dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

BATUK LAMA, TIDAK NAFSU MAKAN, HATI-HATI TUBERKULOSIS

Perkenalkan pak, saya W, usia 23 tahun. Saya bekerja di perusahaan swasta, pekerjaan saya menuntut saya untuk banyak begadang. Saya adalah perokok berat, karena jika tidak merokok saya tidak akan kuat begadang. Nah, sejak 2 bulan ini saya menderita batuk-batuk, batuk itu disertai sesak nafas dan nyeri pada dada sebelah kanan. Saya sering beli obat di warung namun kayaknya gak ada perubahan dokter. 1 bulan terakhir nafsu makan menurun karena sering menderita sariawan sehingga berat badan menurun.

Saya sudah pernah berobat ke dokter dan diberi obat antibiotik dan disuruh datang lagi untuk periksa rontgen dada. Kira-kira saya kena penyakit apa dokter?? Sepertinya dokter tempat bapak berobat  tidak melakukan diagnosis pasien sesuai dengan tatalaksana yang seharusnya menjadi prioritas dalam pengobatan pasien ini. Terlihat sekali jika dokter tersebut tidak menguasai keilmuannya sebagai seorang dokter.

batuk-lama-berat-badan-menurun-tuberkulosis

Jawaban:

Saya curiga dengan penyakit anda berdasarkan gejala-gejala yang dirasakan dan disebutkan tersebut. Keluhan dan gejala klinis yang disebutkan oleh pasien sudah jelas sekali mengarah ke arah klinis tuberkulosis.

Tatalaksana yang diambil oleh dokter tempat bapak berobat adalah tatalaksana umum untuk penyakit paru non tuberkulosis padahal jelas sekali keluhan yang dirasakan oleh bapak adalah klinis tuberkulosis.

Saya sarankan kepada bapak untuk melakukan pemeriksaan dahak sewaktu pagi sewaktu (SPS) di puskesmas atau laboratorium untuk memastikan hal tersebut.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016