dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

Telinga Berdengung (Berdenging)

Ada banyak penyebab telinga berdengung, bahkan dimasyarakat kita sering kali saya menemui mitos seputar telinga berdenging ini, yang memiliki arti atau makna yang berbeda tergantung pada telinga sebelah mana yang berdenging serta waktu munculnya. Stop, saya tidak akan membahas mitos mengenai telinga berdengung, tapi saya akan membahas dari sudut pandang ilmu kedokteran.Dalam istilah medis telinga berdenging disebut sebagai tinnitus yang berarti bahwa suara yang terdengar pada telinga tanpa adanya sumber suara dari luar (sumber eksternal). Suara tersebut dapat berupa suara dering, bersiul, berdengung, berdenging, berkicau, mendesis, menderu, atau bahkan menjerit-jerit.

Gelombang suara berjalanan melalui saluran telinga ke telinga tengah dan dalam, di mana sel-sel rambut di bagian koklea membantu mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik yang kemudian dihantarkan oleh saraf pendengaran ke korteks otak. Ketika sel-sel rambut yang rusak – misalnya oleh suara keras atau obat -obatan – sirkuit di otak tidak menerima sinyal yang mereka harapkan. Hal ini merangsang aktivitas abnormal di neuron, yang menghasilkan ilusi suara, atau tinnitus, termasuk telinga berdenging.

Ada dua jenis utama tinnitus, yaitu:

  1. Tinnitus Pulsatile. Yaitu suara berdenyut atau berdetak (seperti detak jantung) tinnitus jenis ini sering disebabkan oleh suara yang berasal dari gerakan otot di dekat telinga, perubahan dalam saluran telinga, atau aliran darah (vaskular) di wajah atau leher.
  2. Tinnitus Nonpulsatile. Penyebab tinnitus atau telinga berdenging ini adalah masalah pada saraf pendengaran. seseorang yang mengalaminya akan mendengar suara di salah satu atau kedua telinga. Terkadang seolah mendengar suara yang datang dari dalam kepala.

Penyebab Telinga Berdengung ( Tinnitus )
Penyebab tinnitus yang paling sering adalah gangguan pendengaran yang terjadi dengan penuaan (presbikusis) dan sering mendengar suara keras atau bising (trauma akustik).
Telinga berdenging juga dapat terjadi pada semua jenis gangguan pendengaran dan mungkin merupakan gejala dari hampir semua gangguan telinga. Secara lebih lengkap berikut penyebab telinga berdenging lainnya:
•    Kotoran telinga yang menumpuk.
•    Obat-obatan, terutama antibiotik atau yang mengandung aspirin.
•    Minuman beralkohol atau berkafein dalam jumlah berlebihan.
•    Infeksi telinga atau gendang telinga bocor.
•    Masalah pada mulut dan gigi, seperti masalah pada sendi rahang (temporomandibula joint)
•    Cedera, seperti pukulan atau benturan langsung ke telinga atau kepala.
•    Cedera pada telinga bagian dalam setelah menjalani operasi atau terapi radiasi di daerah kepala dan leher.
•    Perubahan tekanan pada lingkungan yang begitu cepat (barotrauma).
•    Penurunan berat badan drastis atau kekurangan gizi atau diet yang berlebihan.
•    Gangguan pada aliran darah (vaskular), seperti aterosklerosis karotid, arteri-vena (AV) malformasi, dan tekanan darah tinggi (hipertensi).
•    Gangguan saraf (neurologis), seperti multiple sclerosis atau migrain.
Penyakit lain yang dapat menyebabkan telinga berdenging antara lain:
•    Neuroma akustik (semacam tumor)
•    Anemia
•    Labyrinthitis
•    Penyakit Ménière
•    Otosklerosis
•    Penyakit tiroid

Loading...

11 Comments

Add a Comment
  1. Cocok bgt ini. Gini dok udah lama bgt thn 1999 (masih kelas 4SD), saya sering berdengung telinga yg sebelah kiri, nah lama2 kotoran telinga brubah jd keras dan hitam. Lama2 di dalam telinga saya seperti ada dinding pembatas, jd kalau ada suara rasanya kyk ga langsung masuk ke gendang telinga, tp ada pembatasnya. Jd misal telinga mampu mendengar 100%, setelah kejadian itu telinga kiri hanya bs mendengar 80%. Tp untuk saat ini kotoran telingannya normal ga ada masalah. Solusinya gmna ya dok? Apa mesti ke dokter THT? Sebenarnya apa yg terjadi dgn telinga saya?

  2. yup ada baiknya ke dokter THT untuk dilakukan pemeriksaan pada :
    -kondisi dan anatomi telinga dan liang telinga serta gendang telinga
    -fungsi-fungsi pendengaran
    -jika diperlukan mungkin akan dilakukan tes audiometri untuk menilai kemampuan dalam mendengar

    apa yang terjadi sangat tergantung dari hasil pemeriksaan tersebut

  3. Selamat siang dok,
    telinga kiri saya berdengung sejak jam 2 pagi sampai sekarang.saya tidak sedang batuk dan pilek.saya sudah mencoba menghirup dan mengeluarkannya dengan menutup mulut dan menjepit hidung namun tidak berhasil.
    apa yang harus saya lakukan dok?
    mohon sarannya. terima kasih

    1. selamat siang, penyebab yang paling umum adalah karena adanya penumpukn kotoran telinga pada liang telinga, kapan terakhir membersihkan liang telinganya?

  4. terima kasih atas balasannya.kalau telinga bagian luar saya seminggu 2 kali,tapi untuk bagian dalam telinga saya tidak berani membersihkannya.lalu apa yg harus saya lakukan?apakah saya harus minum obat dan obatnya apa?atau saya hrs ke dokter tht?mohon sarannya
    terima kasih.

    1. iya ada baiknya ke dokter , tidak perlu makan obat apapun sampai dipastikan apa penyebabnya

      1. terima kasih dok atas saran dan masukannya..

  5. Dok saya mau tanya.. udah satu bulan ini telinga sebelah kiri saya kok berdenging terus. Rasanya seperti ada yang mengganjal,, penyebabnya itu waktu naik spda motor tiba tiba waktu berhenti langsung berdenging sampai sekarang.. sudah saya bawa ke THT 2x, dokter pertama menganalisa ini disebabkan karena flu, terus dikasih obat flu tetapi gak ada reaksi.. dan dokter satunya ini disebabkan karena pada naik spda motor terjadi perbedaan tekanan katanya ini bisa permanent, pertanyaan saya apakah ini bisa permanent dok, terus apakah ada cara memastikan apa yang menuebabkan telinga saya ini tak kunjung sembuh?

  6. selamat malam dok.
    telinga saya yg sebelah kanan berdengung seperti habis kemasukan air padahal tidak pernah kemasukan air dan saya mengalami batuk dan pilek dok saya coba tanya ke bidan desa katanya tidak apa.apa bersih gendang telinganya bagus dan saya di sarankan agar ke dokter tht.. dan telinga saya sebelah kiri emang udah tidak terdengar dari kecil saya bingung dok harus gimana.. mohon solusinya dokter..

  7. dok ,telinga saya nyeri dan berasa kemasukan air hingga menyebabkan kurangnya pendengaran . dan ada sedikit cairan yg keluar dari telinga saya . mohon solusinya dok !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016 dokterharry.com