibu menggunakan obat suntik KB yang sebenarnya berfungsi mencegah haid, akibatnya saat kb suntik itu berhenti, maka tubuh tidak serta merta bisa merespon hilangnya hormon suntikan dari obat kb tersebut. Ada baiknya ibu segera berobat ke dokter kandungan untuk diberikan obat pengatur siklus mens lagi

  115. assalamualaikum..
    nama sy anis, usia sy 20th dok. blm menikah..
    bln januari kmrn sy periksa k dokter kandungan.krna tiap haid sperti mw pingsan rsa ny, sakit sekali. setelah d cek, hsil ny ad kista d ovarium sy. ukuran ny blm terlalu besar sih. kmudian dokter menawarkasn sy obat protyra , d konsumsi slama 90hari. tp kmdian d bln februari kista sy keluar, sy cek lg tryata kista hilang. haid ny sdkit skali dok bln februari. lalu sy tetap konsumsi obat itu smp skrg. bln ini tgl 8 keluar flek coklat, sy pkir itu hri prtama haid. krna memang skitar tgl sgtu sy haid. tp sy pkai pmbalut drah ny tdk keluar. tp cm flek coklat slma 2hri. kmudian tdk keluar lg. apakah itu berbahaya dok? sy bru mengalami prtama ini,,
    terimakasih..

  116. assalamualaikum..
    nama sy anis, usia sy 20th dok. blm menikah..
    bln januari kmrn sy periksa k dokter kandungan.krna tiap haid sperti mw pingsan rsa ny, sakit sekali. setelah d cek, hsil ny ad kista d ovarium sy. ukuran ny blm terlalu besar sih. kmudian dokter menawarkasn sy obat protyra , d konsumsi slama 90hari. tp kmdian d bln februari kista sy keluar, sy cek lg tryata kista hilang. haid ny sdkit skali dok bln februari. lalu sy tetap konsumsi obat itu smp skrg. bln ini tgl 8 keluar flek coklat, sy pkir itu hri prtama haid. krna memang skitar tgl sgtu sy haid. tp sy pkai pmbalut drah ny tdk keluar. tp cm flek coklat slma 2hri. kmudian tdk keluar lg. apakah itu berbahaya dok? sy bru mengalami prtama ini,,
    terimakasih..

  117. dok saya mens tgl 25 januari kemarin dan mens lg kok tgl 10 maret ya, sebelum 10 maret itu saya pernah melakukan testpack 2x dan hasilnya negatif terus, karena hasilnya negatif maka akhirnya tgl 9 maret malah suami saya mengajak berhubungan eh malah keesokan harinya langsung keluar mens dok, dan darahnya itu berwarna coklat, itu kenapa ya dok?????

  118. dok saya mens tgl 25 januari kemarin dan mens lg kok tgl 10 maret ya, sebelum 10 maret itu saya pernah melakukan testpack 2x dan hasilnya negatif terus, karena hasilnya negatif maka akhirnya tgl 9 maret malah suami saya mengajak berhubungan eh malah keesokan harinya langsung keluar mens dok, dan darahnya itu berwarna coklat, itu kenapa ya dok?????

  119. Dok selamat salam sejahtera,saya mengalami haid sedikit sekali dok.cm 2-3 tetes,dan warnanya pun coklat disertai lendir putih.setiap bulan siklusnya normal kok,dan setiap bulan (maaf) payudara saya sakit senut2 rasanya.umur saya 13 tahun dok,jadi pertanyaan saya itu menstruasi bukan ya dok..? Tolong Dijawab Dok.

  120. Dok selamat salam sejahtera,saya mengalami haid sedikit sekali dok.cm 2-3 tetes,dan warnanya pun coklat disertai lendir putih.setiap bulan siklusnya normal kok,dan setiap bulan (maaf) payudara saya sakit senut2 rasanya.umur saya 13 tahun dok,jadi pertanyaan saya itu menstruasi bukan ya dok..? Tolong Dijawab Dok.

