dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

APA ITU HERPES MULUT BUCCAL

APA ITU HERPES MULUT BUCCAL. Herpes Mulut atau Herpes Buccal adalah penyakit herpes yang menyerang di area mulut. Penyakit ini seringkali muncul berulang terutama pada mereka yang mengalami penurunan kekebalan tubuh. Untuk itu telah dikembangkan obat anti herpes yang berbentuk oral agar terapi lebih cepat dan lebih efisien.

Asiklovir dalam Bentuk Tablet Buccal. Herpes labialis seringkali rekuren sehingga menimbulkan rasa jengkel, karena terus kambuh meski telah diobati berulangkali. Belum lagi, salep asiklobir yang ada biasanya hanya diperuntukkan untuk bibir bagian luar. Sekarang, asiklovir tersedia dalam bentuk tablet buccal, dengan teknologi muco-adhesive.

Asiklovir buccal diindikasikan khusus untuk mengobati herpes labialis rekuren, pada pasien dewasa yang imunokompeten. Berbentuk tablet, obat ini memang diperuntukkan untuk diberikan secara per oral. Tablet berisi 50 mg asiklovir dan diaplikasikan single dose pada mukosa gusi bagian atas, dan ditekan sedikit ke bibir atas selama 30 detik agar melekat dengan baik. Tablet harus dioleskan dalam waktu satu jam setelah timbulnya gejala prodromal, dan sebelum timbul gejala lesi herpes labialis. Pemberian asiklovir tablet buccal dapat mengurangi lama herpes labialis rata-rata setengah hari, dibanding plasebo.

Begitu diaplikasikan, tablet akan melekat di posisi tersebut dan larut perlahan-lahan sepanjang hari. Obat ini tidak boleh dihancurkan, dikunyah, dihisap, atau ditelan. Pasien tetap dapat makan minum seperti biasa. Jika obat tidak melekat atau jatuh dalam 6 jam pertama, tablet harus segera diletakkan kembali di posisi yang sama. Jika tidak bisa, gunakan obat yang baru.

Studi menunjukkan bahwa tablet buccal mampu menghantarkan asiklovir dalam konsentrasi tinggi, dalam jangka waktu panjang, pada lokasi replikasi virus herpes. Konsentrasi asiklovir dalam air liur dan bibir sangat tinggi, dibanding obat antivirus lain, sehingga dapat digunakan hanya dengan satu kali pemberian. Selain efektif, obat ini dapat digunakan secara tersembunyi dan mudah digunakan. Hal ini menguntungkan bagi pasien yang mengalami herpes labialis berualang.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016