dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

RASA KESEMUTAN DAN TERBAKAR SETELAH MAKAN OBAT TUBERKULOSIS

Saya Bapak G, umur 60 tahun, keluhan batuk berdahak lebih kurang 1 bulan, batuk disertai darah, berat badan menurun dan tidak nafsu makan. Dari hasil pemeriksaan  SPS selama 2 hari di dapatkan di Puskesmas : neg/1+/2+.

Saya kemudian mendapat obat tuberkulosis kategori 1, setelah 2 hari pengobatan terjadi efek samping obat berupa kesemutan s/d rasa ter­bakar di telapak kaki atau tangan.

 

Rasa kesemutan dan terbakar pada kedua telapak kaki dan tangan Bapak menunjukkan adanya gejala efek samping dari OAT.  Namun, karena dalam satu OAT itu terdiri dari beberapa jenis obat, maka kemungkinan besar ada salah satu jenis OAT yang menimbulkan efek samping tersebut.

Jika rasa kesemutan dan terbakar itu tidak disertai dengan kemerahan pada kulit, maka cukup diberikan terapi simptomatik seperti pemberian vitamin B dengan harapan rasa kesemutan dan terbakar tersebut akan hilang, namun jika kesemutan dan terbakar itu dikemudian hari muncul ruam kemerahan, maka pengobatan harus dihentikan.

Setelah pengobatan dihentikan, maka Bapak harus pergi ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan atau rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut atau yang disebut dengan Drug Challengging sehingga didapatkan OAT mana yang menjadi penyebab efek sampingnya.

Setelah ditemukan, maka dilakukan terapi penyesuaian sesuai dengan hasil pemeriksaan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan tersebut.

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016 dokterharry.com