dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

BERSIN BERULANG SETIAP PAGI/ RHINITIS VASOMOTOR

Sering bersin-bersin tidak selama disebabkan karena alergi. Terkadang orang yang sering bersin-bersin itu langsung disebut terkena alergi padahal tidak selamanya selamanya orang yang bersin-bersin itu karena alergi. Orang yang sering bersin-bersin di pagi hari, sesudah hujan, cuaca dingin, musim hujan disebut sebagai penderita penyakit rhinitis vasomotor. Semua yang berkaitan dengan perubahan di udara; tekanan udara, suhu, cuaca, aroma, minyak wangi, aroma alkohol, aroma pedas masakan bisa menimbulkan gejala bersin-bersin.

rhinitis alergiBersin-bersin ini adalah tanda awal terganggunya mukosa hidung, selanjutnya pembuluh darah hidung akan mengalami pembesaran sehingga mukosa hidung akan membengkak dan membesar, akibatnya hidung akan terasa mampat dan cairan bening keluar dari lubang hidung. Terkadang, Rhinitis Vasomotor ini ada bersama-sama dengan rhinits alergi, dan jika kedua penyakit ini ada pada satu orang itu, maka penyakitnya akan sangat mengganggu sekali.

 -gejala rhinitis vasomotor sama dengan rhinitis lainnya:

  1. Bersin-bersin
  2. Hidung terasa gatal
  3. Sudut tengah mata gatal  berair
  4. Mata merah
  5. Hidung mampet
  6. Keluar ingus dari hidung
  7. Tenggorokan terasa  gatal

Lalu bagaimana mengobatinya?

Tidak ada pengobatan yang bisa benar-benar menyembuhkan penyakit ini, kebanyakan pengobatan yang diberikan hanya bersifat penanganan sementara dan bisa berulang jika bertemu dengan faktor pencetus yang sama. Biasanya dokter akan memberikan obat pereda proses rhinitis tersebut baik dari golongan anti histamine maupun steroid. Anti histamin misalnya obat CTM, obat Loratadine, atau Obat Cetirizine. Obat golongan steroid misalnya deksametason dan metil prednisolon. Untuk kontrol penyakitnya, biasanya dokter akan memberikan obat steroid yang disemprot ke hidung dari golongan budesonide atau fluticasone.

Kode ICD: J30.0 Vasomotor rhinitis

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016