  121. siang dok saya, mau nanya usia sy 29th dan sudah menikah hampir 9bln. sudah 14hr sy terlambat haid, sebelumnya siklus haid saya teratur 20hr. setelah kemaren mlm sy berhubungan dgn suami paginya sy keluar darah berwarna kehitaman tp ndak ada gumpalan seperti biasanya waktu haid.. darah tsb apakah darah haid ato tanda penempelan embrio dok. makasih

  122. siang dok saya, mau nanya usia sy 29th dan sudah menikah hampir 9bln. sudah 14hr sy terlambat haid, sebelumnya siklus haid saya teratur 20hr. setelah kemaren mlm sy berhubungan dgn suami paginya sy keluar darah berwarna kehitaman tp ndak ada gumpalan seperti biasanya waktu haid.. darah tsb apakah darah haid ato tanda penempelan embrio dok. makasih

  123. dok sya iin , umur sya 17thn .
    saya mau nanya dok , saya waktu mens biasanya sering telat atau malah cpet 2 – 3 hari
    tpi malah knp bulan ini sya blm mens2 ya ? yg ada keluar flek coklat yg sedikit , udh hmpir 2 minggu keluar flek coklat sprti ini
    apa itu gangguan dok ?

  124. dok sya iin , umur sya 17thn .
    saya mau nanya dok , saya waktu mens biasanya sering telat atau malah cpet 2 – 3 hari
    tpi malah knp bulan ini sya blm mens2 ya ? yg ada keluar flek coklat yg sedikit , udh hmpir 2 minggu keluar flek coklat sprti ini
    apa itu gangguan dok ?

  125. Dok, saya mau tanya.
    Sebelumnya, saya seorang ibu rumah tangga berusia 17 tahun, Memiliki anak yg baru berusia 2 bulan.saya menggunakan kb suntik 3 bulan sekali.
    Yang jadi pertanyaan saya, kenapa ya dok menstruasi saya sejak tanggal 19 maret lalu sampai hari ini juga tidak kunjung berhenti, dan juga darah yg di keluarkan banyak.
    Apa itu semacam gejala sesuatu atau dampak dari kb saya?
    Terima kasih Atas Jawaban dan informasi nya.

  126. Dok, saya mau tanya.
    Sebelumnya, saya seorang ibu rumah tangga berusia 17 tahun, Memiliki anak yg baru berusia 2 bulan.saya menggunakan kb suntik 3 bulan sekali.
    Yang jadi pertanyaan saya, kenapa ya dok menstruasi saya sejak tanggal 19 maret lalu sampai hari ini juga tidak kunjung berhenti, dan juga darah yg di keluarkan banyak.
    Apa itu semacam gejala sesuatu atau dampak dari kb saya?
    Terima kasih Atas Jawaban dan informasi nya.

  127. pagi dok, saya dian umur 26 thn dan baru menikah 1 bulan. sebelum menikah saya belum menstruasi sampai dengan sekarang. saya sudah tespack tpi hasilnya negatif. Apakah ada penyakit lain atau ini tanda hamil?

  128. pagi dok, saya dian umur 26 thn dan baru menikah 1 bulan. sebelum menikah saya belum menstruasi sampai dengan sekarang. saya sudah tespack tpi hasilnya negatif. Apakah ada penyakit lain atau ini tanda hamil?

  129. sore dok, bulan maret tanggal saya tidak dapat haid, bulan april tanggal 15 smp tgl 22 berenti trus tanggal 2 mei dtg lagi tp darahnya berwarna coklat tp tanggal 6 drhnya mulai keluar bayak, apakah ada pengaruh pada kandungan saya dok? trims atas jawbnnya

  130. sore dok, bulan maret tanggal saya tidak dapat haid, bulan april tanggal 15 smp tgl 22 berenti trus tanggal 2 mei dtg lagi tp darahnya berwarna coklat tp tanggal 6 drhnya mulai keluar bayak, apakah ada pengaruh pada kandungan saya dok? trims atas jawbnnya

  131. Dokter saya punya keluhan…sy haid tgl 27 april…tgl 12mei kemarin keluar lendir coklat selama 2 hr…
    Trus tgl 22 mei kemarin keluar lendir bening campur darah sedikit dok 1hari it aj…
    Ap it tanda2 hamil dokter?

  132. Dokter saya punya keluhan…sy haid tgl 27 april…tgl 12mei kemarin keluar lendir coklat selama 2 hr…
    Trus tgl 22 mei kemarin keluar lendir bening campur darah sedikit dok 1hari it aj…
    Ap it tanda2 hamil dokter?

