dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

MATA JULING / STRABISMUS

Mata strabismus (juling) merupakan gangguan letak antara dua mata yang tidak simetris. Mata strabismus atau mata juling adalah keadaan kedudukan kedua bola mata dimana sumbu penglihatannya tidak sejajar. Bila satu mata melihat kearah benda yang menjadi pusat perhatiannya maka mata satunya menyimpang ke arah yang lain.

Arah penyimpangan tersebut ada yang kearah hidung, kearah pelipis, kearah atas atau kearah bawah bahkan ada yang berputar. Dalam kondisi ini, salah satu mata melihat lurus sedangkan mata yang lain melihat lebih ke arah luar, ke arah dalam, ke atas, atau ke bawah.

strabismus

MENGAPA BISA JULING?

Mata memiliki 6 otot yang melekat pada dinding luar bola mata. Untuk mengatur dan memfokuskan suatu objek, semua otot mata harus bekerja sama secara seimbang. Jadi, untuk menggerakan kedua mata, otot mata pada masing-masing mata harus terkoordinasi. Otak akan mengontrol kegiatan koordinasi ini. Ketika kedua mata memandang tidak searah, akan ada dua gambar yang dikirim ke otak. Pada orang dewasa, hal ini menyebabkan timbulnya penglihatan ganda. Pada anak kecil, otak mereka belajar untuk tidak menghiraukan gambaran dari mata yang tidak searah dan hanya melihat dengan menggunakan mata yang normal. Anak kemudian kehilangan persepsi jarak, ukuran, dan kedalaman.

PENYEBABNYA

Penyebab pastiknya tidak diketahui, namun penyebabnya bisa jadi:

  • Herediter ( Keturunan )
  • Kelainan refraksi/ kaca mata
  • Kelainan dalam otak
  • Lumpuh sebagian saraf yang mesarafi otot-otot luar bola mata
  • Penyakit sistemis
  • Kelainan otot-otot luar bola mata
  • Kelainan- kelainan didalam bola mata

PENGOBATAN

Prinsip pengobatan kemudian untuk:

  1. Mencoba untuk mengoptimalkan penglihatan kedua mata dan memberikan anak kacamata yang sesuai,
  2. Mengobati masalah ambliopia (mata malas) yang mendasarinya,
  3. Mengembalikan kesejajaran mata,

Penanganan mata strabismus dimaksudkan untuk melindungi fungsi penglihatan dan meluruskan mata. Semua penanganan ini dapat ditentukan oleh dokter spesialis mata sesudah memeriksa mata anak tersebut. Ada beberapa cara yang biasanya dilakukan:

  1. Dengan menggunakan kacamata. Jika mata strabismus disebabkan oleh kelainan refraksi, menggunakan kaca mata untuk menormalkan penglihatan dapat memperbaiki posisi mata.
  2. Dengan operasi untuk mengontrol pergerakan mata. Hal ini sering dilakukan agar mata kelihatan lurus. Kadang-kadang sebelum tindakan operasi, anak diberi kacamata atau penutup mata untuk mendapatkan penglihatan yang terbaik. Sesudah berusia 8 tahun biasanya dianggap terlambat karena penglihatan yang terbaik berkembang sebelum usia 8 tahun.

sebagian besar pasien mata strabismus dewasa bisa disembuhkan dengan sukses, dengan hampir 80% pasien mencapai kesegarisan mata (lurus) cukup dengan 1 kali operasi saja. Operasi mata strabismus dewasa hanya memiliki risiko yang relatif kecil, dengan komplikasi serius sangat jarang. Sebagian besar penderita dewasa dapat mengalami sejumlah perbaikan fungsi binokular meskipun telah lama menderita mata strabismus. Umumnya perbaikan ini adalah dalam bentuk meluasnya lapangan pandang binokular. Sebagian pasien dapat juga memperoleh stereopsis (penglihatan 3-dimensi). mata strabismus

Pengobatan mata strabismus ebih dari sekedar masalah estetika, ‘ mata juling’ dapat mempengaruhi perkembangan penglihatan anak – tetapi deteksi dini dan pengobatan dapat memperbaiki masalah ini.

Anak dengan mata juling

Mata strabismus dapat dideteksi saat anak menjalani pemeriksaan mata. Dianjurkan agar anak-anak berumur 3-3 ½ tahun diperiksa tajam penglihatannya, baik oleh dokter spesialis anak, dokter keluarga atau perawat yang terlatih dalam memeriksa mata anak-anak prasekolah. Anak yang mengalami kemunduran tajam penglihatan harus dirujuk ke dokter spesialis mata.

Kode ICD: H49-50. Strabismus

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016 dokterharry.com