dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

Mata saya minus atau tidak Bagaimana cara untuk mengetahuinya

Mata Rabun mata minus, pengobatan mata rabun kacamata, Lasix

Dokter saya ada keluhan, setiap kali membaca papan reklame atau papan tulis yang ditulis oleh guru saya mata saya itu suka liat yang bayang-bayang atau berbayang. Saya merasakan adanya keluhan mata ini sebenernya udah lumayan lama dokter, mungkin sudah hampir satu tahunan tapi saya diamin aja. Sampai suatu ketika saya disuruh guru baca tulisan beliau di papan tulis. Karena saya bacanya sampai memicingkan mata dan mengerutkan dahi sontak saja guru Saya menyuruh saya buat tes mata, karena kata guru saya kemungkinan besar mata saya minus dokter.
Nah kalau mata minus itu mau mematikannya itu periksa kemana ya dokter Apakah cukup ke tempat toko kacamata saja atau harus ke dokter spesialis mata.
Selain itu kalau mata saya ternyata benar minus Apakah saya harus pakai kacamata karena saya tidak PD banget kalau harus pake kacamata.
Terus kalau misalnya mata saya beneran kabur karena minus bisa nggak dikembalikan normal lagi nggak pake obat-obatan.
Saat ini saya sudah mencoba minum jus wortel. Kata orang jus wortel ini sangat ampuh untuk memperbaiki mata karena mengandung vitamin A. saya minumnya dua kali sehari. Tapi bukan saya atau dokter yang membuatnya itu mama saya.
Di keluarga kami itu gak ada satu pun yang pakai kacamata maupun matanya minus dan mungkin cuman saya satu-satunya yang matanya minus Jadi saya nggak mau beda dengan anggota keluarga saya jadi gimana dokter?
Oh iya lupa nama saya Angga umur 15 tahun.

susah melihat benda jauh

Salam sehat Angga.

Mata minus itu adalah berkurangnya kemampuan mata untuk melihat jauh disebabkan karena perubahan pada lingkungan lensa mata sehingga fokus Sinar itu tidak tepat di syaraf sensor mata yaitu retina.

Rabun jauh atau mata minus ini biasanya dimulai sejak anak sudah mulai bisa memandang dan melihat sesuatu dari dekat dan tingkatnya itu berbeda-beda ada yang mulai matanya menjadi rabun senja umur 3 sampai 4 tahun ada juga yang sejak umur 6 tahun bahkan ada juga yang baru berumur 10 tahun ke atas dan biasanya akan stabil pada saat ia berusia 20 tahun keatas walaupun akan bertambah hanya akan bertambah sedikit saja.

Untuk mengetahui apakah seseorang itu mengalami rabun jauh ya mau tidak mau harus melakukan pemeriksaan. Saat ini dapat dilakukan di toko optik maupun di tempat dokter praktek mata. Biasanya akan ada dua teknik yang dilakukan pertama secara manual dan kedua secara komputerisasi Tujuannya adalah untuk melihat berapa derajat perubahan kelengkungan  mata dibandingkan dengan normalnya.

Mengenai penyebabnya Sebenarnya ada banyak penyebabnya namun yang paling mempengaruhi itu justru bukan karena faktor keturunan tapi adalah faktor gaya hidup, terutama bagi mereka yang suka membaca atau memainkan handphone dan gadget yang terlalu dekat. Untuk diketahui jarak mata yang baik berkisar antara 40 sampai 45 cm dan menggunakan cahaya yang cukup.

Selain itu membaca buku ataupun memainkan handphone dan gadget harus diselingi waktu istirahat mata yang cukup yaitu dengan memandang jauh kearah luar sehingga ada cukup waktu bagi mata untuk berkontraksi. Hal yang terus serupa juga pada mereka yang setiap hari bekerja di hadapan komputer.

Apakah dengan makan wortel yang banyak dan banyak memakan vitamin A dapat memperbaiki rabun pada mata? Sayangnya saya belum menemukan hasil penelitian yang membuktikan bahwa banyak makan vitamin A bisa menyembuhkan penyakit rabun jauh ini. Namun jika vitamin A sangat baik untuk mata terutama Mereka yang mengalami kelelahan mata atau mata lelah emang bener vitamin A ini bisa memulihkan maka seseorang yang kelelahan karena terlalu banyak digunakan atau terlalu lama digunakan di depan komputer smartphone maupun gadget.

Lalu bagaimana untuk mengobatinya? Dalam dunia medis hanya ada dua cara untuk mengobati mata rabun ini yang pertama yaitu mengoreksi rabun tersebut dengan memakai kacamata dan yang kedua adalah dengan cara melakukan pembedahan pada kornea mata dan lebih dikenal dengan istilah Laser Assisted In Situ Interlamelar Keratomilieusis (LASIX).

Loading...

1 Comment

Add a Comment
  1. kelamaan ngeblog pengaruh ini, terutama kelamaan kalo nulis artikel hehe. inspirasinya agak mampet mungkin. atau terlalu banyak melihat dalam jarak dekat. syukurlah mata saya masih normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016 dokterharry.com