dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

TAKUT MENULARKAN TUBERKULOSIS KE ANAK SENDIRI

Dokter, saya usia 34 tahun, saya saat ini didiagnosis oleh dokter menderita penyakit TB. Di rumah saya ada anak balita, satu usianya 1 tahun, satu lagi usianya 3 tahun. Bagaimana kedua anak saya dokter? Saya takut kedua anak saya tertular penyakit tuberkulosis seperti saya.

 

Ibu tidak perlu takut, ibu tidak perlu pisah dengan anak-anak Ibu hanya karena menderita tuberkulosis. Ibu cukup membiasakan menggunakan masker saat berdekatan dengan kedua anak Ibu dan biasakan untuk menjauh dari anak-anak saat akan batuk. Dua cara ini, sudah cukup untuk mencegah anak ibu tertular kuman Tb. Lagi pula kuman Tb dari peserta yang sudah makan obat biasanya sudah lemah.

Khusus untuk kedua balita tersebut, harus diberikan pengobatan pencegahan dengan INH sesuai dengan berat badannya, usahakan untuk mencari Pengawas menelan obat yang telaten, jika ada perawat atau bidan atau keluarga tang mengerti masalah medis ada baiknya minta bantuan mereka untuk mengingatkan makan dan pengambilan obat ke pusat kesehatan ibu biasa berobat.

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016 dokterharry.com