dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

TULI SEJAK KECIL, BISAKAH PENDENGARAN KEMBALI NORMAL?

Pak dokter, telinga kiri saya sejak umur 3 tahun tidak dapat berfungsi sama sekali, saya punya riwayat penyakit alergi debu, dingin dan sinusitis. Saat usia 8 tahun Saya Sempat berobat ke dokter tht rsu dr.sutomo surabaya, yg menurut hasil analisanya kemungkinan telinga saya terkena virus akibat infeksi karena saya sering pilek waktu balita. Kemudian saya tidak pernah berkonsultasi lagi hingga 11 tahun kemudian. Sekarang umur saya hampir 20 tahun. Apakah ada kemungkinan pendengaran saya masih bisa diobati dan kembali pulih normal tanpa harus memasang implant di dalam telinga saya?

Terima kasih untuk pertanyaannya Bapak Fajar. Saya akan langsung memberitahukan bahwa kecil kemungkinan jika pendengaran Bapak akan bisa pulih 100%. Hal ini dikarenakan rentang waktu yang terlalu lama, sekitar 17 tahun. Dalam rentang waktu selama ini, tulang-tulang pendengaran (maleus, inkus, stapes) mungkin sudah mengalami pengecilan (atropi) atau bahkan hilang karena tidak pernah digunakan, bahkan bisa jadi syaraf-syaraf pendengaran yang berfungsi untuk mengantarkan suara ke dalam otak sudah tidak berfungsi lagi karena mengalami proses atropi tersebut. Bahkan dengan memasang implant telinga pun tidak menjamin pendengaran bapak kembali seperti dulu lagi.

 

Salam sehat

Loading...

2 Comments

Add a Comment
  1. Dok,telinga sy yg sebelah kiri tiba2 tidak bs mendengar akibat ditampar sm tetangga sy dua hr yg lalu krn terjadi percekcokan.yg mau sy tanyakan kenapa bs tiba2 tidak mendengar telinga sy?mesti pake obat apa ya terhadap telinga sy?terimakasih sebelumnya

    1. periksakan dulu ke dokter karena bisa jadi gendang telinga robek karena trauma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016 dokterharry.com