dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

LUKA WAJAH DIJAHIT ASAL-ASALAN, INIKAH SKILL DOKTER INDONESIA?

Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan sebuah foto dari sebuah grup facebook. Di dalam tulisannya tersebut, dikirimkan sebuah gambar yang membuat hati saya terkejut bukan main. Di dalam gambar tersebut ada anak kecil dengan jaringan parut bekas jahitan di sepanjang wajahnya. Jaringan parut ini melintang dari atas kepala sampai ke batang hidung, lanjut ke bibir.

Lebih menyedihkan lagi disebut di dalam tulisannya bahwa yang menjahit luka ini adalah seorang dokter!!

Begini curahan hati Enda Bae melihat keponakannya diperlakukan seperti ini yang ditulis diakunnya :

“inilah hasil kerja Dokter RSU SITI AISYAH lubuk linggau Cukup keponakan ku aja yg bgini, jngan sampai masyarakat lubuk linggau mengalaminya.
seumur hidup ku gk pernah lihat RSU (rmah sakit umum) mejahit luka kok begitu,dia pikir kponakanku apa sih kok jahit kepalanya kyak gitu,” tulisnya.

 

anak dijahit asal-asalan

Saya ingin mengomentari foto ini dalam sudut pandang saya sebagai seorang dokter yang hampir setiap hari bekerja di bagian gawat darurat rumah sakit.

Dari foto yang saya lihat ini, sebenarnya luka yang dialami oleh anak ini bukanlah luka yang sembarangan, terlihat dari bentuk dan lokasi luka. Belum lagi di daerah bibirnya. Melakukan penjahitan di daerah wajah dan bibir sama sekali berbeda penanganannya dengan penjahitan di daerah kaki atau daerah lain yang tertutup oleh pakaian.

Selama saya melakukan penjahitan di daerah khusus untuk luka di daerah terbuka, terutama di daerah wajah maupun bibir, saya tidak pernah menggunakan benang ukuran besar, harus menggunakan benang dengan ukuran kecil atau benang jahit luka yang menimbulkan bekas luka seminimal mungkin.

Selain itu, penjahitan luka tersebut harus tepat sekali menyatu antara kulit yang satu dengan kulit yang sebelahnya dan harus tepat (precise) posisinya sehingga tidak terjadi kerutan atau daerah yang tertarik di satu sisinya.

Namun, jika melihat dari besarnya luka dan letak luka yang tepat ditengah wajah, jujur saya tidak akan melakukan penjahitan luka jenis ini selama masih ada dokter spesialis bedah di tempat kerja saya, karena resiko pasca penjahitan ini menjadi tanggung jawab operator (dokter yang melakukan penjahitan) dan hasil jahitan akan melekat di kulit pasien seumur hidupnya, so…

Dibalik dokter atau bukan yang menjahit luka ini, sudah pasti yang menjahit ini tidak memiliki kompetensi dalam hal menjahit luka sama sekali dan apakah hal ini termasuk malpraktek? silahkan nilai sendiri.

Loading...

2 Comments

Add a Comment
  1. Dok, mau tanya… saya habis kecelakaan 2 bulan yg lalu dan dijahit dibagian punggung kaki. Bentuk lukanya seperti huruf v lebar. Tapi sampai sekarang bagian yang dijahit suka sakit meskipun sudah lama lepas jahitan. Lalu jari manis kaki saya mati rasa dari luka itu. Juga kulit daging bagian yg luka jadi bengkak sampai sekarang. Apa itu normal ya? Trims

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016