dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

MATA BINTIL/ KALAZION

Bengkak kelopak mata, bengkak merah kelopak mata, bintil pada kelopak mata, sakit mata bintitan, mata nyeri dan benjolan, benjolan pada kelopak mata

Kalazion adalah peradangan kelenjar minyak (kelenjar Meibom) yang tersumbat. Karena adanya penyumbatan, maka muncul benjolan kecil di kelopak mata yang disebabkan adanya penyumbatan kelenjar minyak dalam kelopak mata itu tadi.

Penyebab
Kelenjar Meibom merupakan kelenjar sebasea yang memproduksi minyak guna melumasi permukaan selaput air mata. Kalazion dapat muncul secara spontan akibat sumbatan pada orifisium kelenjar atau karena adanya hordeolum sebelumnya. Higiene yang buruk pada palpebra dan faktor stress juga sering dikaitkan dengan terjadinya kalazion.

kalazion bengkak bola mata

Gejala
Awalnya gejala kalazion hampir sama dengan hordeolum, yakni

  • Kelopak mata bengkak
  • Nyeri
  • Iritasi
  • Pada pemeriksaan fisik, dapat ditemukan benjolan tunggal yang tidak lunak yang terdapat di dalam palpebra, berbeda dari hordeolum yang terdapat lebih ada di bagian superfisial alias permukaan kulit. Pada saat kelopak mata dibalikkan maka dapat ditemukan pembesaran kelenjar Meibom tersebut.
  • Kalazion lebih sering timbul pada kelopak mata bagian atas superior, karena jumlah kelenjar Meibom jauh lebih banyak.

Pengobatan
Bila kalazion mulai menunjukkan gejala segeralah kompres kelopak mata dengan air hangat selama 10-15 menit, lakukan minimal 4 kali tiap hari. Kalazion juga bisa menghilang tanpa pengobatan dalam waktu 1 bulan, namun bila kalazion makin membesar mungkin diperlukan pembedahan. Biasanya pembedahan dilakukan di bawah kelopak mata agar tidak membentuk jaringan parut di kulit. Selain itu, obat tetes mata yang mengandung antibiotik biasanya digunakan beberapa hari sebelum dan sesudah pengangkatan kalazion.

Pada sebagian besar kasus, pembedahan hanya dilakukan bila pengobatan selama berminggu-minggu tidak membuahkan hasil. Jika isi kalazion tidak daapt dikeluarkan, lakukan insisi distal kalazion dan isinya dikerok.

Kode ICD: (H00.1) Kalazion

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016