dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

TAKUT HAMIL KARENA TB

Dok saya mau tanya Saya umur 20 thn. 4 bulan yg lalu tepatnya tgl 25 mei saya melakukan petting setelah itu tgl 28 saya haid lalu tgl 10 juni saya melakukan petting lagi. Tepat tanggal 26 Juni saya haid. 3 hari sblm haid saya TP 2 kali hasilnya negatif. Lalu sebulan setelah itu ,3 hari sblm haid yg jatuh pada tgl 25 juli. Saya melakukan test oack kembali hasilnya negatif.Setelah itu karena ketakutan saya semakin besar ,2 minggu setelah haid tgl 10 juli. Saya cek ke spog memeriksa rahim saya apakah hamil atau tidak.

Dokter bilang bahwa rahim saya sehat dan rahim saya kosong juga kecil. Setelah itu saya menstruasi lagi pada tanggal 21 Agustus. Dua minggu sblm haid saya melakukan TP dua kali dan hasilnya tetap negatif. Setelah itu tgl 15 September saya haid lagi. Sblm tgl haid itu saya test pack lagi sebanyak 2 kali dan hasilmya negatif. Saya skrng test pack lagi saat masa subur. Hasilnya negatif. Setiap rentang waktunya 5 hari sampai 6 hari itu normal sblm petting.

Apakah saya masih ada kemungkinan hamil ? saya terakhir melakukan hubungan petting 4 bln yg lalu. Setelah itu saya tidak pernah melakukannya lagi dgn suami karena harus menjalani pengobatan. Saya dengar banyak kasus menstruasi tapi hamil. Oleh karena itu saya berniat untuk melakukan test pack kembali dan cek ke spog secara berkala. Karena saya sendiri sedang dalam pengobatan TB Kelenjar yang disebabkan flek paru paru.

Selain itu saya rutin meminum kunyit asam selama 4 bulan ini, obat stop cold,tolak angin dan obat pelancar rutin sblm mens.Saya takut terjadi apa apa thdp kandungan saya karena saya minum berbagai macam obat berbahaya 4 bulan ini. Sebaiknya bagaimana dok ? jujur saya takut sekali hamil karena kondisi kesehatan saya yang sangat drop karena aktivitas yg padat dan pengobatan yg saya jalani berpengaruh thdp janin saya.Terima kasih

Sblmnya saya petting 2 kali dan saat petting hanya mengeluarkan cairan bening saja keduanya. Dan itu di keluar setelah beberapa menit petting.Lama haid saya 5 hingga 6 hari dok. Apakah org dengan menstruasi rutin selama 4 bulan , test pack sebanyak 8 kali dalam 4 bulan hasil negatif, dan Usg kosong. Masih adakah kemungkinan hamil ? saya sering baca mengenai kasus menstruasi tapi hamil. Disana dikatakan bahwa dia mengalami menstruasi selama 3 hari saja.

Dan selama hamil dia tetap mens ketika tanya ke seorg terapis.Rahimnya sedang dibersihkan agar saat lahir tidak mengeluarkan darah banyak.Benarkah dok kasus itu ada ? Saya gelisah dok karena saya takut hamil karena sedang mencoba fokus terhadap pengobatan saya karena doktwr saya blm memberikan vonis oenyakit saya hanya TB Paru” kelenjar atau kanker. Karena dia menyarankan saya untuk biopsi.Saya takut kehamilan saya tidak sehat dan janin saya cacat setelah berjuang minum berbagai obat untuk menyembuhkan dan menguatkan tubuh saya agar tidak drop saat menjalani aktivitas yg padat.Terima kasih dok

Terima kasih banyak Ibu Candy.

Tulisan ibu panjang sekali, namun saya akan menjawab pertanyaan ibu.

  1. Pertama. Kehamilan bisa dicegah dengan cara pemakaian alat kontrasepsi, baik itu pil KB maupun spiral. Nah, apakah Ibu sudah memakainya?
  2. Kedua. Kehamilan bisa dihindari pada saat berhubungan dengan cara mencegah masuknya sperma ke dalam liang kewanitaan, misalnya dengan menggunakan kondom atau mengeluarkan sperma tidak didalam lubang kewanitaan saat terjadi ejakulasi.
  3. Ketiga. Kehamilan akan menjadi gagal jika sistem dalam tubuh ibu atau kondisi fisik ibunya lemah/ jelek atau kondisi rahim yang jelek.

Yang ibu alami saat ini hanyalah kecemasan berlebih saja, untuk mengurangi rasa cemas ibu tersebut, cobalah USG ulang dua minggu lagi, dan untuk ke depannya cobalah untuk melakukan poin pertama dan kedua dari penjelasan saya di atas.

 

Salam sehat

Loading...

4 Comments

Add a Comment
  1. Terima kasih dok, Saya tidak memakai kab dok. saya sudah pernah usg dok setelah2 bln berhubungan. Dan dokternya bilang rahim saya sehat. Setelah 2 bln lebih apakah hasil usg akan berubah dok ? saya tidak berhubungan dengan suami saya 4 bulan ini karena suami saya menahan untuk konsen dalam pengobatan saya dulu dok.

    1. dua minggu usg ulang, kalo memang ibu takut hamil, cobalah makan pil kb atau memasang spiral

  2. Sakam kenal dok,saya ibu mila,dulu saya perna hamil,terus anak saya meninggal umur dua minggu,setelah it saya tidak bisah mengandung lg,megapa ya dok,tapi saya haid nya teatur tiap bulan, tgl 5 bln juli 2017 tadi saya mulai telat hait smpai skrang TP uda dua kali tp – apaka saya bisa hami dok.terimakasi

  3. Assalammu’aalaikum dokter harry, saya betty usia saya 23 tahun, saya menikah genap 2 tahun di bulan ini, Saya mau konsultasi nih dok, saya memiliki siklus haid yg teratur 30 hari, dan beberapa bulan lalu saya haid setiap tanggal 4 slama 7 hari, tapi desember kemarin saya tidak haid melainkan hanya muncul flek coklat sekali pda taggal awal menstruasi, dan ada flek sekali lagi di tanggal 20 nya, setelah itu saya tidak haid sampai sekarang, dan sering mual-mual dan lemas, tp hasil testpack nya slalu negatif, apa mungkin saya tidak hamil ya dok, mohon penjelasannya ya dok, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016