  133. sore dok, saya nasya umur saya 19 thn, saya baru menikah februari lalu. haid saya biasanya datang tgl 4 atau tgl 8 di awal bulan, bulan mei kemarin saya berhubungan dengan suami tanggal 29 30 mei dok,setelah selesai berhubungan saya mengalami masalh buang air kecil, dimana saya sangat susah BAK ketika BAK vagina saya sakit sekali.. dan sudah 2 minggu ini saya belum haid, pada tanggal 4 juni saya meminum pil tuntas selama 2 hari berturut2 namun karena saya pikir meminum pil tersebut harus 3 hari berturut2 maka saya kembali meminum pil tersebut dari awal.. dan saya juga mengalami beser dong frekuensi BAk saaya sangat sering sekali. namun haid tak kunjung datang akhirnya saya memutuskan meminum kiranti selama 3 hari berturut turut dan lalu saya TP dan hasilnya 1 garis terang 1 garis sangat saamaar. saya cemas namun hari ini dari vagina keluar cairan coklat dok, apakah saya hamil atau hanya gangguan hormon yg menyebabkan saya telat menstruasi mohon jawabannya terimakasih

  134. sore dok, saya nasya umur saya 19 thn, saya baru menikah februari lalu. haid saya biasanya datang tgl 4 atau tgl 8 di awal bulan, bulan mei kemarin saya berhubungan dengan suami tanggal 29 30 mei dok,setelah selesai berhubungan saya mengalami masalh buang air kecil, dimana saya sangat susah BAK ketika BAK vagina saya sakit sekali.. dan sudah 2 minggu ini saya belum haid, pada tanggal 4 juni saya meminum pil tuntas selama 2 hari berturut2 namun karena saya pikir meminum pil tersebut harus 3 hari berturut2 maka saya kembali meminum pil tersebut dari awal.. dan saya juga mengalami beser dong frekuensi BAk saaya sangat sering sekali. namun haid tak kunjung datang akhirnya saya memutuskan meminum kiranti selama 3 hari berturut turut dan lalu saya TP dan hasilnya 1 garis terang 1 garis sangat saamaar. saya cemas namun hari ini dari vagina keluar cairan coklat dok, apakah saya hamil atau hanya gangguan hormon yg menyebabkan saya telat menstruasi mohon jawabannya terimakasih

  135. siang dok. sy dian umur 24th. sy sudah 4hr ini mengalami flek coklat dan terkadang seperti ada serat darah. 2bln sebelumnya sy menjalani diatermi krn menurut dr spog sy ada perlengketan ovarium. tetapi sebulan stlh terapi haid sy lancar. knpa stlh itu malah hanya flek ya dok? setahun sebelumnya sy pernah mengalami hal ini dan ternyata kandungan sy divonis BO. apakah kira2 sy akan keguguran lg dok?

  136. siang dok. sy dian umur 24th. sy sudah 4hr ini mengalami flek coklat dan terkadang seperti ada serat darah. 2bln sebelumnya sy menjalani diatermi krn menurut dr spog sy ada perlengketan ovarium. tetapi sebulan stlh terapi haid sy lancar. knpa stlh itu malah hanya flek ya dok? setahun sebelumnya sy pernah mengalami hal ini dan ternyata kandungan sy divonis BO. apakah kira2 sy akan keguguran lg dok?

  137. halo,dokter..
    saya mau bertanya saya sudah menikah dan berumur 24th
    bulan mei lalu saya haid sekitar tanggal 28 Mei, dan sampai sekarang ( 3 july ) belum haid jg saya sudah testpack dan hasilnya negatif , nah pagi ini saya keluar flek sedikit sekali dan sampe sore tidak keluar lagi
    adakah perubahan hormon , atau gejala kehamilan yah , ditunggu responsenya yah dok πŸ™‚ terima kasih

  138. halo,dokter..
    saya mau bertanya saya sudah menikah dan berumur 24th
    bulan mei lalu saya haid sekitar tanggal 28 Mei, dan sampai sekarang ( 3 july ) belum haid jg saya sudah testpack dan hasilnya negatif , nah pagi ini saya keluar flek sedikit sekali dan sampe sore tidak keluar lagi
    adakah perubahan hormon , atau gejala kehamilan yah , ditunggu responsenya yah dok πŸ™‚ terima kasih

