dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

TIPS MEMILIH DOKTER YANG BAIK

Kali ini saya akan memberikan sedikit tips bagi anda yang sakit dan ingin berobat ke dokter. Sebelum kita pergi ke dokter biasanya kita akan bertanya-tanya terlebih dahulu, dokternya siapa, bagaimana orangnya, caranya bagus atau nggak. Untuk itu saya akan merangkum beberapa hal yang prinsip sebelum ibu atau bapak pergi ke dokter.

“Perbedaan antara dokter yang baik dan yang buruk makin samar dan sifatnya personal. Meski lebih sulit mengenalinya, tetap penting untuk mencari perbedaannya,” kata George LeMaitre, seorang dokter bedah dan penulis buku How to Choose a Good Doctor.
Dokter yang “buruk” tak selalu memiliki kepribadian yang buruk pula. “Biasanya mereka terlihat buruk karena jam kerja yang panjang, stres, atau bosan dengan pekerjaannya,” kata Laurel Schultz, seorang dokter anak.

memilih dokter keluarga

Tidak ada masalah jika anda kurang sreg setelah berkonsultasi dengan dokter. kita berhak untuk mencari second opinion jika ragu-ragu dengan keputusan dokter pertama tadi. Ingatlah bahwa dokter pilihan sahabat kita belum tentu cocok dengan kita atau anak kita.

  • Tempat Prakteknya mudah dijangkau. Tempat praktik dokter pilihan kita tidak terlalu jauh dari rumah sehingga kita tidak perlu waktu lama untuk kesana.
  • Biaya Konsultasi dan Obat-obatan terjangkau. Selain masalah lokasi, pilihlah juga dokter yang terjangkau dari segi biaya. Ingatlah bahwa selain biaya konsultasi, Anda masih harus mengeluarkan biaya untuk obat-obatan saat akan pulang.
  • Punya banyak waktu dan bisa buat janji konsultasi via telepon. Kebanyakan dokter memang sibuk. Namun, dokter yang baik akan selalu meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan pasiennya. Dokter yang baik sangat menghargai waktu pasien dan tidak membiarkan pasien terlalu lama menunggu, kecuali dalam kondisi darurat.
  • Tidak memaksa. Ada kalanya dokter menyarankan kita untuk melakukan rontgen dan cek darah untuk penegakan diagnosis. Namun jika setiap kali kita berobat dokternya memaksa untuk dilakukan pemeriksaan bisa menjadi tanda, mungkin saja si dokter tidak percaya pada diagnosisnya sendiri.
  • Menguasai Pengetahuan terkini. Dokter yang baik adalah dokter yang melek ilmu kedokteran. Ilmu kedokteran dan pengobatan terus berkembang setiap saat, dan dokter yang baik akan selalu membekali dirinya dengan informasi terkini mengenai penyakit, pengobatan, dan pencegahan. Mengedukasi pasien mengenai kesehatan adalah bagian dari tugas dokter.  Jika setiap kali kita datang berobat, dokter tersebut selalu mengulang-ngulang hal yang sama setiap konsultasi, kemudian ruang prakteknya berisi gambar-gambar dan diagram lama yang telah debuan, buku-buku di ruang prakteknya sedikit sekali, harus hati-hati, bisa jadi dokter itu tidak pernah update ilmu kedokteran lagi.
  • Kemampuan komunikasi. Ini yang paling utama. Jika kita mencari seorang dokter, carilah dokter yang bisa dan mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. dokter yang mengerti, mengenal, dan bisa berkomunikasi akan membuat kita merasa nyaman.
    Dokter yang ideal seharusnya juga selalu memberikan informasi secara jujur tentang kondisi kesehatan kita. Selain itu dia siap mendengarkan keluhan kita dan siap memberikan saran atau masukan kepada kita.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016