dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

APA ITU KEGUGURAN? FAKTOR PENYEBAB KEGUGURAN

APA ITU KEGUGURAN?

Keguguran adalah keluarnya janin yang belum cukup umur dari dalam rahim wanita yang disebabkan oleh beberapa faktor. Keguguran sebenarnya hanyalah istilah yang dipakai oleh orang Indonesia untuk menggantikan istilah abortus. Jika keguguran disebut dengan abortus, maka kegiatan untuk menggugurkan kandungan kemudian disebut dengan aborsi.

Apa saja yang bisa menyebabkan keguguran?
Pada artikel kali ini saya akan menuliskan mengenai apa-apa saja yang bisa menyebabkan terjadinya keguguran pada wanita yang sedang hamil.

TRAUMA
Trauma yang disebut disinilah segala sesuatu yang membentur atau menusuk perut tepat dimana rahim berada.
Pukulan atau benturan keras dapat mengakibatkan tekanan yang secara mendadak pada rahim yang akibatnya akan menimbulkan terjadinya perdarahan

OBAT-OBATAN
Banyak sekali obat-obatan yang menyebabkan keguguran, namun obat-obatan lebih banyak menyebabkan terjadinya kecacataan pada bayi dibandingkan keguguran. Obat-obatan yang dapat menyebabkan keguguran adalah obat yang mempunyai efek kontraksi terhadap mulut rahim seperti ; misoprostol. Misoprostol sebenarnya adalah obat untuk orang yang mengalami gangguan pencernaan terutama lambung, namun dalam perjalanannya, obat ini lebih banyak digunakan oleh dokter spesialis kandungan untuk melakukan perangsangan pada wanita yang dalam proses kelahiran.

KONDISI FISIK
Kondisi fisik ibu yang lemah, tidak cukup nutrisi dan makanan akan memperlambat asupan makanan ke dalam dinding rahim dan ke janin.
Pada ibu yang mengalami anemia atau gangguan metabolisme lainnya maka rahim akan ikut terganggu dan pada akhirnya juga akan berakibat pada janin yang gagal berkembang dan berakhir dengan keguguran.

PENYAKIT
Penyakit yang paling banyak bertanggung jawab atas terjadinya keguguran adalah toxoplasmosis. Penyakit toxoplasmosis adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman toxoplasma. Kuman ini dapat masuk ke dalam sirkulasi plasenta pada wanita hamil.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016 dokterharry.com