dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

PENYEBAB DEMAM BERDARAH ANAK

Mengetahui penyebab demam berdarah anak adalah salah satu cara yang tepat untuk dapat mencegah tejangkitnya virus ini. Dengan begitu berbagai upaya tentu saja dapat dilakukan untuk menghindari virus demam berdarah.

Sedangkan untuk gejalanya sendiri adalah berupa demam tinggi yang akan terus berlangsung hingga hari berikutnya. Demam yang ditimbulkan memang akan turun sebentar ketika diberi obat penurun panas, namun biasanya akan naik lagi pada hari keempat dan seterusnya. Pada anak yang lebih besar, gejala demam ini seringkali tidak begitu diperhatikan.

Banyak orang yang mengira jika gejala tersebut menunjukkan bahwa anak hanya terkena flu. Hal ini tentu akan dianggap baik-baik saja bagi sebagian orang, hingga akhirnya munculnya gejala berikutnya, yaitu lesu, tidak ada nafsu makan dan lain sebagainya. Dan biasanya setelah mengetahui hal tersebut barulah penyebab demam berdarah anak dicari.

Rasa mual dan lesu memang disebabkan oleh virus yang menyerang tubuh tersebut. Virus tersebut khususnya menyerang daerah ulu hati. Hal tersebut juga yang membuat penderita kerap muntah-muntah.

penyebab demam berdarah anak (2)

Rasa mual dan nyeri tersebut dapat diperparah apabila anak tersebut meminum obat penurun panas yang dapat merangsang lambung. Pada anak-anak balita, virus penyebab demam berdarah anak juga menunjukkan tanda seperti muka kemerahan dan juga mencret. Oleh sebab itu, mencret yang disertai dengan demam sangat tinggi perlu diwaspadai sebagai penyakit demam berdarah dengue.

Gejala lainnya yang umumnya ditemui adalah munculnya bintik-bintik merah di seluruh bagian tubuh. Untuk mengecek apakah bintik merah tersebut benar tanda dari demam berdarah, tekan perlahan area bintik merah tersebut menggunakan jari telunjuk dan jempol anda. Apabila warna merah tersebut hilang, artinya anak tidak terjangkit demam berdarah. Dan sebaliknya jika warna merah tersebut tidak hilang, maka anak benar-benar teserang demam berdarah.

Penyebab demam berdarah anak sebenarnya sama dengan orang dewasa. Penyebab dan penyebar utamanya adalah nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk yang berciri fisik corak garis hitam putih ini biasanya banyak muncul di pagi hari.

penyebab demam berdarah anak (1)

Nyamuk ini dengan cepat berkembang biak, biasanya genangan air yang lama tak mengalir akan menjadi sarang nyamuk ini bertelur. Hal ini tentu akan sangat mudah menyerang daerah perkotaan yang jarang memiliki saluran air yang mengalir.

Untuk mencegah penyebab demam berdarah anak ini berkembang biak tentu saja anda harus menyingkirkan benda benda yang berpotensi menampung air tak mengalir terlalu lama seperti kaleng bekas, ember bekas, parit tak mengalir dan sebagainya.

penyebab demam berdarah anak (3)

Bak mandi pun tak luput dari perhatian. Sebisa mungkin bersihkan bak penampungan air secara rutin, setidaknya satu minggu sekali. Jika memungkinkan tutup bak penampungan air agar nyamuk tak dapat bertelur disana.

Selain menjaga keadaan dan kebersihan lingkungan sekitar, tingkatkan daya imun anak dengan mencukupi gizi dan vitamin anak dengan memberikan asupan yang seimbang. Selain itu, pakailah lotion anti nyamuk setiap beraktivitas kemana pun dan kapan pun. Karena nyamuk penyebab demam berdarah anak bisa saja menyerang setiap saat.

Jika memang sudah terjangkit virus ini, salah satu cara alami yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan jus jambu biji. Namun untuk penanganan lebih tepat, sebaiknya bawa anak ke dokter atau rumah sakit terdekat.

penyebab demam berdarah anak (5)

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab demam berdarah anak. Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016 dokterharry.com