dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

MERAWAT ANAK DEMAM BERDARAH

Saat buah hati terjangkit demam berdarah tentu sebagai orang tua akan dilanda kepanikan. Merawat anak demam berdarah sebenarnya tak terlalu sulit. Namun anda harus benar benar jeli dan teliti melakukannya. Karena penderita demam berdarah dalam kasus tertentu pasti akan melewati masa kritis yang dapat bebahaya.

Demam berdarah sendiri adalah virus yang tersebar oleh nyamuk Aedes Aegypti. Biasanya gejalanya ditandai dengan demam tinggi, munculnya bintik bintin merah, Mual, muntah, nafsu makan minum berkurang, dan masih banyak lagi.

Nah untuk anda yang mempunyai anak yang terkena demam beradarah, berikut ini adalah tips Merawat anak demam berdarah :

1. Perbanyak Minum Air Putih

MERAWAT ANAK DEMAM BERDARAH (5)Air Putih merupakan salah satu obat yang mujarab untuk berbagai macam penyakit. Jika anak anda terkena demam beradarah, perbanyak asupan mineral ke dalam tubuhnya. Salah satu caranya adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih. Atau juga dengan memberikan cairan elektrolit agar ank terhindar dari bahaya dehidrasi.

2. Obat Penurun Panas

MERAWAT ANAK DEMAM BERDARAH (7)Jika memungkinkan beri anak anda obat penurun panas seperti parasetamol. Namun perlu diingat bahwa berikan paracetamol dengan dosis yang benar dan aman. Jika ingin cara yang lebih aman, anda bisa Merawat anak demam berdarah dengan mengompres kepala, ketiak, dan kening anak agar panasnya berkurang.

3. Beri Jus Jambu Biji

MERAWAT ANAK DEMAM BERDARAH (6)Saat mengetahui anak terjangkit demam beradarah, segera beri jus jambu biji. Dengan jus jambu biji, trombosit anak akan terus meningkat dan diharapkan akan stabil dalam beberapa hari. Lakukan cara Merawat anak demam berdarah ini secara rutin.

4. Jangan berikan obat pereda rasa sakit

MERAWAT ANAK DEMAM BERDARAH (3)Obat pereda rasa sakit sepeti aspirin dan asam mefenamat, akan berbahaya jika diberikan pada penderita demam berdarah. Karena obat tersebut akan semakin menurunkan trombosit pada tubuh. Dan tentu saja jika hal tersebut terjadi, akan mengakibatkan sesuatu yang bahaya dan fatal.

5. Jaga Pola Makan

MERAWAT ANAK DEMAM BERDARAH (1)Tidak hanya sewaktu sakit, pola makan anak memang haru senantiasa dijaga. Nah pastikan saat anak terkena demam berdarah, anak anda mendapatkan nutrisi yang cukup. Seperti Vitamin dan gizi sembang, dapat membantu proses penyembuhan agar lebih cepat. Merawat anak demam berdarah dengan cara ini adalah hal yang terbilang penting.

6. Istirahat yang cukup

MERAWAT ANAK DEMAM BERDARAH (4)Pastikan anak mendapatkan waktu istirahat yang cukup, karena dapat membantu proses penyembuhan. Tubuh akan lebih cepat melawan penyakit jika mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan tentu akan memaksimalkan kerja obat ketika anak tertidur.

7. Segera Bawa Ke Dokter

MERAWAT ANAK DEMAM BERDARAH (2)Jika anak menunjukkan gejala yang lebih serius, cara Merawat anak demam berdarah berikutnya adalah segera bawa anak ke dokter. Karena anak memerlukan penanganan yang lebih dan dapat dilakukan oleh dokter. Dan jika memang disarankan, lakukan opname agar dokter lebih mudah memantau perkembangan kesembuhan anak.

Itulah beberapa cara Merawat anak demam berdarah yang bisa anda lakukan sebagai pertolongan pertama bagi mereka. Semoga bermanfaat ya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016 dokterharry.com