dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

TUBERKULOSIS RESISTEN OBAT

TUBERKULOSIS RESISTEN OBAT

TB Resistan Obat Adalah keadaan dimana Mycobacterium Tuberculosis tidak dapat lagi dibunuh dengan OAT. TB Resistan Obat  dipastikan melalui pemeriksaan biakan dan uji kepekaan untuk M . tuberculosis.

Terdapat 5 kategori resistansi terhadap obat anti TB, yaitu:

  • Monoresistan: resistan terhadap salah satu OAT, misalnya resistan isoniazid (H)
  • Poliresistan: resistan terhadap lebih dari satu OAT, selain kombinasi isoniazid (H) dan rifampisin (R), misalnya resistan isoniazid dan ethambutol (HE), rifampicin ethambutol (RE), isoniazid ethambutol dan streptomisin (HES), rifampicin ethambutol dan streptomisin (RES).
  • Multi Drug Resistan (MDR): resistan terhadap isoniazid dan rifampisin, dengan atau tanpa OAT lini pertama yang lain, misalnya resistan HR, HRE, HRES.
  • Ekstensif Drug Resistan (XDR): TB MDR disertai resistansi terhadap salah salah satu obat golongan fluorokuinolon dan salah satu dari OAT injeksi lini kedua (kapreomisin, kanamisin, dan amikasin).
  • Total Drug Resistan (Total DR). Resistansi terhadap semua OAT (lini pertama dan lini kedua) yang sudah dipakai saat ini.

Penyebab terjadinya TB Resisten Obat.

Faktor utama penyebab terjadinya resistensi kuman terhadap OAT adalah ulah manusia sebagai akibat tatalaksana pengobatan pasien TB yang tidak dilaksanakan dengan baik. Penatalaksanaan pasien TB yang tidak adekuat tersebut dapat ditinjau dari sisi :

  1. Pemberi jasa/petugas kesehatan, meliputi: Diagnosis tidak tepat; Pengobatan tidak menggunakan paduan yang tepat; Dosis, jenis, jumlah obat dan jangka waktu pengobatan tidak adekuat; Penyuluhan kepada pasien yang tidak adequat.
  2. Pasien, yaitu karena : Tidak mematuhi anjuran dokter/ petugas kesehatan,Tidak teratur menelan paduan OAT, Menghentikan pengobatan secara sepihak sebelum waktunya. Gangguan penyerapan obat
  3. Program Pengendalian TB , yaitu karena : Persediaan OAT yang kurang, Kualitas OAT yang disediakan rendah (Pharmaco-vigillance).
  4. Kriiteria Terduga TB Resistan Obat

Suspek TB Resistan Obat adalah semua orang yang mempunyai  gejala TB yang memenuhi satu atau lebih kriteria suspek di bawah ini:

  1. Pasien TB gagal pengobatan kategori 2
  2. Pasien TB pengobatan kategori 2 yang tidak konversi setelah diobati
  3. Pasien TB yang mempunyai riwayat pengobatan TB Non DOTS, dan menggunakan pengobatan kuinolon dan obat suntik kini 2 minimal 1 bulan
  4. Pasien TB pengobatan kategori 1 yang gagal
  5. Pasien TB pengobatan kategori 1 yang tidak konversi setelah 3 bulan pengobatan
  6. Pasien TB kasus kambuh ( relaps ), kategori 1 dan kategori 2
  7. Pasien TB yang kembali setelah loss to follow – up (lalai berobat/ default)
  8. Terduga TB yang mempunyai riwayat kontak erat dengan pasien TB Resistan Obat i. Pasien koinfeksi TB-HIV yang tidak respon terhadap pemberian OAT

Sumber: Materi Inti I Pelatihan Jarak Jauh Program Penanggulangan Tuberkulosis (P2TB) Bagi Dokter Praktik Mandiri (DPM) tahun 2016.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016