dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

MATA RABUN JAUH/ MIOPI

Mata rabun Jauh (miopi), mata tidak bisa melihat jauh, gangguan mata rabun, miopi rabun pada mata, penyebab mata miopi rabun jauh.

Miopi sering disebut sebagai rabun jauh merupakan jenis kerusakan mata yang disebabkan pertumbuhan bola mata yang terlalu panjang atau kelengkungan kornea yang terlalu cekung (Sidarta, 2007).

Miopi disebut juga sebgai suatu kondisi di mana seseorang tidak mampu melihat benda jauh dengan jelas. Kondisi ini ditandai dengan keburaman saat melihat objek yang jauh. Miopia dapat menjadi masalah umum yang sering terjadi pada mata anak-anak dan anak muda.  Untuk dapat melihat dengan benar, sinar cahaya harus fokus sedemikian rupa sehingga gambar terbentuk tepat pada retina. Namun, pada miopi, sinar cahaya fokus pada titik tepat di depan retina, sehingga gambar terbentuk di depan retina. Hal ini sebagian besar disebabkan karena ukuran bola mata yang memanjang.

rabun jauh

 Penyebab Miopi Rabun Jauh
1. Genetika (Herediter)
Penelitian genetika menunjukkan bahwa miopi bersifat diturunkan

2. Nutrisi
Nutrisi diduga terlibat pada perkembangan kelainan-kelainan refraksi. Penelitian di Afrika menunjukkan bahwa pada anak-anak dengan malnutrisi yang berat terdapat prevalensi kelainan refraksi (ametropia, astigmatisma, anisometropia) yang tinggi.

3. Tekanan bola mata
Peningkatan tekanan intraokuler atau peningkatan tekanan vena diduga dapat menyebabkan jaringan sklera teregang.

4. Ketegangan pada otot mata. Hal Ini menjadi penyebab miopi paling umum pada anak-anak dan remaja. Ketika mata fokus pada sebuah objek yang dekat untuk waktu yang lama, otot mata menjadi tegang. Bila hal ini terus terjadi terus menerus dapat menyebabkan masalah dengan relaksasi mata. Akhirnya, bisa mengakibatkan rabun jauh karena regangan berlebihan pada mata. Beberapa kegiatan yang bisa membuat ketegangan pada mata adalah membaca pada ruangan yang kurang cahaya, menonton TV, bermain video game, dll.

Gejala Miopi Rabun Jauh
Apa saja yang gejala-gejala Miopia? Buram atau kabur saat melihat sebuah objek jauh merupakan gejala utama dari miopi. Apabila saat mata perlu disipitkan untuk dapat melihat dengan jelas, maka mungkin saja mata kita telah terkena miopi. Sakit kepala juga merupakan gejala umum, karena mata bekerja ekstra untuk fokus pada obyek yang jauh. Hal ini tentunya menambah beban pada mata, jika terus berlangsung dapat menyebabkan mata menjadi lelah dan berair.

Pengobatan Miopi Rabun Jauh

Kacamata dapat memperbaiki kesalahan bias, namun bila Anda tidak nyaman menggunakan kacamata, Anda bisa menggunakan lensa kontak. Operasi laser juga bisa menjadi pilihan. Selain itu, latihan mata tertentu untuk miopia juga dapat membantu untuk memperbaiki kondisi ini.

Pencegahan Miopi rabun Jauh

Kebiasaan perawatan mata yang baik

  • Jarak membaca materi 30 cm juhnya dari wajah/mata, dan coba untuk membaca sambil duduk tegak daripada berbaring.
  • Ketika menonton televisi, televisi harus kira-kira berjarak 2 meter jauhnya.
  • Layar computer harus kira-kira 50 cm jauhnya dari mata dan disesuaikan untuk pantulan minim.
  • Pencahayaan harus cukup untuk menerangi ruangan ketika membaca, menggunakan computer atau menonton televisi; tetapi tidak menyebabkan pantulan.
  • Mengistirahatkan mata setiap 30-40 menit membaca atau menonton televisi; melihat keluar jendela menatap benda jauh dan lakukan latihan mata untuk relaksasi mata.
  • Membacalah di ruangan yang cukup terang
  • Berolahragalah agar otot-otot anda termasuk mata jadi kuat
  • Makanlah makanan yang bermanfaat bagi mata anda seperti vitamin A, Beta Karotin, dan sebagainya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016 dokterharry.com