  139. Saya sebenernya masih berumur 14thn. Saya sudah menstruasi sejak bulan April 2013 lalu. Bulan ini , saya menstruasi hanya dengan flek coklat. Dan 2bulan yang lalu saya seperti ini dok. Tapi,bulan kemarin saya mentruasi dengan normal. Kira-kira nih dok , kalau menstruasi cuman coklat gini aja berlalu berapa hari dok? Tolong jawabannya dok. Saya takuttt

  140. Saya sebenernya masih berumur 14thn. Saya sudah menstruasi sejak bulan April 2013 lalu. Bulan ini , saya menstruasi hanya dengan flek coklat. Dan 2bulan yang lalu saya seperti ini dok. Tapi,bulan kemarin saya mentruasi dengan normal. Kira-kira nih dok , kalau menstruasi cuman coklat gini aja berlalu berapa hari dok? Tolong jawabannya dok. Saya takuttt

  141. ass dok .
    saya berusia 19 tahunn , menstruasi sy minggu ini haru ke 6 masih mengeluarkan darahh , tp darah nnya berwarna kecoklatan , dan berbau . itu dlsudah terjadi di hari ke 5 dokk. biasanya tidak seperti ituu . saya takutt dokk .
    biasanya sy tidak mengeluarkan darah di hari ke 5 hanya flek coklat kemudian berhenti di hari 7.

    apakah normal dokk??
    sebelumnya bulan kemarnn sy mengkonsumsi obat maag , dan masih jika maag saya kambuhh , apakah berpengaruh terhadap menstruasi sy atau tidakk?

    mohon jawabannya dokk , trimakasih

  142. ass dok .
    saya berusia 19 tahunn , menstruasi sy minggu ini haru ke 6 masih mengeluarkan darahh , tp darah nnya berwarna kecoklatan , dan berbau . itu dlsudah terjadi di hari ke 5 dokk. biasanya tidak seperti ituu . saya takutt dokk .
    biasanya sy tidak mengeluarkan darah di hari ke 5 hanya flek coklat kemudian berhenti di hari 7.

    apakah normal dokk??
    sebelumnya bulan kemarnn sy mengkonsumsi obat maag , dan masih jika maag saya kambuhh , apakah berpengaruh terhadap menstruasi sy atau tidakk?

    mohon jawabannya dokk , trimakasih

  143. ass dok
    saya berusia 25thn saya sudah 5th menikah,pengen sekali punya anak tp sampai skr pun aq blm bisa punya anak… di karnakan menstruasi saya g normal mulai dari dulu saya mensnya g normal,klo periksa k dokter di kasih obat mens baru saya datang bulan tp klo g k dokter meskipun 5-6 bln saya g datang bulan,dulu meski 5-6 bln saya tidak mens setelah datang bulan darah saya banyak kayak darah mens normal tp sekarang kok 5 bln ini saya mens tp darahnya coklat sedikit lagi

    yang saya tanyakan bagaimana cara melancarkan menstruasi agar datangnya tiap bulan? trimakasih dok

  144. ass dok
    saya berusia 25thn saya sudah 5th menikah,pengen sekali punya anak tp sampai skr pun aq blm bisa punya anak… di karnakan menstruasi saya g normal mulai dari dulu saya mensnya g normal,klo periksa k dokter di kasih obat mens baru saya datang bulan tp klo g k dokter meskipun 5-6 bln saya g datang bulan,dulu meski 5-6 bln saya tidak mens setelah datang bulan darah saya banyak kayak darah mens normal tp sekarang kok 5 bln ini saya mens tp darahnya coklat sedikit lagi

    yang saya tanyakan bagaimana cara melancarkan menstruasi agar datangnya tiap bulan? trimakasih dok

  145. dok mao tanya saya waktu tanggal 29 kemarin mengluarkan kaya darah tapi warnanya coklat itu cumaa 1 hari saja..
    knapa ya dok sampe sekaang saya blum dapat juga padahal saya paling telat dapet tgl 29…
    tolong infonya ya dok..
    makasih

