dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

SAKIT KEPALA HARUSKAH DIRONTGEN?

Pagi ini saya bertemu dengan seorang pasien dengan keluhan nyeri kepala. Nyeri kepala muncul sejak 3 hari yang lalu, bersamaan dengan keluhan demam dan mual dan muntah.

Pasien datang ke rumah sakit untuk satu tujuan, minta dilakukan pemeriksaan radiologi alias dirontgen. Ada keyakinan pada masyarakat jika rontgen kepala bisa melihat segala macam penyebab penyakit, padahal kemampuan radiologi untuk melihat kelainan pada kepala sangat terbatas sekali.

Untuk diketahui bersama, nyeri kepala itu bukan penyakit, namun gejala penyakit, gejala penyakit ini banyak sebabnya, yang paling sering itu karena serangan infeksi kuman seperti infeksi saluran nafas, demam berdarah, dan banyak lagi. Bahkan jika nyeri kepala itu tidak disertai demam ataupun batuk pilek tidak serta merta meyakinkan bahwa pasien tersebut pasti terkena tumor otak.

Untunglah pasien tersebut mau mendengar penjelasan saya dan mau diperiksa darahnya, dan benar saja didapatkan kenaikan kadar leukosit yg lumayan tinggi , 15,700 (infeksi).

Setelah itu pasien saya beri antibiotik dan antinyeri dan diperbolehkan untuk pulang.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016