dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

Antibiotik yang bagus itu apa? Anak saya sudah batuk pilek 3 hari lamanya

Antibiotik yang bagus itu apa dokter anak saya ini terkena batuk pilek Sudah beberapa hari sudah makan obat penurun panas dan sirup batuk pilek tapi belum sembuh juga, kata temen saya Anak saya ini perlu makan antibiotik kira-kira antibiotik yang bagus itu apa ya dokter ya?

Sebenarnya penggunaan antibiotik itu harus berdasarkan indikasi terlebih dahulu dalam artian harus jelas bahwa telah terjadi proses infeksi disana namun terkadang antibiotik tetap digunakan pada kasus batuk pilek dengan tujuan agar tidak terjadi infeksi sekunder oleh bakteri.

Walaupun kebanyakan batuk pilek disebabkan oleh virus namun biasanya orang yang menderita batuk pilek itu akan mengalami penurunan daya tahan tubuh saat itulah bakteri kuman yang lainnya akan masuk kedalam tubuh dan menyebabkan infeksi sekunder jadi dokter terkadang memberikan antibiotik tidak harus menunggu tiga hari kadang-kadang baru satu hari sudah dikasih antibiotik Tujuannya adalah untuk mencegah agar jangan terjadi infeksi sekunder.

Lalu obat antibiotik apa saja yang biasanya digunakan pada orang yang dengan batuk pilek.

Untuk kasus infeksi saluran pernapasan bagian atas yang ringan biasanya dokter akan memberikan antibiotik seperti amoksisilin bisa sirup bisa tablet tergantung dari berat badan atau usia dari anak ibu. Amoksisilin adalah antibiotik yang paling sering digunakan untuk mengobati infeksi infeksi ringan termasuk salah satunya infeksi saluran pernapasan bagian atas.

antibiotik untuk anak

Namun amoksisilin ini sudah banyak mengalami resistensi karena sudah terlalu sering digunakan di masyarakat Indonesia Nah jika sudah makan obat antibiotik amoksisilin Masih demam juga maka boleh menggantinya dengan antibiotik golongan lain.

Atau kalau memang perlu tidak menggunakan antibiotik amoksisilin lagi bisa menggunakan antibiotik misalnya sefadroksil ataupun sefiksim.

Untuk sefiksim itu jarang sekali digunakan untuk infeksi yang ringan biasanya sefiksim baru diberikan Apabila anak tersebut sudah mengalami demam lama atau tidak sembuh dengan antibiotik sebelumnya dan biasanya diresepkan oleh dokter spesialis anak.

Ada baiknya kita menunda dulu kalau harus memberikan obat golongan sefiksim ini. Cukuplah menggunakan amoksisilin atau sefadroksil.

Untuk sefadroksil, obat ini paling sering digunakan pada anak-anak dengan infeksi saluran pernapasan bagian atas karena sefadroksil ini adalah antibiotik yang bekerja spesifik pada ssaluran napas.

Jenis antibiotik lainnya yang jarang sekali digunakan karena selain harganya yang mahal obat ini juga adalah termasuk obat Lini terakhir untuk jenis oral yang disiapkan oleh dokter karena itu penggunaannya harus berdasarkan indikasi sekali. Nama obatnya yaitu azitromisin. Obat ini masih jarang sekali digunakan dan sangat ampuh untuk membunuh kuman karena jarang sekali kuman yang bisa bertahan terhadap obat ini namun sekali lagi obat ini harus diberikan berdasarkan indikasi dan resep dokter.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016 dokterharry.com