  146. dok mao tanya saya waktu tanggal 29 kemarin mengluarkan kaya darah tapi warnanya coklat itu cumaa 1 hari saja..
    knapa ya dok sampe sekaang saya blum dapat juga padahal saya paling telat dapet tgl 29…
    tolong infonya ya dok..
    makasih

  147. dok mau nnya umur 16thn aku dtg bulan tgl 1 juni tpi kok pas tgl 24juni itu aku flek smpe sekarang ini tpi pagi gak kluar siangan kluar itu kenapa ya dok

  148. dok mau nnya umur 16thn aku dtg bulan tgl 1 juni tpi kok pas tgl 24juni itu aku flek smpe sekarang ini tpi pagi gak kluar siangan kluar itu kenapa ya dok

  149. Dok, minggu lalu saya menstruasi, sudah sekitar 5 hari, terus kmaren keluar cairan putih,hr ini tiba2 cairan coklat, it kenapa ya dok,..??
    Mohon jawabannya….
    Terimakasih..

  150. Dok, minggu lalu saya menstruasi, sudah sekitar 5 hari, terus kmaren keluar cairan putih,hr ini tiba2 cairan coklat, it kenapa ya dok,..??
    Mohon jawabannya….
    Terimakasih..

  151. dok sya mau nanya nie…
    blan agustus kmrin saya mens tgl 18 sampai tgl 23.
    setelah head saya beres saya mlakukan hubungan dngan suami saya setelah 9hari berhubungan kluar plek2 coklat dan payudara terasa sakit dan membesar.
    yg saya herankan kho pleknya udda 12 hari ini msh kluar.
    apakah itu mens atau penyakit.dan atau pertanda hamil dok?

  152. dok sya mau nanya nie…
    blan agustus kmrin saya mens tgl 18 sampai tgl 23.
    setelah head saya beres saya mlakukan hubungan dngan suami saya setelah 9hari berhubungan kluar plek2 coklat dan payudara terasa sakit dan membesar.
    yg saya herankan kho pleknya udda 12 hari ini msh kluar.
    apakah itu mens atau penyakit.dan atau pertanda hamil dok?

  153. Dok, saya usia 23thn, sudah menikah, bulan juni 2013, saya haid normal Di awal bulan selama 1 minggu, saya minum pil telat dtg bulan Dan haid tgl 11 july sd tgl 19 july kemudian bulan agustus saya haid tgl 15agustus berwarna merah, kapasitasnya sedang selama 2 hari Dan setelahnya saya Hanya flek coklat kehitaman kdg sedikit seperti 1 sdm atau terkadang 2sd3 sdm setiap hari hingga sekarang tgl 17 september (berarti sudah sebulan) .. flek coklat berkepanjangan tersebut apakah kehamilan/penyakit/hormonal saja Dok, sekedar informasi saat ini saya sedang mengerjakan skripsi saya Dan BB saya 74 Dan tunggi saya 160 Dok.. terima kasih

  154. Dok, saya usia 23thn, sudah menikah, bulan juni 2013, saya haid normal Di awal bulan selama 1 minggu, saya minum pil telat dtg bulan Dan haid tgl 11 july sd tgl 19 july kemudian bulan agustus saya haid tgl 15agustus berwarna merah, kapasitasnya sedang selama 2 hari Dan setelahnya saya Hanya flek coklat kehitaman kdg sedikit seperti 1 sdm atau terkadang 2sd3 sdm setiap hari hingga sekarang tgl 17 september (berarti sudah sebulan) .. flek coklat berkepanjangan tersebut apakah kehamilan/penyakit/hormonal saja Dok, sekedar informasi saat ini saya sedang mengerjakan skripsi saya Dan BB saya 74 Dan tunggi saya 160 Dok.. terima kasih

  155. asslmualaikum. . dok saya rere. . saya mens tngl 29 septembr 2013 sampai 4 oktober. . tyuz tgl 16 oktober saya haid tp cma keluar darah warna coklat cma sedikit. . ni dah 3 hari tetep warna coklat darah y jga mcih sedikit terkadang jga mrasakan nyeri dibagian perut sebelh kiri. . apa saya sakit dok. . tlong dksih solusi dok. . mkchh

