dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

CARA MENUNDA KEHAMILAN

Beberapa cara untuk menunda kehamilan. Ternyata semua wanita yang sudah menikah siap hamil. Beberapa pasangan bahkan menunda kehamilan mereka dengan banyak alasan. Alasan yang paling banyak adalah alasan karir dan program jangka panjang pernikahan. Menunda kehamilan menjadi keharusan terutam bagi pengantin wanitanya, mengapa? Karena mereka takut karir mereka akan terhambat karena kehamilan, atau bahkan mereka harus berhenti bekerja dikarenakan kehamilan mereka.

Harus kita ketahui bersama, menjalani hidup sehari-hari tidak mudah bagi wanita hamil. Sulit mengontrol emosi, sering mengalami mual-muntah terutama di pagi hari, nyeri kepala, pegal dan berat pada kaki, kram kaki dan lain sebagainya.

Faktor lainnya adalah faktor ekonomi keluarga yang masih belum jelas yang disebabkan pekerjaan suami yang belum mantap banyak menimbulkan ketakutan bahwa mereka nantinya tidak bisa menghidupi anak mereka.

Karena sebab itulah banyak pasangan yang menunda kehamilan. Ada beberapa cara yang dapat digunakan dalam menunda kehamilan dan caranya adalah dengan menggunakan alat kontrasepsi baik suntik maupun oral.

  1. Melakukan hubungan suami-istri berdasarkan jadwal/ kalender, sering disebut dengan KB kalender. Jadi pasangan baru boleh bercampur pada masa istri tidak subur saja.
  2. Melakukan suntik KB satu bulan/ tiga bulanan.
  3. Memasang spiral (Intrauterine Device)
  4. Memakai cairan yang disebut spermasida yang dimasukan ke dalam bagian intim wanita sebelum bercampur
  5. Memakai kondom
  6. Tidak mengeluarkan cairan laki-laki di dalam bagian intim wanita atau mengeluarkan cairan laki-laki di luar bagian intim wanita
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016