dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

GERD; dada terbakar, nyeri dan sesak nafas

GERD, PENYAKIT DADA TERBAKAR

Gastroesophageal reflux disease biasa disingkat dengan sebutan GERD. Penyakit ini didefinisikan sebagai adanya gangguan pencernaan terutama pada spinkter alias klep esofagus bagian bawah. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, namun kebanyakan dapat sembuh sendiri melalui perubahan pada pola makan, pola hidup dan diet. Namun ada juga yang harus memakan obat-obatan hingga terkadang memerlukan operasi.

MENGAPA BISA TERJADI GERD

Mengapa disebut refluks?? Refluks yang dimaksud disini adalah aliran kembali makanan yang sudah dicerna di dalam lambung balik lagi ke esofagus. Namun aliran ini tidak mungkin terjadi karena adanya katup yang menahan dan menghalangi arus balik ini . Nah, penyakit GERD ini timbul jika katup esofagus seseorang itu lemah atau tidak menutup dengan sempurna sehingga cairan lambung akan mengalir balik lagi ke atas ke esofagus.

GEJALA GERD

Gejala yang paling dirasakan adalah nyeri dada, rasa tidak nyaman di dada, sesak nafas atau dada rasa yang terasa terbakar. Hal ini adalah gejala yang paling sering ditemukan pada penderita GERD. Rasa terbakar dan nyeri dada ini akan terasda sampai 2 jam lamanya dan terkadang malah memburuk atau bertambah nyeri. Karena nyeri yang berasal di daerah dada, banyak yang mengira jika nyeri ini adalah gangguan pada jantung atau mengalami serangan jantung walaupun keduanya sangat jauh berbeda.

gerd-2
PENGOBATAN GERD

Berat badan dan rokok menjadi salah satu faktor yang memperberat GERD. Perubahan gaya hidup, cara diet dan cara makan adalah cara yang paling penting dalam penanganan dan pengobatan GERD. Pengobatan yang diberikan pada dasarnya adalah untuk mencegah terjadinya refluks atau mengurangi kerusakan esofagus akibat asam yang naik ke atas.

Untuk jenis obat-obatan, obat yang diberikan adalah obat yang bertujuan untuk menurunkan kadar keasaman lambung seperti antasid, ranitidine, lansoprazole, sukralfat dan lain sebgainya.

Jika seseorang sudah mengkonsumsi banyak obat namun tidak menunjukkan perubahan yang berarti maka akan memerlukan tindakan lain yaitu operasi. Namun operasi adalah jalan terakhir jika semua cara yang diberikan gagal memberikan efek pemulihan terhadap pasien.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016