dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

MATA BINTITAN/ HORDEOLUM

Mata bintitan, Kelopak mata bengkak, benjolan pada kelopak mata, kelopak mata merah dan ada benjolan, benjolan kuning bernanah di mata.

Selamat siang dokter. Dokter, di kelopak mata kanan yang bagian bawahnya ini timbul benjolan berwarna kuning, namun awal-awal muncul nggak perih dokter. Setelah sudah agak gede, rasanya risih banget, aku malu sekali dokter sampai-sampai di kantor harus pake kacamata item. Kata temen sih aku kena sakit bintitan. Apakah mata bintitan dapat menular? Atas waktu dan perhatian dokter saya ucapkan terima kasih.

hordeolum

Mata bintitan atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai Hordeolum merupakan infeksi akut pada kelenjar minyak di dalam kelopak yang disebabkan oleh bakteri dari kulit (bakteri stafilokokkus). Berdasarkan tempat terjadinya infeksi maka Hordeolum dibagi atas dua jenis yaitu Hordeolum Internum dan Hordeolum Externum.

Gejala

  • Pembengkakan
  • Rasa nyeri pada kelopak mata
  • Perasaan tidak nyaman dan sensasi terbakar pada kelopak mata
  • Riwayat penyakit yang sama
  • Nyeri bila ditekan  di dekat pangkal bulu mata

Pengobatan

Biasanya hordeolum dapat sembuh dengan sendiri dalam waktu 5-7 hari. Pengobatan mata biasanya cukup dengan pemberian Antibiotik yang berupa salep mata jika benjolannya lebih terlihat dari luar atau cukup tetes mata dan jika diperlukan ditambah dengan tablet. Biarkan bintitan (Hordeolum) pecah sendiri, jangan mencoba untuk memecahkannya. Untuk bintitan yang tidak pecah sendiri, biasanya akan dilakukan penyayatan oleh dokter mata agar nanahnya dapat keluar.

Peringatan:

  • Jangan menekan atau menusuk hordeolum, hal ini dapat menimbulkan infeksi yang lebih serius.
  • Hindari pemakaian makeup pada mata, karena kemungkinan hal itu menjadi penyebab infeksi.
  • Jangan memakai lensa kontak karena dapat menyebarkan infeksi ke kornea.

Kode ICD: (H00.0) Hordeolum and other deep inflammation of eyelid

Loading...

2 Comments

Add a Comment
  1. Dok saya berumur 17 tahun. Di bagian bibir tempat pipis saya ada benjolan sudah 1 bulan lebih. Pertama benjolannya kecil waranya biasa saja sapi seiring berjalannya waktu benkaknya tambah membesar dan berwarna merah matang. Dan rasanya sangat perih bila terkena air. Beri solusi dok. Terima kasih atas waktunya dok.

  2. Dok saya berumur 17 tahun. Di bagian bibir tempat pipis saya ada benjolan sudah 1 bulan lebih. Pertama benjolannya kecil waranya biasa saja tapi seiring berjalannya waktu bengkaknya tambah membesar dan berwarna merah matang. Dan rasanya sangat perih bila terkena air. Beri solusi dok. Terima kasih atas waktunya dok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016