  156. asslmualaikum. . dok saya rere. . saya mens tngl 29 septembr 2013 sampai 4 oktober. . tyuz tgl 16 oktober saya haid tp cma keluar darah warna coklat cma sedikit. . ni dah 3 hari tetep warna coklat darah y jga mcih sedikit terkadang jga mrasakan nyeri dibagian perut sebelh kiri. . apa saya sakit dok. . tlong dksih solusi dok. . mkchh

  157. asslmualaikum. . dok saya rere. . usia saya 22thn. . blum menikah. . saya mens tngl 29 septembr 2013 sampai 4 oktober. . tyuz tgl 16 oktober saya haid tp cma keluar darah warna coklat cma sedikit. . ni dah 3 hari tetep warna coklat darah y jga mcih sedikit terkadang jga mrasakan nyeri dibagian perut sebelh kiri. . apa saya sakit dok. . tlong dksih solusi dok. . mkchh

  158. asslmualaikum. . dok saya rere. . usia saya 22thn. . blum menikah. . saya mens tngl 29 septembr 2013 sampai 4 oktober. . tyuz tgl 16 oktober saya haid tp cma keluar darah warna coklat cma sedikit. . ni dah 3 hari tetep warna coklat darah y jga mcih sedikit terkadang jga mrasakan nyeri dibagian perut sebelh kiri. . apa saya sakit dok. . tlong dksih solusi dok. . mkchh

  159. dok saya shofa 19 tahun. sebulan yang lalu saya mens dan bulan ini udh telat satu minggu. dari kemarin dari vagina saya malah keluar gumpalan coklat dan gk berbau darah itu apa ya? terus ada kelainan engga saya dok? terimakasih sebelumnya dok

  160. dok saya shofa 19 tahun. sebulan yang lalu saya mens dan bulan ini udh telat satu minggu. dari kemarin dari vagina saya malah keluar gumpalan coklat dan gk berbau darah itu apa ya? terus ada kelainan engga saya dok? terimakasih sebelumnya dok

  161. Dokter… sy Santi 31 th. Mens terakhir sy tgl.23 Sept 13
    sy sdh ke dktr kandungan dan + hamil ( anak ke 2 ) kmrn tgl. 10 Nop pagi bangun tidur ada bercak di celana sy berwarna coklat kehitaman dan pagi hari ini jg ketika sy mau buang air kecil pagi ada lg flek cair coklat kehitaman. Tolong dibantu solusi nya Doketr. Terima kasih.

  162. Dokter… sy Santi 31 th. Mens terakhir sy tgl.23 Sept 13
    sy sdh ke dktr kandungan dan + hamil ( anak ke 2 ) kmrn tgl. 10 Nop pagi bangun tidur ada bercak di celana sy berwarna coklat kehitaman dan pagi hari ini jg ketika sy mau buang air kecil pagi ada lg flek cair coklat kehitaman. Tolong dibantu solusi nya Doketr. Terima kasih.

  163. Selamat pagi dok, saya wulan umur saya 17thn, saya mempunya keluhan dibagian vagina saya dok, sudah 1bulan ini vagina saya terasa sakit dan nyeri dan ada bnjolan di samping vagina saya dok, penyebab nya apa yah dok tolong solusi nya yah dok ?

  164. Selamat pagi dok, saya wulan umur saya 17thn, saya mempunya keluhan dibagian vagina saya dok, sudah 1bulan ini vagina saya terasa sakit dan nyeri dan ada bnjolan di samping vagina saya dok, penyebab nya apa yah dok tolong solusi nya yah dok ?

10 Trackbacks / Pingbacks

  1. Menstruasi menggumpal dan tidak teratur karena alat penggetar perut | klikharry.com
  2. SESAK NAFAS, PUSING, KESEMUTAN, CEPAT LELAH « klikharry
  3. SIKLUS MENSTRUASI WANITA « klikharry
  4. TES PACK NEGATIF TAPI HAMIL! « klikharry.com
  5. TANDA GEJALA HAMIL « klikharry.com
  6. HAMIL DI LUAR RAHIM « klikharry.com
  7. SESAK NAFAS, PUSING, KESEMUTAN, CEPAT LELAH | klikharry.com
  8. SESAK NAFAS, PUSING, KESEMUTAN, CEPAT LELAH | klikharry.com
  9. Sabun Herbal Livia | Tips Perawatan Badan
  10. wajah jessica mila berjerawat | Kumpulan Semua Info

Komentar ditutup.