dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

MENCEGAH PENULARAN INFEKSI

 

3d040Seseorang, terutama yang dekat atau sering kontak dengan penderita penyakit sangat rentan untuk terkena penyakit yang diderita oleh orang tersebut. Penyakit-penyakit yang sangat infeksius seperti HIV dan Hepatitis B menjadi momok yang paling menakutkan. Tetapi sayangnya, kita, sebagai orang awam, yang tidak mengetahui tentang transmisi dan penularan penyakit menjadi sasaran empuk organisme-organisme patogen tersebut.

Ada banyak penyakit yang harus kita waspadai karena siap menelan kita; HIV, Hepatitis, TBC, Enteritis, Flu burung/ Flu babi. Penyakit ini sangat infeksius sekaligus berbahaya, karena mengakibatkan penderitanya berakhir mati. 🙁

Lalu, langkah apa saja yang harus kita ambil agar tidak tertular penyakit?

Prinsip dasar yang selama ini selalu digunakan oleh dokter dan perawat untuk terhindar dari penyakit infeksi adalah sebagai berikut:

  • Hindari terkena darah/ cairan tubuh pasien, karena darah/ tubuh penderita mungkin terinfeksi organisme patogen, terutama HIV dan hepatitis B.
  • Pastikan kondisi fisik tubuh dalam keadaan sehat dan bugar saat kontak dengan seseorang yang sakit.
  • Jika bertemu penderita di dalam ruangan, pastikan ventilasi ruangan tersebut memadai.
  • Pakailah masker penutup hidung dan mulut.
  • Tidak menyentuh/ memegang limbah-limbah yang pernah digunakan oleh penderita, seperti kertas tissue, sapu tangan, gelas, dll.
  • Tidak memakan makanan sisa penderita.
  • Jika memang harus kontak dengan penderita tersebut, berjabat tangan misalanya, maka cucilah tangan sebelum dan sesudah menyentuh dan memegang tangan penderita. (Pakailah pelapis bila perlu)

Semoga tips ini bisa membantu. Terima kasih ^^

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016