dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

APA ITU OBAT CETIRIZINE? OBAT CETIRIZINE UNTUK APA?

Apa itu obat Cetirizine? Cetirizine adalah obat yang banyak digunakan untuk mengatasi gatal-gatal yang disebabkan oleh faktor alergi. Dalam terapi yang diberikan oleh dokter biasanya Cetirizine tidak hanya digunakan pada gatal-gatal yang disebabkan oleh alergi saja karena biasanya Cetirizine juga digunakan pada mereka yang mengalami gangguan pada mata gatal dan pada hidung bersin-bersin yang disebabkan oleh jamur.

Yang harus diketahui adalah Cetirizine bukan obat untuk mengatasi alergi namun dia berfungsi untuk menghambat akibat yang ditimbulkan karena adanya pelepasan reaksi alergi di dalam tubuh salah satunya adalah gatal-gatal. Saat ini ada banyak sekali merk obat Cetirizine yang ada di Indonesia contohnya adalah Falergi, Lerzin, Ryzen, Betarhin, Cetrol, Estin, Ryvel, Zine, Cerini dan lain-lain.

Indikasi dari Cetirizine adalah untuk pengobatan rinitis alergi perennial maupun musiman. Indikasi lainnya adalah untuk mengobati urtikaria idiopatik kronis.
Yang dimaksud dengan rhinitis alergi adalah biasanya orang yang mengalami pilek terus terusan yang tiada henti terutama pada pagi hari bisa terkait dengan cuaca bisa terkait dengan musim.

Cetirizine ini juga mempunyai indikasi untuk pengobatan dengan kasus alergi pada saluran pernapasan kulit maupun mata misalnya ada gatal-gatal pada mata atau timbul sesak napas.

Efek samping dari obat ini adalah timbul rasa mengantuk terkadang mulut kering dan adanya rasa pusing kepala namun efek samping ini sangat jarang terjadi kecuali rasa mengantuk karena rasa mengantuk inilah yang paling banyak dirasakan oleh orang yang mengkonsumsi obat ini.

Kontraindikasi adalah jangan memakan obat ini bersamaan obat obat yang menimbulkan rasa kantuk lainnya.

Bagaimana dengan anak-anak yang memakan obat ini? obat ini boleh dimakan atau digunakan sebagai terapi pada anak-anak namun dengan dosis yang harus diperhatikan dan harus sesuai dengan takaran yang diberikan oleh dokter.

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016