dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

HAMIL MINUM ES KELAPA MUDA PENYEBAB KEGUGURAN, MITOS ATAU FAKTA?

Di artikel kali ini saya ingin meluruskan mitos mengenai ibu hamil minum es kelapa muda yang tidak diperbolehkan di budaya sebagian orang. Informasi tentang gangguan yang disebabkan oleh air kelapa muda sendiri sebenarnya masih sangat simpang siur bahkan seringkali dijadikan wejangan oleh orangtua kepada anaknya yang sedang hamil. Tidak sedikit ibu hamil yang begitu saja percaya mengenai hal ini. Namun tahukah anda bahwa sebenarnya air kelapa itu tidak akan pernah sama sekali menyebabkan terjadinya keguguran?

FAKTA AIR KELAPA MUDA BAGI IBU HAMIL

Fakta yang sudah terbukti kebenarannya adalah air kelapa sudah terbukti bermanfaat bagi mereka yang mengalami dehidrasi dan gangguan elektrolit maupun ion di dalam tubuh.Di dalam air kelapa banyak terdapa kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh manusia mulai kalium, kalsium magnesium, klorida dan sebagainya. Di dalam air kelapa sama sekali tidak terdapat maupun ditemukan zat-zat berbahaya yang dapat meregangkan atau menyebabkan otot dinding rahim berkontraksi.

Selama saya membuka praktik dokter, saya beberapa kali mendapatkan pasien yang menanyakan hal yang serupa.
“DOkter apakah saya yang sedang hamil ini aman minum air kelapa muda? Soalnya saya ngidam banget, pengen minum air kelapa.”

Perlu diketahui bahawa sejauh ini belum ada satupun penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa minum air kelapa itu berbahaya. Meminum air kelapa sama dengan meminum air lain pada umumnya, bahkan banyaknya elektrolit yang terkandung di dalam air kelapa justru membantu menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh.

hamil minum air kelapa muda

MANFAAT AIR KELAPA MUDA

Air kelapa muda adalah minuman yang cocok untuk ini, karena kaya akan kandungan elektrolit, seperti klorida, magnesium, natrium, dan riboflavin. Selain itu, kalium berperan penting dalam menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung. Air kelapa muda juga mengandung protein, serat, mangan, dan vitamin C.

Ibu hamil yang mengalami mual muntah juga sangat baik meminum air kelapa muda, mengapa? karena pada saat muntah, banyak sekali ion tubuh yang hilang akibatnya kepala menjadi pusing, dengan meminum air kelapa maka ion yang hilang tadi akan kembali tercukupi lagi dan pusing kepala bisa hilang.

Bukti yang paling nyata adalah dengan adanya minuman isotonik yang muncul di pasaran. Tahukah anda bahwa sebenarnya minuman isotonik itu berbahan baku utama air kelapa? Mengapa? Karena air kelapa itu sendiri banyak mengandung mineral dan  vitamin yang dibutuhkan tubuh saat kehilangan cairan.

hamil minum air kelapa muda

HAL LAIN KELAPA MUDA PADA IBU HAMIL

Namun yang juga harus diketahui adalah air kelapa bukanlah minuman obat, dengan banyaknya manfaat dari air kelapa bukan berarti minum air kelapa itu baik, ada beberapa hal yang harus diketahui oleh ibu hamil, yaitu:

Air kelapa merupakan minuman yang rendah lemak. Namun jangan menjadikan air kelapa sebagai obat penurun berat badan atau obat diet alami. Karena konsumsi air kelapa yang berlebihan kemungkinan dapat menyebabkan diare. Bagi orang yang mengalami sembelit, air kelapa memiliki manfaat yang besar karena membantu melancarkan pencernaan yang terganggu.

Air kelapa memang memiliki kandungan sejumlah zat mineral yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun mengkonsumsi air kelapa tidak menjamin kuatnya sistem imun kita melawan serangan penyakit yang disebabkan bakteri dan virus. Padahal sistem kekebalan tubuh manusia sangat kompleks dan membutuhkan nutrisi yang cukup untuk membangun sistem imun yang kuat.

Dengan minum air kelapa, maka racun yang masih berada di dalam lambung akan dibasuh dengan cara dimuntahkan keluar. Apabila racun sudah masuk ke dalam darah, maka air kelapa hanya berfungsi untuk membantu untuk mengencerkannya saja dan racun akan dikeluarkan melalui ginjal. Namun bukan berarti air kelapa bisa digunakan sebagai alat detoksifikasi segala macam racun.

Bagikan pendapatmu tentang artikel HAMIL MINUM ES KELAPA MUDA PENYEBAB KEGUGURAN, MITOS ATAU FAKTA?

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016