dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

LANGKAH PENGOBATAN TUBERKULOSIS KASUS KAMBUH

Badan Lesu, nafsu makan menurun, nyeri dada kanan, batuk lebih dari dua minggu, penyakit tuberkulosis, kasus tb kambuh

Bapak M, usia 50 tahun, berat badan 51 kg, mengeluh lesu, nafsu makan menurun, dada sebelah kanan sakit, batuk disertai nyeri dada dengan dahak yang kadang berdarah. Bapak M kemudian melakukan pemeriksaan dahak pada tanggal 4 dan 5 Agustus 2014, dengan nomor register laboratorium 1411 adalah 2+/2+/1+. Setahun yang lalu Bapak M dinyatakan sembuh dari TB.

Di rumah, Bapak M mempunyai 3 anak, laki-laki usia 17 tahun, perempuan usia 15 tahun dan, perempuan usia 5 tahun.

Didekat rumah pak M ada seorang petugas puskesmas bernama Bapak H

Bagaimana langkah pengobatannya?

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengklasifikasikan dan menentukan jenis tuberkulosis yang diderita oleh Bapak M. Jika dilihat dari riwayat pernah sembuh TB, berarti Bapak M masuk ke dalam 9 kelompok yang dicurigai menderita Tb resisten obat, yaitu ke dalam TB kasus kambuh ( relaps ), kategori 1 dan kategori 2.

Langkah selanjutnya adalah memastikan apakah benar jenis Tb yang diderita pak M adalah TB Resisten obat atau bukan dengan melakukan pemeriksaan Tes cepat molekuler (TCM) TB.

Jika dari hasil TCM ada dugaan ke arah resisten obat, maka Pak M akan dirujuk ke pusat pelayanan kesehatan yang lebih tinggi untuk mendapat tatalaksana tersendiri sesuai dengan tatalaksana TB resisten obat. Sementara jika hasil TCM tidak ada resisten obat maka dilanjutkan dengan panduan pengobatan TB kategori 2.

Untuk ketiga anak Bapak M, langkah yang harus lakukan adalah melakukan screening untuk memastikan ada tidaknya anggota keluarga yang lain yang menderita Tb. Selain itu, kedua anak Bapak M yang berusia 17 tahun dan 15 tahun bisa menjadi PMO bagi Bapak M.

Petugas Puskesmas, juga dapat menjadi PMO untuk memastikan bahwa Bapak M memakan obat dan memastikan Bapak M untuk datang ke pusat layanan kesehatan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan untuk mendapatkan injeksi streptomisin.

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016 dokterharry.com