dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

Liptruzet Turunkan Kadar LDL

Liptruzet Turunkan Kadar LDL. Pada 3 Mei 2013 lalu, Merck mengumumkan bahwa Liptruzet (ezetimibe dan atorvastatin) telah disetujui FDA untuk terapi kolesterol LDL tinggi pada pasien dengan hyperlipidemia primer atau campuran. Obat ini merupakan terapi tambahan, di mana diet saja tidak cukup untuk menurunkannya.

OBAT KOMBINASI UNTUK KOLESTEROL LDL

Dengan kombinasi ezetimibe dan atorvastatin, diharapkan kadar kolesterol LDL menurun melalui dua jalur. Yaitu penghambatan absorpsi kolesterol di saluran cerna oleh ezetimibe, dan penghambatan produksi kolesterol di hati oleh atorvastatin. Liptruzet hadir sebagai solusi bagi mereka yang tidak menurunkan kadar kolesterol, meski telah menjalani diet dan terapi yang sesuai. “Pemberian Liptruzet seiring dengan diet yang sehat, merupakan pilihan terapi yang efektif,”ujar dr. Peter H. Jones dari Baylor College of Medicine.

Liptruzet cocok untuk diberikan pada peningkatan kadar kolesterol total, LDL, apolipo protein B, trigliserid dan non-HDL. Juga dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL, pada pasien dengan hyperlipidemia primer atau mixed. Indikasi lain adalah untuk menurunkan kadar kolesterol total dan LDL, pada pasien hiperkolesterolmia familiar homozigot, sebagai tambahan terhadap terapi penurun lipid lain. Atau jika terapi lain tidak tersedia.

MENURUNKAN KOLESTEROL LDL HINGGA 50%

Pada studi, obat ini diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol LDL lebih dari 50% (53-61%, beruntung dosis). Studi melibatkan 556 pasien, memberikan atorvastatin 40 mg atau Liptruzet 10/40mg selama enam minggu. Hasilnya,Liptruzet mampu menurunkan kolesterol 27% dibanding atorvastatin 11%. Penurunan didapatkan pada 74% pasien, dibandingkan 32% pada kelompok atorvastatin. Hasil serupa didapat pada studi lain yang melibatkan 184 pasien, yang mendapat Liptruzet 10/20 mg atau atorvastatin 40 mg. penurunan rata-rata adalah 31% vs 11%, dan penurunan kadar LDL didapat pada 84% vs 49% pasien.

Liptruzet tersedia dalam sediaan tablet sekali sehari, dengan dosis ezetimibe 10 mg, dikombinasi dengan 10,20,40, atau 80 mg atorvastatin. Meski manfaatnya dalam menurunkan kolesterol telah terbukti, tidak ada penambahan manfaat terhadap morbiditas dan mortalitas akibat penyakit kardiovaskular, selain yang telah terbukti dengan pemberian atorvastatin.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016 dokterharry.com