dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

CIRI CIRI DEMAM BERDARAH ANAK

Mengetahui ciri ciri demam berdarah anak adalah suatu langkah yang tepat untuk mengetahui langkah apa yang seharusnya diambil jika anak anda terjangkit demam berdarah. Karena tekadang, anak anak tidak menunjukkan gejala yang sama dan terkadang juga tak menunjukkan ciri sama sekali.

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang bisa menyebabkan kematian apabila tidak segera ditangani. Penyakit yang tergolong cukup berbahaya ini memang harus mendapatkan perhatian ekstra. Penyakit ini dapat diderita baik oleh orang dewasa maupun anak-anak bahkan balita.

Ciri ciri demam berdarah anak biasanya sedikit berbeda karena mereka memiliki tubuh yang lebih rentan. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui ciri demam berdarah pada anak agar dapat segera diberikan pertolongan [ertama kepada penderita.

Penyakit demam berdarah terjadi karena virus dengue yang disebarkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti. Ciri ciri jelas pada nyamuk ini adalah warna belang hitam putih pada seluruh badannya. Apabila nyamuk tersebut mengigit penderita demamberdarah dan kemudian kembali menggigit orang yang belum terjangkit, maka virus dengue akan masuk ke tubuh orang tersebut. Oleh karena itu, penyakit ini dapat menular dari satu orang ke orang lain.

Selain ciri ciri demam berdarah anak, yang perlu anda ketahui adalah saat nyamuk aedes aegypti menyerang maka virus dengue akan mengganggu sistem pembekuan darah di dalam tubuh. Kadar trombosit akan mulai turun dan menyebabkan terjadinya pendarahan. Tidak heran apabila sakit demam berdarah sudah pada fase paling parah maka penderita bisa mengalami muntah darah yang membawa pada kematian.

Maka dari itu perlu anda sangat perlu mengenal Ciri ciri demam berdarah anak sejak dini. Tubuh anak dan balita memang lebih rentan dari orang dewasa sehingga penanganan demam berdarah sejak dini diperlukan. Namun berhati-hatilah karena terkadang gejala demam berdarah pada anak dan balita tidak selalu muncul saat hari pertama terjangkit virus ini. Namun anak bisa menampakkan gejala tersebut setelah hari keempat.

Untuk anda yang mempunyai anak dan balita, berikut ini adalah beberapa Ciri ciri demam berdarah anak :

1. Demam Tinggi

Ciri ciri demam berdarah anak (4)Demam itinggi biasanya menjadi ciri umum yang terjadi pada anak penderita demam berdarah. Panasnya bisa mencapai 40 derajat celcius. Badan anak juga kadang menggigil disertai panas dingin. Demam bisa saja turun seolah akan sembuh namun tiba-tiba kambuh lagi dan hal ini merupakan fase kritis yang harus diwaspadai.

Hal ini akan terus berlangsung selama hampir satu minggu. Terkadang orang tua yang tidak mengenal Ciri ciri demam berdarah anak ini menganggap hal tersebut hanya demam biasa atau malah sekedar masuk angin.

2. Lemas dan lesu

Ciri ciri demam berdarah anak (2)Jika anak menunjukkan gejala seperti tubuh yang tiba-tiba lemas dan lesu sekaligus sakit di belakang mata serta nyeri, sebaiknnya langsung periksakan ke dokter. Apalagi jika wajah anak atau balita terlihat sangat pucat disertai sakit kepala. Hal ini merupakan salah satu Ciri ciri demam berdarah anak.

3. Muncul bintik-bintik merah dan ruam pada sekujur tubuh anak.

Ciri ciri demam berdarah anak (3)Nah ini ciri atau gejala yang umumnya selalu terjadi pada penderita demam berdarah. Jika sudah melihat banyak bintik merah pada tubuh anak, sebaiknya berikan pertolongan pertama dengan memberikan mineral yang cukup atau segera bawa ke dokter.

Bintik merah tersebut disebabkan oleh virus dengue yang menyerang sistem pembekuan darah di dalam tubuh. Pada fase yang paling parah maka hidung bisa mengalami mimisan kemudian muntah darah seperti kopi berwarna hitam. Selain itu, kulit anak juga mudah mengalami memar. Ciri ciri demam berdarah anak yang satu ini perlu diwaspadai.

4. Mual dan Nafsu Makan Berkurang

Ciri ciri demam berdarah anak (1)Ciri lain yang terkadang bisa terjadi adalah rasa mual serta berkurangnya nafsu makan. Telapak kaki juga terasa gatal dan anak juga bisa terserang penyakit batuk pilek. Meski Ciri ciri demam berdarah anak yang ini tergolong ringan, namun pastikan anda memberikan pertolongan pertama sepeti asupan vitamin dan mineral yang cukup.

Gejala demam berdarah pada anak biasanya ringan sampai sedang sedangkan untuk orang dewasa gejala tersebut bisa terjadi dari tahap sedang sampai berat. Gejala demam berdarah biasanya terjadi sekitar satu minggu. Apabila anak atau balita sudah pernah terkena sakit demam berdarah ada kemungkinan bahwa tubuh mereka menjadi lebih kebal terhadap virus tertentu.

Pada kasus-kasus tertentu dan tergolong demam berdarah berat, penyakit ini bisa sampai menimbulkan kematian yang disebut dengan Dengue Shock Syndrome atau DSS. Ciri ciri demam berdarah anak yang mengalami DSS ini awalnya akan mengalami gejala-gejala sakit demam berdarah seperti yang sudah kita bahas di atas. Namun, setelah demam mereda akan mulai muncul gejala-gejala lain yang lebih parah seperti sulit bernapas atau sesak napas, perut sakit, dan terjadi masalah pada sistem pencernaan. Apabila terlambat untuk ditangani maka anak bisa mengalami syok seperti tekanan darah yang turun secara drastis dan cepat, dehidrasi, serta pendarahan hebat. Maka dari itu anda harus mengetahui gejala tersebut dari awal dan segera bawa ke dokter jika gejala semakin parah.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016 dokterharry.com