dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

AMANDEL/ TONSILITIS

AMANDEL 4

Amandel sebenarnya hanyalah sebuah sebutan untuk kumpulan jaringan limfe yang berfungsi sebagai pertahan tubuh yang letaknya pada kerongkongan di belakang kedua ujung lipatan belakang mulut. Istilah kedokteran menyebut amandel ini sebagai tonsil.

Amandel atau tonsil ini berfungis untuk mencegah agar infeksi tidak menyebar ke seluruh tubuh dengan cara menahan kuman memasuki tubuh melalui mulut, hidung, dan kerongkongan. Dapat dikatakan tonsil sebagai penjaga pertama dari kuman untuk mencegah masuknya kuman ke dalam tubuh.

Ketika ada kuman yang berusaha melewati mulut, saat itulah tonsil akan beraksi menghalau kuman tersebut. Karena fungsinya yang hebat ini, tidak jarang tonsil mengalami peradangan akibat melawan kuman tersebut. Kita menyebutnya sebagai radang amandel dimana dunia kedokteran menyebutnya sebagai tonsillitis.

 

Tonsil yang sedang meradang akan mengalami pembesaran dan akan terasa nyeri. Selain itu juga, anak yang mengalami peradangan tonsil inipun akan menjadi demam. Demam sendiri adalah respon normal tubuh untuk meningkatkan kemampuan tubuh terutama tonsil melawan proses infeksi kuman.

Baca juga:

LENGKAPNYA KLIK DI SINI: clip_image002

Loading...

2 Comments

Add a Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016