dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

TELINGA BERDARAH DAN BERNANAH, BAGAIMANA MENGOBATINYA?

Assalamu’alaiku m wr.wb
nama saya andra , saya berumur 16 tahun, dok kemarin malam telinga kanan saya sakit lalu saya korek kemudian telinga saya sakit sekali karena mungkin saya mengoreknya terlalu dalam, kemudian saya kompres dengan air hangat, beberapa jam kemudian terdengar suara seperti kemasukan serangga lalu saya masukan air kedalam telinga saya dan saya keluarkan lagi ternyata tidak ada serangga yang masuk dan saya kemudian membaca artikel di google tentang ciri gendang telinga pecah.
Beberapa jam selanjutnya telinga saya keluar cairan bening dan saya tidur dengan posisi badan miring ke arah kanan pagi itu suhu badan saya naik dok hingga akhirnya saya diperiksa ke bidan.
Lalu dia menggunakan alat untuk memfoto telinga saya (entah itu scan atau bukan saya tidak tau). “telinganya sakit ya ? jangan dikorek ya dik” ujarnya. Kemudian saya diberi obat dan disuruh membeli tetes telinga. Setelah periksa telinga saya mengeluarkan cairan bening dan nanah kemudian disertai darah.
Saat diberi obat tetes, obat tetesnya seperti sulit masuk karena terdapat sumbatan darah dengan nanah lalu apakah saya harus membersihkannya terlebih dahulu? Apakah gendang telinga saya bermasalah dok? Saya takut karena telinga merupakan aset masa depan saya, sekarang saya belum berangkat sekolah karena telinga saya sedikit terganggu pendengarannya.
Mohon jawabannya dok apa yang harus saya lakukan? Apa harus ke rumah sakit?
Saya tidak ingin membebani orang tua saya

telinga-berdarah-dan-bernanah

Waalaikum salam Andra. Jangan cemas, mudah-mudahan itu hanya infeksi pada liang telinga dan tidak sampai ke gendang telinga. Namun jangan salah loh, jika infeksi itu dibiarkan maka bisa saja menjalar ke gendang telinga.

Apa yang Andra lakukan itu Salah. Letak salahnya yaitu ketika Andra memasukkan air ke dalam telinga yang lecet bekas dikorek. Tempat yang luka dan lecet itu kemudian terkena air dan terjadilah proses peradangan dan kemudian menjadi infeksi.

Tetes telinga tidak dapat menyembuhkan karena tidak dapat menjangkau tempat yang mengalami infeksi apabila telah terjadi penyempitan dan pembengkakan pada liang telinga, maupun penumpukan nanah di situ.

Cara satu-satunya adalah dengan dilakukan pembersihan telinga terlebih dahulu. Namun hal ini hanya bisa dilakukan oleh dokter yang sangat ahli yaitu dokter ahli THT. Setelah liang telinga dibersihkan, barulah dokter akan memberikan obat tetes telinga dan dapat dipastikan akan mampu menjangkau daerah yang mengalami infeksi tadi.

Mengenai gendang telinga apakah terkena atau tidak, belum dapat dipastikan hingga dilihat langsung oleh dokter, jadi saran saya adalah cepatlah pergi ke dokter THT karena jika terlambat, proses pengobatan akan jauh lebih berat dan proses penyembuhan akan lebih lama, dan tentunya biayanya akan bertambah besar.

terima kasih

 

Loading...

1 Comment

Add a Comment
  1. Dok kenapa saya hbis korek telinga pakai katembad telinga saya berdarah dok…
    Darahnya cukup banyak.. sampai hbis beberapa tisu.. itu gimana dok?? Berbahaya gak bagi telinga saya??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016 dokterharry.com