dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

Jika Takut Hamil, maka jangan lakukan

Jika Takut Hamil, maka jangan lakukan. Kalimat tersebut saya pilih sebagai pembuka artikel saya kali ini. Mengapa saya memilih topik ini? Karena sebagian pengunjung website dokterharry.com bukan hanya pasangan yang ingin punya anak namun juga pasangan yang tidak mau punya anak.

 

Pasangan yang ingin punya anak itu biasanya yang baru beberapa bulan menikah namun belum berhasil hamil dan ingin cepat-cepat hamil. Pertanyaan mereka sebenarnya sangat mendasar sekali, “Apakah saya hamil dokter, jika belum bisakah saya hamil?”

takut hamil

Nah, pasangan yang kedua ini adalah yang sebaliknya, pertanyaan mereka sebenarnya seperti ini, “Apakah saya hamil dokter, jika ya bagaimana nasib saya?” Pasangan yang kedua ini biasanya terdiri dari pasangan yang belum menikah, baik itu yang baru menjadi pacar saja maupun yang sudah bertunangan. Apa saja rangkuman keluhan yang mereka sampaikan di website ini pasca melakukan hal tersebut?

  1. Tidak menstruasi atau terlambat menstruasi
  2. Menstruasi berwarna coklat
  3. Keluar bercak-bercak darah dari kemaluan tiap selang satu atau dua hari
  4. Mual-mual hingga terkadang muntah
  5. Badan lemas
  6. Tidak nafsu makan
  7. Nyeri perut dan terasa mules
  8. BAK terasa perih

Sebenarnya, tidak seluruh dari mereka itu lantas langsung hamil. Tapi karena was-was, biasanya mereka akan segera membeli tes pack begitu salah satu saja dari delapan gejala diatas timbul, namun tes pack tersebut tidak serta merta bisa dijadikan patokan, karena tes pack bisa jadi negatif dikarenakan banyak hal.

Menurut saya, walau tidak seluruh dari mereka ini hamil, gejala seperti diatas bisa timbul karena proses infeksi pasca melakukan hubungan atau karena faktor tekanan batin, stress psikologis karena telah melakukan sesuatu yang semestinya belum dilakukan ditambah lagi rasa was-was akan terjadinya kehamilan, dan tebak siapa yang jadi korbannya: wanita. Sebenarnya ada juga laki-laki yang ikut-ikutan galau melihat pacarnya tidak menstruasi, namun yang paling berat penderitaannya adalah kaum wanita.

Sebagai dokter yang peduli pada masalah ini, saya hanya bisa berkata:

Jika Takut Hamil, maka jangan lakukan

Loading...

1 Comment

Add a Comment
  1. Saya telat hlhampir 2 bulan.. sya sudh makan nanas.. minum jamu.. dan minum sprait tp gak juga keluar.. gmna ya ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016