dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

GENDANG TELINGA ROBEK APAKAH PERLU OPERASI?

Dok tgl 22-9-2015 kemaren sy mengalami percekcokan dgn tetangga sebelah rumah sy dan dia(laki2)menampar pipi sebelah kiri sy dan setelah ditampar itu telinga sy langsung gak bs dengar dan sy periksa kedokter tht dokternya menyatakan gendang telinga sy robek,yg mau sy tanyakan apakah gendang telinga sy bs normal lg seiringnya dgn waktu?mesti konsumsi obat apa ya dok biar sembuh,dan jika operasi apakah akan sembuh total ato ada efek samping dari operasi itu?dan berapa biaya operasi gendang telinga?terima kasih dok sebelumnya dan sy mohon dijwb pertanyan sy.

Terima kasih Ibu Susanti. Operasi gendang telinga itu adalah cara terakhir jika memang terapi menggunakan obat-obatan gagal atau tidak berhasil. Ibu sudah melakukan hal yang benar dengan datang ke dokter THT, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan, baik itu dari mulut dan bisa jadi tetes telinga. Efek samping operasi telinga tentu ada, dan bisa saja setelah operasi telinga gangguan pendengaran tetap tidak bisa pulih seperti semula. Biaya operasi sangat bervariasi tergantung dari berat ringannya trauma telinga yang dialami.

Salam sehat

Loading...

3 Comments

Add a Comment
  1. Dear pak Dokter

    anak saya mengalami infeksi yang diakibatkan oleh robeknya gendang telinga, menurut hasil CT Scan tanggal 5 april 2016 disebutkan infeksi sudah menjalar ke tulang pendengaran (kalau saya tidak salah menerjemahkan informasi dari dokter rumah sakit tempat anak saya berobat). Selanjutnya kami diarahkan untuk melakukan operasi yang sayangnya tidak bisa dilakukan oleh rumah sakit di Batam. Rujukan yang diwacanakan adalah rumah sakit proklamasi jakarta, sayangnya kami tidak mendapat informasi estimasi biaya totalnya.

    Mengingat usia anak kami 11 tahun dengan kondisi seperti itu apakah tindakan operasi nantinya bakal bisa menghentikan infeksi dan tidak menjalar ke organ lain? Jika berkenan mohon di jawab ke no WA saya 085276198424

    Terima kasih pak Dokter semoga bapak bisa terus memberi manfaat bagi sesama

  2. Dok saya mau tanya telinga sebelah kanan saya pendengarannya kurang. Ketika mengemgarkan musik melaliu headset telinga kanan volumenya kedengaran lebih kecil. Apakah itu karena gendang telinganya sudah robek? Tapi kalo misalkan waktu mandi telinga kanan kemasukan air malah telinga kanan saya serasa normal pendengarannya lebih miningkat hampir sama dengan telinga kiri tapi letika airnya di keluarkan lagi pendengannya turun lagi. Apakah harus operasi gendang teinga dok?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016 dokterharry.com