GEJALA DAN TANDA VIRUS ZIKA

Dengan maraknya penyebaran virus zika, maka banyak masyarakat yang mencari tahu tentang gejala dan tanda virus zika. Sebenarnya beberapa pakar kesehatan melihat adanya banyak kesamaan gejala antara demam berdarah dengan demam Zika.

Selain sama-sama disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti, kedua virus ini juga sama-sama diawali dengan demam yang naik turun serta rasa linu hebat pada persendian dan tulang. Kadang juga disertai mual, pusing, rasa tidak nyaman di perut dan disertai rasa lemah dan lesu yang hebat.

Jika dilihat dari beberapa kesamaan sebagai gejala dan tanda virus zika, membuat penyakit ini dapat diidentifikasi secara keliru dengan penyakit demam berdarah. Namun sebenarnya terdapat beberapa gejala khas yang bisa membedakan apakah terjangkit Virus Zika atau demam berdarah.

Beberapa tanda khusus sebagai gejala dan tanda virus zika tersebut adalah :

1. Demam yang ditimbulkan biasanya cenderung tidak terlalu tinggi, kadang maksimal hanya pada suhu 38 derajat celcius. Cenderung naik turun sebagaimana gejala demam berdarah, namun tidak terlalu tinggi.

Gejala dan tanda virus zika  (2)

2. Gejala dan tanda virus zika berikutnya adalah munculnya beberapa ruam pada kulit yang berbentuk makulapapular atau ruam melebar dengan benjolan tipis yang timbul. Kadang ruam meluas dan membentuk semacam ruam merah tua dan kecoklatan yang mendatar dan menonjol.

Gejala dan tanda virus zika  (4)

3. Muncul rasa nyeri pada sendi dan otot, dan terkadang disertai dengan lebam dan bengkak pada sendi dan otot seperti terbentur dan keseleo ringan.

Gejala dan tanda virus zika  (1)

4. Gejala dan tanda virus zika yang keempat adalah kerap muncul  keluhan infeksi mata dari penderita yang menyerupai konjungtivitas dengan mata kemerahan. Kadang warna merah sangat kuat pada bagian dalam kelopak sebagai tanda munculnya ruam pada bagian dalam kelopak mata.

Gejala dan tanda virus zika  (3)

Meskipun beberapa pakar kesehatan belum mengibarkan bendera putih yang menandakan penyakit ini tidak berbahaya. Namun sejauh ini tidak ada kasus kematian yang muncul karena infeksi Zika Virus.

Penyakit yang memang masih dalam riset sejauh ini tidak menandakan sebagai penyakit berbahaya kecuali adanya beberapa Gejala dan tanda virus zika seperti masalah gangguan sendi, sakit kepala hebat, dan ruam yang membuat kulit terasa kurang nyaman dan gatal.

Selain itu yang perlu diwaspadai adalah serangan terhadap ibu hamil yang berakibat pada janin yang dikandungnya. Karena bila sang ibu terserang virus ini, maka virus zika akan menyerang jaringan otot dan sistem saraf termasuk sistem saraf pusat di otak dari janin.

Penyakit yang memerlukan masa inkubasi 3 hari sebelum serangan ini juga kerap kali sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan medis yang serius. Penanganan paling efektif adalah dengan meningkatkan asupan vitamin C, E, B, dan A dalam tubuh untuk memicu sistem kekebalan tubuh membentuk perlawanan alami terhadap Zika Virus. Dalam kondisi tubuh yang baik, penyakit infeksi Zika Virus dapat pulih dalam tempo 7 sampai 12 hari. Dan jika sudah merasakan beberapa Gejala dan tanda virus zika, sebaiknya segera hubungi dokter.

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*